Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Membuat Tabungan Pelajar dan Manfaatnya

Menabung adalah hal baik yang harus diterapkan sejak dini kepada anak-anak supaya mereka terbiasa untuk melakukannya hingga dewasa. Bukan hanya menabung di rumah menggunakan celengan, anak-anak juga sudah bisa menabung di bank seperti halnya orang dewasa. Sudah banyak bank yang menyediakan tabungan untuk anak-anak, terutama pelajar. Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tabungan untuk pelajar dan apa saja yang perlu disiapkan untuk membuatnya.

Manfaat Menabung di Bank Untuk Pelajar

Selain agar membentuk kebiasaan baik, ada manfaat lain yang bisa didapat dari menabung di bank bagi para pelajar. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan pelajar dengan menabung di bank:

1. Lebih Aman

Menabung di bank tentu saja lebih aman dibandingkan menabung sendiri di rumah dengan menggunakan celengan. Sistem keamanan di bank lebih kuat dan bisa terhindar dari resiko pencurian atau perampokan. Selain itu, menabung di bank juga membuat pelajar tidak mudah tergoda untuk mengambil uang tabungan. Tak jarang celengan di rumah dibuka isinya ketika penabung tergoda membeli sesuatu, dan akhirnya sulit untuk menabung dalam jangka waktu yang lama.

2. Mengenalkan pada Bank dan Produknya

Menabung dan datang ke bank sejak kecil akan membuat para pelajar mengenal bagaimana cara kerja bank serta ada apa saja di dalamnya. Mereka akan mengenal bagaimana proses menyimpan dan mengambil uang, serta garis besar kegiatan yang dilakukan dalam bank. Hal ini baik sebagai sarana edukasi para pelajar agar mereka lebih memahami mengenai perbankan dan keuangan secara umum.

Selain itu, jika mereka sudah terbiasa menggunakan fasilitas bank maka akan memudahkan dalam menggunakannya ketika sudah besar. Seperti yang kita ketahui bersama, kini banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas perbankan bahkan mulai dari hal yang mendasar seperti berbelanja atau membayar tagihan rutin. Karena sudah mengenal dan terbiasa dengan bank, para pelajar nantinya ketika dewasa tidak akan kesulitan untuk mengakses fasilitas dari bank.

3. Melatih Mengelola Keuangan

Memiliki rekening tabungan sendiri memberikan pengaruh yang besar bagi para pelajar untuk berlatih dalam mengelola keuangan mereka. Dengan memiliki rekening tabungan sendiri, mereka mulai dikenalkan dengan tanggung jawab pengelolaannya. Mereka juga dapat berlatih untuk menggunakan uang dalam rekening dengan bijak, seperti penggunaan kartu ATM atau kartu debit.

Cara Membuat Tabungan Untuk Pelajar

Membuat tabungan untuk pelajar sebenarnya tidak rumit dan dapat dilakukan dengan cepat asalkan mengikuti prosedur yang berlaku. Namun seperti namanya, tabungan pelajar ini diperuntukkan bagi mereka yang masih dalam usia pelajar aktif. Sehingga perlu diingat bahwa peranan dan pendampingan orangtua atau wali dari pelajar yang bersangkutan, terutama bagi mereka yang berusia dibawah 15 tahun, sangatlah penting dalam membuka rekening tabungan.

Secara garis besar, berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membuat rekening tabungan bagi pelajar:

1. Cari Informasi Bank dan Tabungan

Kini sudah banyak bank yang menyediakan tabungan khusus anak dan pelajar, bahkan bisa dibilang hampir semua bank terkemuka memilikinya. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari informasi mengenai tabungan tersebut sebanyak-banyaknya agar tidak salah pilih nantinya. Beberapa jenis tabungan pelajar yang ada saat ini adalah BRI Junio, BNI Taplus Muda dan Anak, BII Superkidz iB, BTN Junior, Tabungan Junior Panin, dan lain sebagainya.

2. Pilih Tabungan yang Tepat

Masing-masing tabungan dan bank penyedia secara general pasti memiliki kelebihan serta kekurangan. Setelah mengumpulkan informasi lengkap mengenai tabungan-tabungan pelajar tersebut, Anda bisa mulai menyortir berdasarkan kebutuhan dan keadaan. Anda juga bisa memilih tabungan berdasarkan fasilitas yang diberikan atau biaya bulanan yang dikenakan. Pastikan tabungan yang dipilih memang tabungan yang tepat bagi anak Anda sebagai pemilik rekening nantinya.

3. Persiapkan Syarat yang Diminta

Setelah memilih tabungan yang dirasa tepat, selanjutnya Anda perlu menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan untuk membuat rekening tabungan. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah usia, apakah anak Anda telah memenuhi usia yang menjadi persyaratan rekening tabungan tersebut. Ada rekening tabungan yang diperuntukkan untuk anak mulai dari usia 0 tahun, ada yang baru bisa dibuka bagi pelajar usia 15 tahun.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan uang sebagai setoran awal yang disyaratkan oleh bank. Umumnya tabungan untuk pelajar dan anak memiliki jumlah setoran awal yang lebih sedikit dibanding tabungan bagi orang dewasa, namun Anda perlu memastikan lagi jumlahnya pada bank terkait.

Setelah itu, hal yang paling penting untuk disiapkan adalah dokumen-dokumen penting yang menjadi syarat utama dalam pembuatan rekening. Tiap bank bisa saja memberikan syarat yang berbeda mengenai dokumen ini tergantung kebijakan masing-masing. Namun pada dasarnya, berikut adalah beberapa dokumen yang biasa dijadikan syarat pembuatan rekening tabungan pelajar:

  • Kartu identitas pelajar, bisa berupa kartu pelajar, akte kelahiran, atau paspor.
  • Kartu identitas atau KTP orangtua
  • Kartu keluarga (KK)
  • Surat pernyataan pembuatan rekening yang ditandatangani oleh orangtua
  • Surat keterangan dari sekolah

4. Mendaftarkan ke Bank

Begitu persyaratan sudah lengkap, Anda bisa langsung mendatangi bank terkait untuk membuka rekening tabungan. Biasanya satpam akan mengarahkan Anda untuk mengantri di bagian customer service, lalu akan diminta untuk mengisi formulir pembuatan rekening. Proses pembuatan rekening tabungan bisa bervariasi tiap bank-nya, namun rata-rata prosesnya memakan waktu satu hingga tiga jam. Sebaiknya Anda mengajak serta anak Anda agar melihat langsung bagaimana proses pembuatan rekening tabungan miliknya tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai tabungan pelajar, mulai dari manfaat hingga cara membuatnya. Seperti yang telah diulas diatas, membuat tabungan pelajar cukup mudah dan memberikan banyak manfaat baik untuk masa sekarang maupun masa depan. Jadi jangan ragu untuk membuka rekening tabungan bagi anak Anda meskipun masih berstatus sebagai pelajar. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara membuat tabungan pelajar dan manfaatnya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Langkah-langkah Untuk Membuka Tabungan di Bank
10 Tips Keuangan bagi Pelajar yang Baru Lulus Sekolah
Inilah Cara Menutup Rekening Tabungan Orang yang Meninggal
Syarat Membuat ATM Bank BCA dan Jenis Tabungan di BCA
15 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Menyiapkan Tabungan Pensiun
Bisakah Membuka Tabungan tanpa NPWP?
Rahasia Memiliki Tabungan untuk Masa Depan
Mengapa Banyak Orang Tidak Punya Tabungan?
Mana Tabungan Pendidikan Terbaik? CIMB Niaga, Danamon, atau BNI?
Mengejutkan: Hanya 38% orang Amerika Punya Tabungan di atas $1,000


Bagikan Ke Teman Anda