Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Membuka Tabungan lewat BCA Mobile

Biasanya, saat ingin membuka rekening baru, Anda perlu mendatangi kantor bank untuk mengisi formulir pendaftaran pembukaan rekening baru. Dalam prosesnya, Anda perlu membawa berbagai dokumen dan mengantri menunggu giliran. Bagi yang sudah pernah, pasti merasa bahwa proses pembukaan rekening terkesan sangat ribet. Namun tenang saja, seiring dengan perkembangan jaman, dunia perbankan juga terus menggali inovasi memanfaatkan teknologi digital.

Nah, salah satunya adalah Bank Central Asia. Pembukaan buku tabungan secara manual bukan satu-satunya cara yang ditawarkan oleh bank BCA. Kini Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan alternatif lain yang lebih mudah dan cepat bagi Anda yang ingin membuka rekening baru, yaitu membuka buku tabungan via mobile.

Bulan April lalu, Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaadmadja, bersama Wakil Presiden Direktur BCA Armand W Hartono secara resmi meluncurkan fitur buka rekening via mobile. Untuk menggunakannya, Anda hanya membutuhkan smartphone dalam genggaman, kemudian ikuti prosedur yang akan dijelaskan di dalam artikel ini. Dengan fitur ini, diharapkan jumlah nasabah BCA naik dua kali lipat dari yang saat ini rata-rata nasabah baru 1 juta per tahun.

Peluncuran pembukaan rekening baru ini dilakukan supaya masyarakat yang tidak sempat berkunjung ke kantor bank bisa tetap membuka rekening baru. BCA memanfaatkan transformasi digital untuk memberikan efisiensi dan kenyamanan ini. Direktur BCA, Jahja, menganggap bahwa saat ini waktu semakin berharga dan sebaiknya perbankan dapat memaksimalkan kehadiran teknologi digital untuk membuat kegiatan perbankan semakin praktis dan efisien. Oleh karena itu, hadirlah inovasi pembukaan buku tabungan via mobile ini yang memungkinkan masyarakat membuka rekening dimana saja dan kapan saja. Asal ada smartphone dan internet, maka Anda langsung bisa membuka rekening BCA.

Cara Membuka Buku Tabungan BCA Via Mobile

Nah, berikut ini akan kami jelaskan tahapan-tahapan membuka buku tabungan baru BCA hanya menggunakan smartphone dan internet. Untuk Anda yang ingin membuka rekening BCA via mobile ini, ada beberapa tahapan yang perlu Anda ikuti. Silakan simak terus tahapan-tahapan berikut ini.

1. Membuat Akun di Aplikasi BCA Mobile

Langka pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi BCA Mobile yang bisa Anda dapatkan di Play Store. Sebelumnya, pastikan nomor telepon Anda belum pernah terdaftar di BCA mobile  karena nomor telepon yang akan digunakan adalah nomor telepon yang terpasang di ponsel Anda.

Setelah aplikasi terinstall, pilih fitur Buka Rekening Baru pada halaman utama aplikasi.  Di sini Anda akan diarahkan untuk memilih produk rekening yang ditawarkan BCA. BCA menawarkan tiga produk rekening, yaitu Tahapan, Tahapan Gold, dan Tahapan Xpresi. Setelah itu, kirim SMS untuk verifikasi nomor ponsel. Lalu buat kode akses atau PIN untuk membuat akun BCA mobile.

2. Unggah Dokumen dan Masukkan Data Diri Anda

Nah, sebelum masuk ke tahap selanjutnya, sebaiknya Anda siapkan dokumen dan data diri. Dalam proses pembuatan rekening baru via mobile, Anda tetap akan diminta menyerahkan beberapa dokumen dan memasukkan data diri, namun bedanya dengan manual, saat pembuatan rekening via mobile, Anda hanya akan diminta mengunggah dokumen dan identitas diri dalam bentuk soft file.

Dokumen yang perlu disiapkan diantaranya adalah fotokopi e-KTP, foto tanda tangan, dan foto pribadi. Sedangkan data diri diambil dari data yang terdapat di KTP elektronik. Setelah itu, lengkapi informasi pribadi seperti tujuan pembukaan rekening, nama ibu, status perkawinan, agama, pendidikan terakhir, pekerjaan, sumber penghasilan, pendapatan per tahun, dan lain sebagainya.

3. Pilih Jenis Kartu Paspor

Selesai mengisi informasi pribadi, Anda akan diminta memilih jenis kartu yang diinginkan. Anda tiga jenis kartu paspor, yaitu paspor platinum, paspor gold, dan paspor blue. Silakan pilih kartu paspor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini penjelasan ketiga kartu paspor BCA :

    • Paspor platinum memiliki limit tarik tunai sebesar 10 ribu, limit transfer antar BCA sebesar 100 ribu, dan biaya admin per bulan sebesar 19 ribu.
    • Paspor gold memiliki limit tarik tunai sebesar 10 ribu, limit transfer antar BCA sebesar 50 ribu, dan biaya admin per bulan sebesar 16 ribu.
    • Dan paspor blue memiliki limit tarik tunai sebesar 7 ribu, limit transfer antar BCA sebesar 25 ribu, dan biaya admin per bulan sebesar 14 ribu.

4. Mengambil Kartu Debit BCA di Cabang Terdekat

Kemudian masukkan alamat email untuk keperluan internet banking. Lalu Anda akan diminta untuk memilih cabang BCA terdekat untuk mengambil kartu debit. Saat pemilihan lokasi, peta google maps akan terbuka untuk membantu menentukan lokasi cabang terdekat.  Namun apabila suatu hari nanti Anda perlu bertransaksi dan belum memiliki kartu, Anda dapat menggunakan fitur yang ada di BCA mobile yaitu layanan tanpa kartu yang memungkinkan Anda bertransaksi tanpa menggunakan rekening di mesin ATM BCA yang memberikan layanan tanpa kartu.

5. Video Call ke Customer Service

Nah, untuk tahapan selanjutnya adalah melakukan video call untuk verifikasi data yang telah Anda masukkan.Apabila Anda sudah yakin dengan data yang Anda masukkan, Anda dapat langsung masuk ke tahapan selanjutnya yaitu melakukan video call untuk melakukan verifikasi data diri. Video call akan menghubungkan Anda ke CSO Halo BCA.

Video call dilakukan dengan customer service untuk memastikan kebenaran data calon nasabah. Saat melakukan video call, Anda akan membutuhkan kuota dan jaringan internet. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan dulu bahwa jaringan internet di tempat Anda sudah stabil. Dan pastikan Anda melakukan video call di jam kerja, pukul 06.00-20.00

6. Lakukan Setoran Awal

Kemudian aktifkan mobile dan internet banking BCA dengan cara membuat PIN. Agar rekening dapat digunakan untuk bertransaksi, Anda perlu melakukan setoran awal. Saldo minimal untuk setoran awal sebesar 50.000. Setoran dapat diserahkan langsung secara tunai di cabang BCA terdekat atau transfer ke rekening. Lakukan setoran awal sesegera mungkin. BCA memberikan batas waktu tiga bulan setelah aktivasi untuk melakukan setoran awal.

Mungkin sekian artikel kali ini. Semoga informasi di atas dapat membantu pembaca. Terima kasih.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara membuka tabungan lewat BCA Mobile, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Inilah Cara Menutup Rekening Tabungan Orang yang Meninggal
Apa Itu BCA QRKU?
Apa itu Rasio Kecukupan Modal – Capital Adequacy Ratio (CAR)?
13 Tip Meningkatkan Tabungan Pensiun
Apa itu Rush Money dan Mengapa Berbahaya bagi Dunia Perbankan?
Tempat untuk Topup BCA Flazz
Langkah-langkah Untuk Membuka Tabungan di Bank
Apa itu Visa payWave?
Analisis CAMEL untuk Kesehatan Perbankan
Mana Tabungan Pendidikan Terbaik? CIMB Niaga, Danamon, atau BNI?


Bagikan Ke Teman Anda