Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Meminta Orang Kaya Mendonasikan Uangnya

Orang-orang kaya di dunia tidak menghabiskan uang mereka semata-mata hanya untuk kemewahan saja. Bahkan ada banyak dari mereka yang beramai-ramai mendirikan sebuah lembaga amal. Donasi memang menjadi salah satu kegiatan wajib bagi orang-orang kaya. Jika mereka sangat kaya raya, mereka bisa mendirikan lembaga mereka sendiri. Namun bagaimana dengan mereka yang tidak? Tentu saja mereka masih beramal.

Orang-orang kaya tidak menyumbangkan atau mendonasikan uang mereka begitu saja. Mereka memiliki beberapa “syarat” khusus untuk mau mendonasikan sejumlah uang ke lembaga. Beberapa yang paling umum adalah:

  • Mereka akan menyumbangkan uang mereka pada sebuah lembaga amal atau acara penggalangan dana yang memiliki visi dan tujuan yang sama. Dengan kata lain, mereka memilih sesuatu yang dapat menunjukkan karakter aslinya pada dunia.
  • Orang kaya akan sangat tertarik dengan sebua upaya perubahan. Mereka tidak ragu untuk melakukan donasi pada lembaga yang ingin melakukan sebuah perubahan, membuat sesuatu yang berbeda dan belum pernah dilakukan siapapun sebelumnya.
  • Kedermawanan seorang yang kaya akan meningkat apabila mereka menemukan sebuah lembaga amal yang sesuai dengan konsep diri yang mereka ciptakan.

Donasi atau amal tidak selalu berbentuk uang. Secara umum, ada tiga bentuk donasi yang biasa dilakukan, baik itu oleh orang kaya atau oleh orang-orang yang berasal dari kelas di bawahnya.

  • Donasi Uang. Donasi dalam bentuk uang biasanya diberikan pada penggalangan dana, dukungan terhadap sesuatu, atau menolong orang-orang tercinta.
  • Donasi Kebaikan. Kebaikan yang dimaksud disini adalah berupa barang dan jasa. Seseorang bisa memberikan makanan untuk sebuah acara, atau barang-barang untuk proyek pembangunan gedung. Donasi seperti ini biasanya dilakukan oleh perusahaan.
  • Tidak harus barang atau uang, menjadi sukarelawan adalah bentuk donasi berupa tenaga. Orang-orang kaya bersedia untuk mengorbankan sebagian waktu mereka guna melakukan kebaikan dalam sebuah komunitas.

Sementara orang-orang kaya suka mendonasikan uang mereka, nyatanya tidak semudah itu untuk membuat mereka tertarik menyumbangkan dana. Jika Anda sedang terlibat dalam sebuah proyek penggalangan dana atau amal, orang kaya tentu menjadi target utama Anda untuk menyumbang. Inilah langkah-langkah yang bisa dilakukan sebelum Anda mengajukan permohonan donasi dari orang-orang tersebut.

1. Merencanakan Permohonan Dana

Sebelum mencari donatur, buatlah rencana penggalangan dana yang benar-benar matang. Susun proposal semenarik mungkin, buat tujuan dan visi-misi yang jelas tentang penggalangan dana atau acara yang akan digelar. Anda juga harus menguasai semuanya dengan baik karena para donatur pasti ingin tahu lebih dalam tentang acara Anda.

2. Membuat Daftar Donatur

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar calon donatur yang potensial. Apabila Anda berencana menggalang dana dari pintu ke pintu, maka tentukan dulu mulai dari wilayah mana Anda beraksi. Sementara jika Anda ingin mengajukan donasi pada perusahaan, buatlah daftar tentang perusahaan mana yang akan datangi.

Akan lebih baik lagi jika perusahaan tersebut memiliki program CSR yang sesuai dengan acara Anda. Jika donasi tersebut bisa memberikan timbal balik yang positif bagi perusahaan, dapat dipastikan mereka akan memberikan sumbangan dalam jumlah yang besar.

3. Mendekati Calon Donatur

Meminta orang untuk mendonasikan sejumlah uang tentu tidak bisa dilakukan dengan mudah begitu saja. Jika Anda tergabung dalam sebuah organisasi amal yang sudah berpengalaman dengan donatur, Anda bisa mengadopsi salah satu metode yang pernah dipakai di masa lalu untuk mengambil hati calon donatur.

Satu yang perlu Anda ketahui, para dermawan atau petinggi perusahaan biasanya memiliki staf mereka sendiri untuk mengatur sumbangan dan kontribusi pada masyarakat. Dalam kasus seperti ini, Anda kemungkinan besar tidak akan bertemu secara langsung dengan si dermawan. Namun Anda tetap harus berupaya mengambil hati staf mereka karena para staf tersebut ada untuk menyalurkan visi dan tujuan dari dermawan yang mereka wakili.

4. Temukan Cara Terbaik untuk Menampilkan Organisasi Anda

Seperti yang telah dijelaskan di atas, orang kaya dan para dermawan lebih tertarik untuk menyumbangkan uang mereka pada sebuah organisasi atau acara yang memiliki visi atau konsep diri yang sama dengan mereka. Oleh sebab itu, temukan cara terbaik untuk menampilkan organisasi Anda.

Isu-isu apa yang menjadi fokus utama bagi organisasi Anda, apa tujuan dari acara atau penggalangan dana tersebut, dan bagaimana organisasi Anda bisa membuat perubahan. Satu lagi hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan: keuntungan apa yang akan didapatkan oleh para dermawan jika mereka menyumbang pada organisasi Anda.

Jangan lupa untuk membawa salinan proposal yang menarik saat Anda melakukan presentasi. Pastikan Anda bisa menarik minat para dermawan melalui berbagai macam cara.

5. Berlatih Presentasi

Persiapan yang baik akan menambah kepercayaan diri Anda. sebelum benar-benar melakukan presentasi pada perusahaan atau perorangan yang menjadi sasaran donatur Anda, berlatihlah berulang lagi. Susun kata-kata yang baik dan menarik, pahami secara menyeluruh tentang visi-misi organisasi Anda, tujuan diadakannya acara amal, dan mengapa Anda memilih mereka sebagai calon donatur. Penampilan Anda saat presentasi memiliki pengaruh yang sangat besar, apakah orang atau perusahaan tersebut ingin menyumbang atau tidak.

Melakukan donasi, menyumbangkan sebagian besar uang, hingga mendirikan badan amal mereka sendiri adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh orang kaya untuk mendonasikan uang mereka. Itulah mengapa perusahaan besar dan orang-orang kaya menjadi target utama dalam setiap acara penggalangan dana. Namun mereka tidak sembarangan dan begitu saja memberikan sumbangan. Mereka cenderung memilih untuk menyumbang pada acara atau organisasi dengan visi dan konsep diri yang sama.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara meminta orang kaya mendonasikan uangnya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Orang Kaya Tetap Kaya
Apa yang Bisa Dipelajari dari Orang Kaya?
11 Kesalahan yang Dilakukan oleh Orang Kaya Baru (OKB)
Apa Kesamaan Orang-orang Kaya?
Mengapa Orang Kaya Lebih Memilih Mobil Bekas?
Mengapa Kesenjangan antara Kaya dengan Miskin Semakin Lebar?
Perbedaan Cara Berpikir Orang Kaya dan Orang Miskin
Mengapa Orang Miskin Benci Orang Kaya?
Orang Kaya Lebih Hemat Daripada Orang Miskin
Inilah Cara Orang Kaya Mendidik Anak Agar Tidak Manja


Bagikan Ke Teman Anda