Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mendapat Iuran Tahunan Gratis Kartu Kredit

#iuran tahunan gratis #tip kartu debit

Kartu kredit saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat perkotaan. Sayangnya, masih banyak dari para pemilik kartu kredit yang tidak menyadari banyaknya komponen biaya yang harus mereka bayarkan. Baik ketika memakai kartu maupun hanya disimpan di dalam dompet.

Besaran biaya yang diterapkan setiap Bank berbeda. Tapi poin-poinnya sama saja. Ada biaya materai, biaya overlimit, biaya denda keterlambatan pembayaran, biaya permintaan kenaikan limit, dan biaya iuran tahunan. Semuanya bisa Anda lihat di dalam billing yang dikirim Bank setiap bulan.

Biaya iuran tahunan akan berbeda dari setiap level kartu kredit. Berikut gambaran kasar biaya iuran tahunan yang ditagihkan bank kepada para pemilik kartu kredit:

  • Kartu Silver: Rp 75.000 – Rp 200.000
  • Kartu Gold: Rp 300.000 – Rp 400.000
  • Kartu Platinum: Rp 500.000 – Rp 1.000.000
  • Kartu Black: Rp 1.500.000 – Rp 3.500.000
  • Kartu Signature/Ultimate: Gratis, khusus nasabah priority.

Dari segi jumlah, mungkin angka 75.000 sampai 200.000 rupiah per tahun tidaklah besar. Tapi banyak juga pemilik kartu kredit yang mengeluhkan soal iuran tahunan. Bagi mereka, iuran tahunan tidak seharusnya menjadi beban nasabah.

Jika Anda termasuk yang kurang suka dengan adanya iuran tahunan ini, Anda sudah berada di tempat dan waktu yang tepat. Karena ternyata Anda bisa menggunakan kartu kredit tanpa dibebani lagi oleh iuran tahunan. Baik tahun kedua maupun tahun-tahun berikutnya. Ingin tahu caranya?

Pada dasarnya, seorang pemilik kartu kredit merupakan salah satu sumber pemasukan bagi Bank. Setiap kali nasabah menggunakan kartu kreditnya, maka ada persentase dari total pembelanjaan yang masuk ke pundi-pundi Bank. Semakin sering Anda menggunakan kartu kredit, senyum Bank akan semakin lebar.

Inilah yang akan menjadi cara agar iuran tahunan kartu kredit bisa gratis. Tahap awal dari proses untuk bisa mendapatkan gratis iuran tahunan adalah menggunakan kartu kredit secara rutin dengan minimal pemakaian 50 % dari total limit. Semakin rutin Anda berbelanja dengan menggunakan kartu kredit, semakin besar pula peluang mendapatkan gratis iuran tahunan.

Tentu saja tidak hanya sekadar menggunakan kartu kredit secara kontinyu. Tapi juga harus diikuti dengan pembayaran yang tepat waktu dan full payment. Dengan pembayaran yang selalu bagus otomatis rapor Anda di Bank pun bakal hijau. Ini cukup penting dalam usaha untuk bisa mendapatkan gratis iuran tahunan.

Sudah cukup dengan dua syarat di atas? Tentu saja tidak. Masih ada sejumlah syarat yang harus Anda miliki dan lakukan. Karena meski rapor Anda di Bank sangat bagus, tidak secara otomatis iuran tahunan akan dihilangkan. Anda harus melakukan negosiasi langsung dengan pihak Bank untuk bisa mendapatkan iuran tahunan secara gratis.

Hubungi Bank penerbit kartu kredit yang Anda gunakan. Ajukan keberatan Anda soal iuran tahunan ini. Jangan takut untuk menggertak pihak Bank bahwa Anda akan menutup kartu kredit jika harus membayar iuran tahunan. Tapi jangan melakukan gertak sambal. Buktikan gertakan Anda dengan pura-pura akan menutup kartu kredit tersebut di hadapan petugas Bank.

Karena itu Anda butuh modal tambahan untuk menggertak. Modal tambahan itu adalah memiliki kartu kredit yang lain. Setidaknya ada dua kartu kredit dari Bank yang berbeda yang Anda miliki selain kartu yang akan ditutup. Ini merupakan modal yang bisa Anda gunakan untuk menggertak Bank.

Pasalnya, saat Anda meminta penghapusan iuran tahunan pihak Bank pasti akan melakukan penyelidikan terhadap data diri Anda. Seperti berapa banyak Anda memiliki kartu kredit atau adakah kartu kredit dari Bank kompetitor. Termasuk melihat data penggunaan dan pembayaran tagihan yang Anda lakukan setahun terakhir.

Ketika Bank tahu bahwa Anda adalah nasabah penting yang memiliki rapor bagus dan sejumlah kartu kredit lain dari Bank kompetitor, permintaan Anda pasti akan segera dipenuhi. Karena pihak Bank tentu tidak ingin kehilangan nasabah penting yang selama ini menjadi sumber pemasukan mereka.

Akan tetapi jika Anda hanya memiliki satu kartu kredit, jangan pernah berharap bisa sukses dalam bernegosiasi. Permintaan Anda untuk mendapatkan gratis iuran tahunan hanya akan dianggap angin lalu. Karena mereka yakin Anda tidak akan berani menutup satu-satunya kartu kredit yang dimiliki.

Intinya, selama Anda menguntungkan pihak Bank, keinginan Anda cenderung akan dipenuhi. Tergantung seberapa besar keuntungan yang bisa didapatkan Bank dari aktivitas Anda menggunakan kartu kredit.

Selain dengan menggunakan trik-trik di atas, ada juga cara lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan gratis iuran tahunan. Yaitu dengan menukarkan point reward. Untuk mendapatkan point reward tentu saja Anda harus rajin menggunakan kartu kredit tersebut.

Seperti halnya kartu kredit yang diterbitkan oleh salah satu Bank swasta nasional. Untuk bisa mendapatkan gratis iuran tahunan Anda harus menukarkan 3.750 point reward untuk kartu Classic, 8.750 poin reward (Gold), dan 12.500 point reward (Platinum). Gagal mencapai point reward yang sudah ditentukan Anda tidak akan mendapatkan bebas iuran tahunan.

Pada prinsipnya, tidak ada yang gratis di dunia ini. Apalagi jika Anda berharap mendapatkan gratis iuran tahunan dari Bank yang sangat profit oriented. Namun, jika Anda mampu memenuhi semua “syarat & ketentuan berlaku” yang ditetapkan Bank, iuran tahunan rasanya tidak akan menjadi beban lagi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mendapatkan iuran tahunan gratis kartu kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.