Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mendapatkan Uang dengan Menjadi Influencer di Sosial Media

Media sosial merupakan salah satu platform yang saat ini banyak digunakan untuk beragam fungsi mulai dari bersosialisasi hingga berjualan produk/jasa. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan, jangan hanya bermain media sosial dan tidak menghasilkan apa-apa.

Banyak sekali influencer yang membangun media sosial mereka untuk tujuan promosi diri mereka sendiri. Hal ini akan menarik perhatian brand atau perusahaan dan membayar mereka untuk mempromosikan produk/jasa brand tersebut. Selain itu, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang melalui media sosial, seperti ulasan di bawah ini.

Prinsip Dasar Menghasilkan Uang di Media Sosial sebagai Influencer

Sebelum melakukan langkah-langkah promosi dan lain sebagainya untuk menghasilkan uang, lebih baik Anda membangun image diri terlebih dahulu. Sebagai influencer, Anda perlu memiliki image atau nilai agar nantinya bisa lebih mudah dalam membangun kerja sama dengan mitra potensial.

Dengan image yang baik, maka Anda akan lebih dikenal sebagai influencer yang berkualitas, memiliki kredibilitas tinggi dan dapat dipercaya. Dengan begitu, akan banyak mitra atau brand di luaran sana yang tertarik untuk bekerja sama dengan Anda.

  1. Membuat Konten yang Berkualitas

Untuk membangun image, Anda perlu membuat kesan pertama yang baik dengan membuat konten media sosial yang berkualitas. Hal ini karena mitra brand akan melihat referensi dari dunia maya dalam mencari influencer yang mereka butuhkan. Oleh sebab itu, Anda perlu membuat konten berkualitas dengan hasil foto dan caption yang bagus. Gunakan kamera yang bagus untuk menciptakan foto yang bagus pula.

  1. Melibatkan Audience atau Follower

Membuat dan memosting sebuah konten di media sosial normalnya memang berkaitan dengan diri Anda sendiri. Tetapi jika ingin menjadi influencer yang kredibel, harusnya Anda lebih agresif dan melibatkan follower. Hal ini karena brand akan lebih menyukai influencer yang bisa berinteraksi dengan masyarakat banyak untuk mempromosikan produk mereka secara tidak langsung.

  1. Bergabung dengan Jaringan Influencer

Bergabung dengan beberapa jaringan influencer akan membuat Anda berjalan lebih dekat pada tujuan untuk menjadi influencer berkualitas. Di beberapa jaringan tersebut Anda akan menemukan influencer lainnya yang sudah berpengalaman. Di sana juga akan ada beberapa calon brand yang dapat memberi sebuah project. Cobalah untuk aktif dengan beberapa influencer terkenal untuk mendapatkan lebih banyak relasi.

Cara Menghasilkan Uang di Media Sosial

Jika Anda sudah melakukan tiga prinsip dasar utama untuk menjadi influencer, barulah Anda bisa memikirkan sebuah strategi. Strategi ini bisa digunakan untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan dari menjadi seorang influencer media sosial. Berikut ini beberapa cara untuk menghasilkan uang di media sosial, antara lain:

  1. Posting Konten Media Sosial Milik Sponsor

Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan uang dari media sosial adalah dengan menjual postingan foto Anda di media sosial. Di Instagram, Anda akan disebut sebagai selebgram yang bisa diajak kerja sama untuk memosting foto produk hingga mencobanya dan memberi ulasan. Selain mendapatkan produk secara gratis, Anda akan mendapatkan uang jasa posting.

Hal ini tentu bisa dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki banyak follower, karena di situlah pasar yang diinginkan oleh sebuah brand. Semakin banyak follower Anda di media sosial, semakin banyak pula kemungkinan Anda diajak kerja sama oleh sebuah brand produk/jasa. Brand juga akan mendapat keuntungan berupa kepercayaan dari masyarakat karena produknya dipakai oleh selebgram atau influencer ternama.

  1. Posting Konten Blog Milik Sponsor

Selain posting konten di media sosial, Anda juga bisa memposting konten blog yang disponsori. Hal ini berlaku bagi influencer yang memiliki image dalam dunia blogging. Banyak brand yang bekerja sama dengan blogging untuk membuat konten yang menjelaskan produk mereka pada sebuah blog. Hal ini dilakukan untuk memperluas area bisnis dan meraup lebih banyak calon pembeli melalui dunia maya.

  1. Jadi Ambasador atau Duta dari Brand Tertentu

Selain menjual postingan, Anda juga bisa jadi ambasador atau duta dari sebuah brand. Menjadi ambasador sebuah brand biasanya memiliki kontrak setidaknya satu bulan hingga satu tahun dan seterusnya. Dalam waktu tersebut Anda akan mendapatkan produk gratis dan diminta untuk mempromosikan produk tersebut melalui media sosial milik Anda.

Selain itu, Anda juga bisa diajak ke event-event mereka atau membuat event tersendiri dengan Anda. Beberapa brand bahkan juga memberi uang tambahan untuk setiap konten yang Anda posting di media sosial. Daripada menunggu brand menghubungi dan mengajak kerja sama, Anda juga bisa menjemput bola dengan menghubungi mereka. Anda bisa menanyakan apakah ada program ambasador dari brand tersebut atau tidak.

  1. Jadi Marketing Afiliasi

Jika menjadi ambasador dirasa cukup sulit, terutama bagi influencer baru, Anda masih bisa melakukan hal lain yaitu dengan menjadi marketing afiliasi. Dengan mendaftar jadi afiliasi sebuah produk, Anda akan mendapatkan akses berupa kode afiliasi yang bisa digunakan untuk menarik perhatian calon pembeli.

Jika ada yang tertarik dan melakukan pembelian karena promosi yang Anda lakukan, Anda akan mendapat komisi sekian persen dari kode afiliasi tersebut. Jika Anda berhasil menarik perhatian dan menjual banyak produk, ada kemungkinan brand akan melirik Anda sebagai calon ambasador. Dengan begitu, peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak uang dari media sosial juga terbuka lebih lebar.

  1. Buat dan Bagikan Akun Patron Anda

Jika ingin menghasilkan lebih banyak uang melalui media sosial, Anda bisa membuat akun patron yang membagikannya kepada follower. Untuk mengunjungi akun ini follower harus berlanggan terlebih dahulu dan membayar sedikit uang, namun akan mendapatkan lebih banyak konten dari influencer.

Nah, Anda juga bisa memanfaatkan akun ini untuk menjadi influencer dan meraup banyak uang dari keanggotaan follower. Follower bahkan bisa request tentang video apa yang akan dibuat oleh influencer untuk memuaskan mereka yang sudah langganan berbayar.

  1. Ciptakan dan Promosikan Produk Anda Sendiri

Setelah Anda berhasil menjadi seorang influencer yang berpengaruh, saatnya buat produk Anda sendiri. Nama atau image yang telah Anda bangun akan membuat produk ciptaan Anda lebih mudah terjual karena banyak follower yang mengikuti Anda.

Di awal-awal, Anda bisa memulainya dengan bekerja sama dengan brand tertentu untuk menciptakan produk yang Anda inginkan. Setelah itu, Anda bisa memulai menciptakan bisnis dan produk Anda sendiri dan membayar karyawan untuk bekerja sama dengan Anda. Menciptakan, mempromosikan dan menjual produk Anda sendiri akan menjadi sebuah bisnis yang mengalirkan uang untuk masa tua Anda.

  1. Menjual Hasil Foto Anda Sendiri

Jika Anda cuku pandai dalam dunia fotografi, menjual hasil jepretan atau hasil foto akan menjadi sebuah peluang menjanjikan. Meski tidak terlalu populer di internet, menjual foto tetap efektif dan bisa menghasilkan banyak uang di media sosial. Anda bisa menggunakan banyak platform untuk melakukan hal ini. Beberapa di antaranya seperti Mobile Prints, Snapwire, Twenty20 dan lain sebagainya.

  1. Menjual Produk-produk Digital Lainnya

Menjual produk digital merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghasilkan uang secara cepat dan melimpah. Hal ini karena dunia digital merupakan dunia tanpa batas dimana setiap konten yang Anda buat akan terdistribusi secara luas dengan cepat tanpa batas. Dengan begitu, produk akan lebih mudah dikenal masyarakat dan lebih mudah mendapatkan calon pembeli.

Produk digital yang bisa dibuat bisa berupa e-book, template, panduan berupa gambar atau video, aplikasi, copywriting, pembuatan/konsultasi website dan lain sebagainya. Produk digital yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh influencer adalah konten video di YouTube. Dengan membuat konten video yang dibutuhkan masyarakat Anda bisa mendapatkan uang dari seberapa banyak dan seringnya orang menonton video Anda.

  1. Membuat Podcasting

Selain konten video di YouTube, podcasting juga menjadi salah satu cara atau alat yang bisa menghasilkan uang. Podcasting terbilang cukup mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak alat seperti membuat konten video di YouTube. Anda bisa membuat sebuah podcasting dengan beberapa ilmu atau wawasan yang Anda miliki dan membagikannya kepada pendengar.

  1. Membuat Webinar

Selanjutnya, Anda juga bisa membuka sebuah webinar atau sejenis seminar yang berlangsung online di internet. Webinar juga merupakan salah satu cara untuk menghasilkan uang melalui dunia maya. Anda bisa membuat webinar secara langsung dengan audience atau bisa direkam sebelumnya lalu dibagikan.

Media atau Platform untuk Influencer

Dalam menghasilkan uang dengan sebuah konten, Influencer memerlukan beberapa media sosial berpengaruh seperti di bawah ini, antara lain:

  1. Instagram

Instagram banyak disukai oleh masyarakat karena platform ini lebih banyak menyediakan visual daripada hanya teks yang membosankan. Namun, Anda tetap dapat menambahkan teks kreatif pada caption di bawah postingan foto Anda. Media sosial yang satu ini memang banyak mengalami perkembangan dan banyak digunakan sebagai media promosi hingga penjualan produk/jasa.

  1. Facebook

Selain Instagram, Facebook sudah sejak lama merajai dunia maya dan dijadikan sebagai media untuk bersosialisasi. Facebook merupakan media sosial dengan pengguna paling banyak di dunia dengan beragam konten yang bisa di unggah. Facebook juga telah mendominasi Instagram dan Anda bisa membuat konten bersponsor melalui platform Facebook sekaligus dihubungkan dengan Instagram.

  1. YouTube

Nah, saat ini juga sudah banyak bermunculan influencer di media sosial YouTube dan berlomba-lomba membuat konten menarik untuk penggemarnya. YouTube memang sudah menjadi satu-satunya media yang bisa menghasilkan uang lebih dengan hanya memposting video buatan Anda sendiri.

  1. Blog

Blog atau website sebenarnya sudah sejak lama digunakan sebagai media yang dapat menghasilkan uang. Dan hingga sekarang pun masih banyak yang memanfaatkannya sebagai media berbagi konten.

Hal ini karena blog/website dirasa sangat efektif untuk membantu perkembangan sebuah bisnis produk/jasa. Banyak brand yang membayar blog untuk memposting konten tentang produk mereka untuk mendapatkan lebih banyak calon pembeli dari dunia maya.

Cara Menghasilkan Uang sebagai Influencer Mikro

Menjadi influencer tidak perlu terkenal dulu baru bisa mendapatkan sponsor dan penghasilan yang melimpah. Influencer mikro yang memiliki sedikit pengikut pun masih bisa berkarya dan menghasilkan uang. Brand atau merek tertentu juga banyak yang tertarik dengan influencer mikro karena lebih mudah diajak kerja sama dan harga jasanya juga lebih murah.

Jika Anda termasuk salah satu dari influencer mikro atau baru memulai karir sebagai influencer, inilah beberapa cara untuk menghasilkan uang, antara lain:

  1. Buat Halaman Anda Lebih Baik dari yang Lain

Seorang influencer harus mampu membuat konten yang menarik perhatian masyarakat sehingga bisa memberi pengaruh pada sebuah produk/jasa. Oleh sebab itu, buatlah konten yang menarik pada platform media sosial Anda agar lebih banyak brand yang tertarik memakai jasa Anda sebagai influencer.

  1. Lebih Berorientasi pada Kualitas daripada Kualitas

Daripada membuat konten yang banyak namun tidak berkualitas, lebih baik mulai memilah konten berkualitas saja meski hanya sedikit. Meski hal ini bisa membuat pengikut Anda berkurang karena jarang posting, Anda tetap akan disukai karena konten yang Anda posting berkualitas bagus.

  1. Jangan Menunggu, Jemput Bola dengan Agresif

Menjadi influencer tidak akan bisa dicapai tanpa melakukan jemput bola atau hanya menunggu project datang kepada Anda. Anda harus aktif dan agresif untuk mencari tahu mana perusahaan atau brand yang sedang membutuhkan media promosi, di situlah Anda perlu mendekatkan diri bahkan menawarkan jasa influence Anda.

Anda juga bisa mendaftar menjadi ambasador atau duta sebuah produk/jasa. Anda bisa melakukannya dengan mengirim email atau bertemu secara langsung.

  1. Pasarkan Produk Anda Sendiri

Cara terbaik untuk membangun pengikut adalah dengan berbagi konten bermanfaat untuk mereka. Gunakan kemampuan atau wawasan Anda tentang sesuatu untuk berbagi tips dan trik tentang sesuatu yang bermanfaat. Dari konten bermanfaat tersebut Anda akan lebih banyak mendapatkan feedback dari pengikut dan hal ini sangat disukai oleh brand.

  1. Jadilah Diri Sendiri

Saat mempromosikan sebuah produk/jasa dari brand tertentu pasti ada permintaan tertentu dari pihak brand. Namun, jangan sepenuhnya melakukan apa yang mereka mau secara persis. Lakukanlah dengan cara Anda sendiri sehingga lebih terlihat natural dan tidak terlalu terkesan promosi atau memaksa pengikut Anda untuk membeli suatu produk/jasa yang Anda tawarkan.

Sekian penjelasan tentang prinsip dan cara mendapatkan uang melalui media sosial dengan menjadi influencer. Semoga informasinya bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mendapatkan uang dengan menjadi influencer di sosial media, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal ke OJK
Cara Investasi Emas
Masih Mau Cara-cara Membuang Uang Seperti Ini?
Tip Mengelola Uang Agar Cepat Kaya
Modus Karyawan untuk Mencuri Uang Perusahaan
Mencari Uang Tambahan bagi Penulis Freelance
10 Tips Mengatur Uang Ala Orang Tiongha
13 Cara Membuang-membuang Uang
Apakah Memiliki Banyak Uang Akan Membuat Kita Bahagia?
Apa Itu Kakeibo, Seni Menyimpan Uang Ala Jepang?


Bagikan Ke Teman Anda