Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

#cara mengajukan KTA #kredit tanpa agunan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) saat ini menjadi salah satu transaksi yang sangat menarik, karena dengan mudah, Anda dapat mengajukan pinjaman tanpa perlu ada jaminan. Selama Anda memenuhi persyaratan sebagai calon nasabah Kredit Tanpa Agunan, dana pinjaman akan mudah cair.

Berbagai bank menawarkan Kredit Tanpa Agunan dengan bermacam-macam keuntungan tersendiri. Beberapa contoh KTA yang bisa menjadi alternatif pilihan Anda antara lain ANZ MoneyLine, Kredit Serba Guna Bank Bukopin, KTA Mitrakarya Bank Mandiri, dan juga Flexi BNI. Masih banyak berbagai bank lainnya yang menawarkan KTA, Anda hanya tinggal mencermatinya.

Setiap bank tentunya memiliki prosedur masing-masing bagi nasabahnya agar dapat mengajukan Kredit Tanpa Agunan. Walau begitu, persayaratannya secara umum cukup sama. Tahapan untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan dapat dilaksanakan dengan beberapa langkah berikut.

  • Mempersiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Tahapan yang paling utama tentunya adalah menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit. Dokumen yang Anda persiapkan haruslah asli dan otentik, untuk keperluan bank agar lebih mudah menjadikan Anda nasabah KTA. Secara umum, setiap bank biasanya akan mensyaratkan dokumen pribadi dan dokumen yang menyangkut data keuangan Anda.

Secara umum, dokumen yang diperlukan antara lain fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi NPWP/SPT, fotokopi slip gaji dan SIUP, fotokopi cover buku tabungan, dan kartu kredit yang telah dimiliki selanjutnya. Tiap bank akan berbeda persyaratannya, pastikan gaji yang tertera dalam slip gaji Anda memenuhi kebutuhan persyaratan tersebut.

  • Mempersiapkan Kartu Kredit: Poin yang Cukup Penting

Bank akan lebih mudah menyetujui nasabah yang sebelumnya telah berpengalaman dalam menggunakan kartu kredit. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kartu kredit dengan catatan yang baik, sertakan pula dalam pengajuan KTA.

Dengan kartu kredit yang telah Anda miliki sebelumnya, bank dapat memantau terlebih dahulu bagaimana Anda mengatur finansial Anda dan bagaimana pola pembayaran kredit sebelumnya.

Bank akan mempertimbangkan apakah Anda termasuk orang yang sering terlambat membayarkan tagihan, apakah ada over limit pada pemakaian kartu kredit, atau sebaliknya, Anda adalah orang yang sangat baik mengatur keuangan sehingga tidak pernah terlambat membayar tagihan dan limit selalu terkontrol.

Tentunya jika Anda termasuk bijak menggunakan kartu kredit, dana KTA akan cair lebih mudah. Jika Anda memiliki kartu kredit yang sudah digunakan lebih dari setahun, sertakan pula dalam pengajuan KTA. Namun jika kartu kredit yang Anda gunakan sebelumnya sudah melebihi 80% limit, maka sebaiknya Anda pertimbangkan lagi untuk mengambil KTA, karena bisa-bisa Anda kewalahan membayar tagihan kedepannya. Bank pun akan ragu meminjamkan KTA pada Anda.

  • Melakukan Proses Pendaftaran Melalui Bank Atau Online

Di zaman yang serba canggih ini, Anda bisa saja langsung mengajukan KTA ke Bank dengan membawa berbagai persyaratan yang dibuat oleh bank. Namun jika Anda termasuk orang yang sibuk dengan mobilitas tinggi, tentunya ada cara lain untuk mengajukan KTA, yaitu secara online. Anda hanya tinggal mengunggah berbagai dokumen yang diperlukan untuk pengajuan KTA, dan tinggal menunggu verifikasi dari bank untuk mencairkan dana.

Situs yang dapat Anda buka untuk mengajukan KTA secara online bermacam-macam tergantung bank pilihan Anda. Beberapa contohnya antara lain:

  1. http://id.anz.com/apply_online/ (untuk KTA ANZ)
  2. http://consumerloan.bankmandiri.co.id/ (untuk KTA Mitra Mandiri)
  • Pengisian Formulir

Sebagai calon nasabah, kemudian Anda tentuya akan diminta untuk mengisi formulir, baik oleh teller bank maupun pengisian secara online. Formulir pengajuan KTA harus diisi dengan data pribadi yang benar dan sesuai fakta yang ada. Jika bank menemukan ada ketidaksesuaian hasil pengisian formulir Anda dengan kenyataan sebenarnya, kemungkinan terburuknya adalah pengajuan KTA Anda akan ditolak oleh bank yang bersangkutan.

  • Proses Verifikasi dan Survei

Setelah mengisi formulir dan menyerahkan berbagai dokumen yang dibutuhkan bank, Anda hanya tinggal menunggu persetujuan pihak bank. Selama proses menunggu persetujuan, bank akan melakukan verifikasi terhadap data-data yang Anda berikan, seperti misalnya dengan mendatangi alamat rumah yang Anda berikan dan menelepon nomor telepon yang Anda beritahu pada pihak bank. Tentunya bank juga ingin memverifikasi bahwa calon nasabah mereka tidak akan melarikan uang yang dipinjam, sehingga proses verifikasi dan survei langsung ke lapangan ini sangat penting bagi bank. Jika data yang Anda tulis adalah data yang benar, maka seharusnya tidak ada masalah pada proses ini.

  • Persetujuan Pihak Bank

Proses verifikasi dan survey yang berjalan dengan lancar akan memperlancar pula persetujuan dari pihak bank. Persetujuan dari bank dapat bervariasi tempo waktunya. Beberapa jenis KTA seperti KTA ANZ Express dapat menyetujui suatu permohonan dalam waktu satu hari saja, sementara KTA lain ada juga yang membutuhkan proses 3-10 hari hingga akhirnya bank memberikan persetujuan.

Jika telah disetujui, kemudian Anda akan dikabarkan oleh pihak bank, dan selanjutnya Anda akan dapat melakukan pencairan dana dengan prosedur yang disediakan bank. Akhirnya, dana KTA dapat Anda gunakan untuk keperluan pribadi Anda.

Demikianlah 6 tahapan cara mengajukan kredit tanpa agunan yang cukup sederhana dan bisa dilakukan siapa saja asalkan teliti dalam memenuhi persyaratan dari bank. Selamat mencoba dan semoga Anda berhasil mendapatkan persetujuan bank untuk Kredit Tanpa Agunan.

Artikel Terkait

Demikianlah Tahapan-tahapan untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.