Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mengelola Keuangan Keluarga

Membuat Anggaran

Salah satu unsur terpenting dalam mengelola keuangan adalah membuat anggaran. Bila tidak dibuat anggaran bisa saja kita boros dalam membelanjakan uang kita. Diakui atau tidak, banyak orang terjebak dengan gaya hidup boros sehingga berapa pun pendapatan yang diperoleh dan dimiliki selalu saja dirasa kurang.

Akibatnya, mereka harus berutang untuk memenuhi kebutuhan dan membiayai gaya hidup tersebut. Pemborosan dalam mengatur dan mengelola keuangan sebenarnya bisa dihindari asal masing-masing orang mampu membuat anggaran meski sederhana dan yang tak kalah penting memiliki disiplin diri dalam merealisasikan anggaran tersebut.

Nah silakan baca artikel di bawah untuk membuat anggaran:

Membayar Utang

Agar keuangan keluarga tidak jebol, maka manajemen utang harus diterapkan. Kita harus bisa menjaga agar utang tidak lebih besar daripada pendapatan, jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Nah artikel berikut membahas cara mengelola utang keluarga:

Dana Darurat

Salah satu uang yang harus disiapkan agar keuangan keluarga kita aman, adalah emergency fund atau dana darurat. Dana darurat ini harus ada ketika kita tidak punya uang dan perlu uang yang lebih.

Dunia penuh dengan ketidakpastian, termasuk dalam hal keuangan. Banyak kejadian-kejadian yang tidak terduga yang bisa menimpa seseorang dan dengan ganas menyedot keuangan.

Nah berikut adalah tip-tip dalam menyiapkan dana darurat:

Memangkas Pengeluaran

Mengelola keuangan memang menjadi persoalan bagi sebagian besar orang. Terutama mereka yang uangnya habis untuk membayar tagihan dan hutang-hutang berbungan tinggi. Jika sudah demikian, maka cara untuk membuat kondisi keuangan sehat kembali adalah dengan memangkas pengeluaran. Bila perlu, pengeluaran memang harus dipangkas secara drastis.

Nah berikut beberapa tip dalam memangkas pengeluaran:

Menghemat Uang

Mungkin ada juga yang bilang pengeluaran banyak tidak masalah asalkan tidak melebihi jumlah pendapatan. Semakin banyak pengeluaran, maka semakin banyak pula uang yang harus didapatkan. Pola pikir seperti ini sulit merubah hidup Anda.

Sekarang coba bayangkan bagaimana jika Anda bisa hidup hemat dan bekerja lebih keras untuk meningkatkan pendapatan? Akan ada banyak hal-hal yang mengejutkan terjadi pada Anda. Ada banyak alasan mengapa Anda harus berhemat dalam hidup, tanpa menjadi pelit.

Nah berikut adalah tip-tip dalam berhemat yang bisa kita praktekkan:

Liburan Keluarga

Meski liburan adalah kegiatan yang ditujukan untuk bersenang-senang, Anda tidak boleh lupa menjaga kesehatan dompet. Ya, banyak orang yang justru lebih stress setelah pulang dari liburan karena pengeluaran yang tidak terkontrol.

Sebenarnya, tidak perlu pergi jauh untuk menghabiskan uang saat liburan lho. Jika Anda tidak kemana-mana namun suka memanfaatkan diskon belanja saat musim liburan, pengeluaran Anda tetap bisa tidak terkendali.

Silakan baca tip-tip dalam liburan keluarga berikut:



Ajarkan Tip Keuangan Ini untuk Anak Anda
Ajaran Finansial yang Seharusnya Diajarkan Ketika Remaja
Untung Rugi Beli Rumah Bekas, Wajib Baca Sebelum Putuskan
Apa Itu Coronavirus?
Barang-barang yang Sebaiknya Jangan Dibeli di Supermarket
Sebaiknya Anda Hindari 10 Saran Finansial yang Buruk ini
Strategi Paling Tepat Meminta Kenaikan Gaji Anti Penolakan
Mengenal Gaya Hidup Minimalis
Inilah Alasan Keanggotaan Gym Merupakan Pemborosan
Sering Diajarkan Pada Anak, Tetapi Sebenarnya Kurang Bagus


Bagikan Ke Teman Anda