Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mengembangkan Kecakapan Finansial

Mengatur keuangan adalah kunci utama kesuksesan dalam aspek finansial, dan sebagai hasilnya Anda akan menjadi lebih kaya. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki kecapakan finansial. Itulah mengapa banyak orang tidak dapat mengatur keuangan mereka dengan baik dan terjebak dalam lilitan hutang yang tidak pernah berakhir.

Lalu, bagaimana cara mengembangkan kecakapan finansial?

Memiliki kecerdasan tidak bisa dilakukan hanya dalam satu malam saja atau setelah membaca satu buku saja. Ada banyak proses pendidikan, baik itu secara formal maupun berdasarkan pengalaman yang pernah Anda miliki.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecakapan secara finansial:

1. Mulailah dari Sekarang

Berapapun usia Anda, jangan pernah merasa terlambat untuk memulai sesuatu, termasuka mempelajari seluk beluk keuangan secara lebih mendalam. Lagi pula, pengetahuan yang Anda dapatkan akan membawa dampak besar pada kehidupan Adan dan keturunan Anda di masa mendatang.

Pelajari lebih mendalam tentang investasi, dana sosial, kartu kredit, nilai kredit, menabung untuk masa depan, investasi property, dan masih banyak lagi. Pelajari semua yang Anda ingin tahu satu per satu hingga Anda benar-benar memahami secara keseluruhan.

2. Banyak Membaca Buku dan Sumber Informasi Lainnya

Jika Anda ingin menambah banyak pengetahuan, tidak ada pilihan yang lebih baik dari membaca. Mulailah dengan membaca buku finansial, kemudian biasakan diri Anda untuk membaca rubrik ekonomi pada setiap majalah dan koran yang Anda temukan, baik itu dalam tingkat regional atau nasional. Dengan demikian Anda akan terbiasa dengan istilah ekonomi, kondisi keuangan global, dan masih banyak lagi.

3. Belajar Melalui Internet

Tidak semua orang suka membaca buku dan koran. Namun Anda pasti senang berselancar di internet. Temukan proses belajar yang membuat Anda nyaman, lalu maksimalkan hal tersebut. Anda bisa mencari tutorial, kursus online, dan membaca situs-situs finansial yang ada.

4. Mengikuti Kelas Finansial

Banyak lembaga yang membukan kelas finansial bagia para orang dewasa mulai dari usia 20-an. Mengikuti kelas finansial adalah cara terbaik bagi Anda yang ingin menambah wawasan finansial dengan belajar langsung dari ahlinya. Dan kelas ini bisa Anda ikuti dari rumah jika Anda mengambil kursus secara online. Dengan mengikuti kelas ini, Anda akan mendapatkan buku panduan dan pelatihan yang akan membuat Anda semakin memahami seluk beluk dunia finansial.

5. Membuat Rencana Pengeluaran

Kecapakan finansial paling dasar yang harus Anda miliki adalah mampu membuat rencana finansial bagi diri sendiri atau keluarga. Dengan mengontrol keuangan, Anda bisa mempertahankan dinamika positif dalam kondisi finansial. Kini Anda tidak perlu repot membawa pulpen dan catatan kemana saja—banyak aplikasi dan situs internet yang dapat membantu Anda mencatat pengeluaran, pemasukan, bahkan pembayaran cicilan.

Bahkan jika Anda tidak memiliki pengetahuan matematika dan akuntansi mendalam, rencana pengeluaran sangat perlu untuk dilakukan. Dengan demikian Anda tidak lagi beranda-andai kemana perginya semua yang yang Anda dapatkan.

Pada awal bulan, buatlah rencana pengeluaran setidaknya untuk satu bulan ke depan. Tentukan anggaran untuk masing-masing sektor pengeluaran dan pastikan Anda tidak melebihi jumlah yang ditentukan. Cara ini membuat pengeluaran Anda tetap terkendalo dan Anda tidak kehilangan uang begitu saja.

6. Menetapkan Tujuan Finansial

Seseorang ingin memiliki kecakapan secara finansial karena mereka ingin menjadi kaya dan sukses. Pastikan Anda melangkah ke arah yang benar dengan menetapkan tujuan finansial. Sifatnya bisa jangkan panjang dan jangka pendek. Misalnya Anda memiliki tenggat waktu kapan akan merenovasi kamar mandi, melunasi cicilan rumah, dan membeli kendaraan baru. Memiliki tujuan finansial membantu Anda untuk menyusun keuangan dengan lebih mudah dan memastikan semuanya tetap berada di jalur yang benar.

7. Menabung dengan Cerdas

Bagaimana cara menjaga kondisi finansial Anda agar tetap sehat? Menabung adalah jawabannya. Namun tidak semua orang (baik mereka yang muda atau dewasa) menyadari pentingnya menabung. Banyak dari mereka yang hanya memiliki sedikit tabungan atau bahkan tidak sama sekali. Mereka berpikir bahwa masa pensiun masih jauh sehingga menabung masih bisa dilakukan nanti di masa mendatang.

Pemahaman semacam ini harus diluruskan, karena semakin Anda menabung di usia muda, semakin banyak uang yang bisa Anda kumpulkan di hari tua. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi memikirkan bagaimana membiayai hidup ketika Anda sudah tidak bekerja lagi nantinya.

Sebelum menabung, pastikan semua tagihan dan cicilan Anda lunas. Tabungan adalah dana yang tersisa setelah pengeluaran wajib bulanan yang harus dibayarkan. Jika Anda ingin meraih tujuan finansial lebih cepat, pangkas pengeluaran Anda dan alihkan dananya untuk menabung.

8. Jebakan Hutang Kredit

Kredit dapat diibaratkan seperti lingkaran spiral yang semakin menurun. Artinya lebih mudah bagi Anda untuk kehilangan kredit daripada menambahnya, dan hal inilah yang disadari oleh anak muda. Mereka tergiur dengan hutang yang ditawarkan oleh pihak bank sehingga membuat diri mereka berhutang dalam usia yang sangat muda.

Mengajukan pinjaman bukanlah hal yang buruk, terlebih lagi jika Anda ingin menggunakannya untuk mengembangkan usaha. Namun jangan terburu-buru untuk mengambil kredit apabila Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai dunia hutang piutang.

Kecakapan finansial adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Menjadi kaya dan memiliki banyak uang tentu saja tujuan finansial yang ingin diraih setiap orang. Semakin banyak pengetahuan finansial yang dimiliki, maka semakin besar pula kesempatan seseorang untuk meraih kesuksesan secara finansial.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mengembangkan kecakapan finansial, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Tip Keuangan Keluarga Muda
Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pernikahan Agar Kantong Tidak Jebol
6 Tip Mempersiapkan Krisis Ekonomi yang Dapat Dicoba
Jangan Beli Jenis Barang Ini dalam Kondisi Baru
6 Cara Mengelola Keuangan Keluarga Secara Efektif
Apa itu Tabungan Rencana? Apa Manfaatnya?
Apa Itu Perusahaan Pergadaian?
UangTeman.com Tawarkan Pinjaman Uang Online
Bagaimana Orang Bisa Menjadi Kaya?
Ini Pentingnya Personal Finance! Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi


Bagikan Ke Teman Anda