Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mengirimkan Uang ke Negara Lain secara Murah

Pengiriman uang ke luar negeri memang tidak selalu dilakukan oleh semua orang. Namun, bagi Anda yang memiliki anggota keluarga yang sedang menjalani pendidikan di negeri orang atau memiliki bisnis yang telah merambah pasar internasional, transaksi keuangan antarnegara tentu sangat dibutuhkan.

Meski tampak sederhana, namun pengiriman uang ke luar negeri tidaklah mudah dan cepat seperti halnya di dalam negeri. Hal ini disebabkan oleh adanya sistem yang dianut perbankan dalam negeri dengan luar negeri. Sistem perbankan di Indonesia menggunakan SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication). Sementara bank-bank luar negeri menggunakan sistem IBAN (International Bank Account Number).

Cara konvensional yang sering dilakukan untuk mengirim uang ke luar negeri adalah melalui bank. Sayangnya, biaya pengiriman uang antarnegara melalui bank tergolong cukup besar alias mahal. Setiap pengiriman uang ke luar negeri, bank membebani biaya administrasi, ongkos kawat, dan biaya bank koresponden. Bank koresponden ini adalah agen yang menjadi penghubung antara bank yang ada di luar negeri dengan bank yang ada di dalam negeri. Adanya perbedaan sistem perbankan antarnegara inilah yang difasilitasi oleh bank koresponden.

Biaya pengiriman uang via bank yang cukup mahal menjadi kendala tersendiri. Anda tentu tidak ingin ‘menghamburkan’ uang hanya untuk biaya kirim, sementara keluarga atau rekan bisnis Anda di luar negeri lebih membutuhkan uang tersebut. Namun mau tidak mau, bank tetap menjadi pilihan sampai hadirnya layanan-layanan baru non-bank yang bisa diakses secara online.

Kini, alternatif layanan pengiriman uang ke luar negeri semakin banyak dengan tarif biaya kirim yang bersaing. Salah satunya melalui aplikasi online. Banyak aplikasi online yang menyediakan layanan pengiriman uang antarnegara dengan biaya murah dan nilai tukar mata uang yang aktual. Anda bisa mengirimkan uang untuk keluarga atau kepentingan bisnis kapan saja dan di mana saja melalui ponsel asal memiliki jaringan internet. Tak hanya lebih murah dan praktis, cara ini juga unggul dalam hal kecepatan dan keamanan.

  • TransferWise

Aplikasi ini banyak direkomendasikan terutama oleh mereka yang sering melakukan transaksi keuangan dalam lingkup internasional. Selain mudah dan cepat, TransferWise hanya membebankan biaya yang murah kepada pengguna layanannya. Biaya kirim (transfer fee) yang dikenakan TransferWise berbeda-beda, tergantung pada jumlah uang yang akan ditransfer dan negara tujuan transfer. Meski bukan yang paling murah, namun keunggulan dari layanan ini adalah penggunaan nilai tukar mata uang yang aktual. Artinya tidak berpedoman pada nilai tukar yang ditentukan oleh bank. Jadi, meski biaya kirim yang dibebankan bisa sedikit tersamar dengan nilai tukar mata uang yang tinggi.

Penggunaan layanan TransferWise tergolong cukup mudah. Anda hanya cukup mengisi formulir berkenaan dengan informasi jumlah uang yang akan dikirim dan data akun bank penerima. Untuk biaya kirimnya, TransferWise akan memotong langsung dari jumlah uang yang dikirim. Pada akhir transaksi, aplikasi ini akan menginformasikan waktu sampainya uang yang dikirim kepada penerima.

Sayangnya aplikasi ini belum melayani pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri. Meskipun demikian, aplikasi ini bisa untuk mengirim uang dari negara lain ke Indonesia. Dengan kata lain, pada aplikasi ini Indonesia berperan sebagai negara penerima, bukan pengirim.

  • Azimo

Azimo merupakan layanan pengiriman uang ke luar negeri secara online. Layanan ini juga banyak direkomendasikan oleh pengguna yang sering melakukan transaksi keuangan antarnegara. Selain karena biaya murah, Azimo dikenal sebagai layanan yang unggul dalam kecepatan, karena setiap transfer melalui layanan ini akan diproses pada hari kerja yang sama.

Berapa biaya kirim (transfer fee) melalui Azimo? Layanan ini memberikan fasilitas free transfer fee alias gratis biaya kirim untuk pengiriman pertama kali. Untuk pengiriman berikutnya, pengguna baru akan dikenakan biaya. Besaran biaya transfer via layanan ini tidak bisa ditentukan secara pasti, karena tergantung pada negara tujuan penerima.

Meski demikian, dibandingkan dengan layanan remittance atau pengiriman uang antarnegara secara online lainnya, biaya yang dikenakan Azimo cenderung lebih murah. Prosesnya juga tidak berbelit, artinya Azimo akan mengirimkan uang langsung pada akun bank penerima. Jadi, di sini tidak ada bank koresponden, karena perbedaan sistem perbankan langsung difaslitasi oleh Azimo.

Lagi-lagi disayangkan, layanan remittance ini belum bisa dinikmati di Indonesia. Artinya, Azimo belum melayani pengiriman uang ke luar negeri dari Indonesia. Sebaliknya, Indonesia dalam layanan Azimo hanya berperan sebagai negara tujuan transfer atau negara penerima.

  • MoneyGram

MoneyGram adalah layanan pengiriman uang ke luar negeri yang bisa dilakukan secara online maupun offline. Layanan ini telah memiliki agen di banyak negara, termasuk Indonesia. Oleh sebab itu, MoneyGram melayani pengiriman uang dari dan ke Indonesia. Untuk memberikan kemudahan layanan, MoneyGram bekerjasama dengan lembaga bank sebagai agennya. Di Indonesia, bank yang bertindak sebagai agen dari MoneyGram adalah CIMB Niaga.

Layanan MoneyGram ini cukup unggul dalam kecepatan waktu dan biaya transfer. Prosesnya pun cukup mudah, hanya perlu mendatangi agen dan mengisi formulir transfer. Untuk biaya, MoneyGram membebankan biaya di luar jumlah uang yang akan ditransfer. Contohnya, Anda ingin mengirimkan uang sejumlah Rp 5 juta ke Malaysia. Untuk transfer uang tersebut, Anda akan harus menyerahkan uang yang akan ditransfer plus biaya transfernya.

Jadi, MoneyGram tidak memotong biaya dari jumlah uang yang akan ditransfer. Biaya yang dikenakan pengguna layanan tergolong cukup murah, mulai dari Rp 100.000,- hingga Rp 900.000,-, tergantung pada jumlah uang yang akan ditransfer dan negara tujuan.

Selain mengirim, MoneyGram juga bisa untuk menerima pengiriman uang dari luar negeri. Pengambilan uang hanya dikenai biaya materai. Namun, apabila penerima memiliki rekening tabungan CIMB Niaga, maka uang yang dikirim akan langsung dimasukkan ke dalam rekening penerima, sehingga pengambilannya tidak lagi dikenai biaya materai.

Transfer uang ke luar negeri tidak semudah dan semurah transfer uang antarbank di dalam negeri. Dalam proses ini, ada dua yang harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan, yakni biaya kirim (transfer fee) dan kurs atau nilai tukar mata uang. Berkenaan dengan hal tersebut, jika hendak mengirim uang ke negara lain harus pandai-pandai dalam memilih layanan tentunya yang berbiaya murah dengan kurs mata uang yang aktual.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mengirimkan uang ke negara lain secara murah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Berbicara Tentang Uang dengan Anak Anda
Pemikiran Al-Ghazali tentang Barter dan Uang
Tarik Tunai ATM tapi Uang Tidak Keluar? Ini Cara Mengatasinya!
Tidak Ada Uang? Jual Beli dengan Barter? Apa yang Terjadi?
Apakah Memiliki Banyak Uang Akan Membuat Kita Bahagia?
Uang Tidak Mampu Membeli Segalanya
Ngontrak Rumah dan Punya Banyak Uang atau Beli Rumah tapi Tak Punya Uang, Mana yang Lebih Baik?
Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang
Cara Mendapatkan Uang Lewat Airbnb
Tip Hidup Hemat, Murah, dan Sederhana


Bagikan Ke Teman Anda