Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Transfer Uang dari Kartu Kredit ke Rekening

Anda pasti sudah familiar dengan kartu kredit bukan? Apalagi jika Anda merupakan salah satu pemegangnya. Meski penggunaan kartu kredit sangat tidak disarankan oleh para financial advisor dan ahli keuangan lainnya, nyatanya pengguna kartu kredit masih sangat banyak.

Meski kartu kredit sama dengan hutang yang harus dibayar setiap bulan, ada manfaat atau kelebihan yang bisa didapatkan dari penggunaan kartu kredit. Misalnya mentransfer dana dari kartu kredit ke rekening Anda. Ya, fitur ini memang disediakan oleh bank-bank yang mengeluarkan kartu kredit.

Transfer dana ke rekening tabungan disebut dengan dana tunai kartu kredit. Fitur ini berbeda dengan tarik tunai kartu kredit. Jika Anda menggunakan layanan tarik tunai kartu kredit, itu artinya Anda menarik uang secara tunai dari kartu kredit melalui mesin ATM.

Berapa Dana yang Bisa Ditarik?

Apabila penerbit kartu Anda memberikan fitur dana tunai yang memungkinkan Anda mentransfer uang ke rekening tabungan, jangan beranggapan semua limit kartu kreditmu bisa ditransfer seluruhnya. Pihak bank biasanya membatasi jumlah dana yang yang bisa ditransfer. Umumnya sekitar 40% sampai 50% dari limit kartu kredit tersisa. Misalnya Anda punya Rp 5 juta limit tersisa, maka jumlah yang bisa ditransfer adalah Rp 2,5 juta.

Cara Transfer Uang

Setiap bank punya metode tersendiri bagaimana mentransfer uang dari kartu kredit ke rekening. Inilah beberapa bank nasional yang menyediakan layanan dana tunai dan cara menggunakannya.

  • Bank Danamon

Bank Danamon menyediakan fasilitas Dana Tunai bagi para pemegang kartu kredit. Dana instan ini bisa dicarikan langsung dari kartu kredit. Caranya mudah, tinggal menghubungi Helo Danamon dengan nomor 1-500-090. Layanan ini bisa dihubungi selama 24 jam. Apabila pengajuan dana tunai disetujui oleh pihak bank, maka saat itu juga akan ditransfer ke rekening Anda.

  • BCA

Bank BCA menyediakan layanan Dana Tunai Mendesak bagi pemegang kartu kredit yang ingin mencairkan dana ke rekening mereka. Dana dapat diambilkan dari kartu kredit pribadi atau melalui layanan Personal Loan. Jika Anda membutuhkan dana cepat, maka tinggal tarik tunai saja dana dari kartu kredit di ATM terdekat.

Sedangkan bagi nasabah yang memerlukan dana dalam jumlah besar bisa menggunakan layanan Personal Loan dengan plafon 5 sampai 100 juta rupiah. Pinjaman ini bisa dilunasi dalam tenor 12 sampai 36 bulan. Untuk mengajukan Personal Loan, nasabah bisa datang ke kantor cabang BCA terdekat.

  • BRI

Bank BRI memberikan layanan dana tunai bagi nasabah yang ingin mencairkan uang dari kartu kredit ke rekening mereka. Layanan ini bernama Loan on Phone. Melalui Loan on Phone, nasabah bisa mentransfer 50% dari sisa limit kartu kredit ke rekening BRI jenis BRITAMA atau SIMPEDES.

Danayang dicairkan bisa diangsur selama 3 sampai 36 bulan. Layanan ini bisa didapatkan melalui Contact BRI di nomor 14017 atau 1500017. Syarat Loan on Phone yang harus dipenuhi oleh nasabah adalah:

    • Merupakan pemegang kartu kredit BRI (tidak berlaku untuk corporate card)
    • Menghubungi nomor di atas untuk pengajuan dana
    • Maksimal dana yang bisa ditransfer adalah 50% dari sisa limit kartu kredit
    • Tenor pembayaran adalah 3 sampai 36 bulan
    • Hanya berlaku untuk pemegang kartu utama
    • Melampirkan dokumen lain yang dipersyaratkan
  • BNI

BNI adalah bank nasional yang juga menyediakan dana tunai bagi para pemegang kartu kreditnya. Akses layanan ini cukup mudah, yakni dengan menghubungi BNI Call di nomor 1500056 untuk mengajukan permohonan. Dana yang dapat dicairkan maksimal 50% dari sisa limit tersedia dan pada setiap pencairan nasabah akan dikenakan biaya 2,25% per bulan dan biaya transaksi minimal 4% sesuai dengan jenis kartu yang digunakan.

Jangka waktu yang diberikan pada nasabah untuk melunasi dana yang dicairkan adalah 3 sampai 24 bulan.

  • Mandiri

Layanan dana tunai dari kartu kredit ke rekening yang disediakan bank mandiri bernama Mandiri Power Cash. Pemegang kartu kredit bisa mengajukan permohonan pencairan dana dengan menghubungi Mandiri Call di nomor 14000. Layanan tersebut aktif selama 24 jam sehingga dapat dihubungi kapan saja nasabah membutuhkan.

Untuk dapat menggunakan fitur Power Cash, persyaratan yang harus dipenuhi adalah:

    • Nasabah adalah pemegang kartu kredit mandiri
    • Minimal pengajuan dana adalah Rp 1 juta dan maksimal Rp 100 juta (sesuai dengan jumlah limit yang tersedia)
    • Bunga dan biaya administrasi dapat berubah sesuai kebijakan Bank Mandiri
    • Proses pencairan membutuhkan waktu 2×24 jam, dan dana akan ditransfer ke rekening Mandiri nasabah

Dalam keadaan mendesak, pencairan dana tunai dari karti kredit ke rekening pribadi memang sangat membantu. Namun demikian, jika Anda menggunakan layanan ini maka sama halnya seperti Anda berhutang pada pihak bank. Dana yang Anda cairkan harus dicicil dalam tenor waktu tertentu, disertai bunga yang besarnya tergantung pada kebijakan masing-masing bank penerbit.

Bunga yang dibebankan pada transaksi pencairan dana tunai biasanya lebih besar dari bunga kartu kredit bulanan yang harus dibayarkan. Sebelum menggunakan layanan dana tunai, sebaiknya pikirkan matang-matang apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Jangan sampai hanya untuk keperluan sesaat Anda harus menanggung beban cicilan kartu kredit yang lebih besar di bulan berikutnya.

Penggunaan kartu kredit harus dengan sangat bijaksana. Jika Anda memiliki kartu kredit, maka pertimbangkan dulu dengan matang sebelum membuat transaksi, termasuk mencairkan dana tunai ke rekening.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara transfer uang dari kartu kredit ke rekening, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kartu Kredit Bank Mega
Definisi Credit Baloon/Kredit Baloon/Kredit Balon/Ballon Payment
10 Perusahaan Penyedia Layanan “Bisa Kredit Online, Tanpa Kartu Kredit”
Bagaimana Bila KPR Ditolak Bank
Apa Itu Nilai Intrinsik dan Ekstrinsik Uang?
Mengapa Perempuan Mudah Terjebak Utang Kartu Kredit?
Wire Transfer dan Cara Mengirim Uangnya
Bagaimana Bila Kartu Kredit Hilang
Ini Dia Penemuan yang Banyak Dipakai Orang tapi Penemunya Tak Mendapat Uang
13 Cara Membuang-membuang Uang


Bagikan Ke Teman Anda