Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara untuk Mengembangkan Hidup Anda

Ada sebuah kutipan yang mengatakan “Ketika Anda berlatih selama 21 hari, itu akan menjadi kebiasaan Anda. Ketika Anda mengikutinya selama 92 hari, itu akan menjadi gaya hidup Anda.”

Lalu apa saja kebiasan-kebiasaan menarik yang bisa mengembangkan gaya hidup Anda? Yang akan kami sampaikan berikut ini adalah sesuatu yang berbeda dan pastinya patut untuk dicoba.

1. Membaca buku

Buku bacaan jelas memiliki pengaruh besar terhadap karakter dan juga kepribadian Anda. Begitu Anda memutuskan untuk mulai membaca buku-buku bagus, maka Anda akan merasakan perubahan besar dalam hidup Anda.

Perubahan itu bisa saja dari cara Anda berbicara, berpikir, dan juga bagaimana Anda menyampaikan pendapat.

Membuka buku sama saja dengan mengijinkan diri Anda untuk melihat masa depan, dan memahami dunia yang lebih luas yang selama ini tidak Anda ketahui.

Disamping itu, menggeluti dunia buku tidak harus dengan mengeluarkan banyak uang. Cukup beli 1 buku dalam 1 atau 2 bulan, tentukan tema yang paling Anda minati, meskipun sesekali perlu juga mengisi pikiran dengan tema yang berbeda.

Jika ingin berhemat lagi, Anda bisa pergi ke perpustakaan umum untuk membaca di tempat atau meminjam salah satu buku incaran untuk dibawa pulang.

Yang dibutuhkan adalah, konsistensi dan juga rasa haus atau keinginan untuk selalu membaca buku. Seperti yang pernah dikatakan oleh George RR Martin, “Seorang pembaca hidup seribu nyawa, sebelum dia meninggal”.

2. Menulis diary

Tunggu, ini bukanlah semacam buku harian seperti pada umumnya yang ada di pikiran Anda. Sama sekali bukanlah buku harian pribadi, namun yang kami maksud di sini adalah buku harian pengembangan kepribadian.

Di dunia nyata, sekedar berpikir cerdas tidak akan membawa Anda ke dalam sebuah kesuksesan, namun yang benar-benar dibutuhkan adalah bertindak secara tegas.

Tulislah “diary” seperti ini:

  • Apa yang menjadi kekuatan Anda
  • Apa yang menjadi kelemahan Anda
  • Apa sasaran yang akan Anda tuju di tahun ini, begitu pula dengan detail dalam bulanannya, dan juga mingguannya
  • Pelajaran hidup apa yang akan Anda pelajari
  • Pemikiran-pemikiran Anda yang berharga
  • Penghargaan hidup yang ingin Anda capai atu ulangi, dan lain-lain.

Begitu Anda mulai menulis hal-hal mendasar namun penting seperti yang kami sampaikan di atas, Anda akan merasakan kekuatan menulis sebuah buku harian.

Menulis, bahkan jika perlu mengenai pengalaman tersulit atau terburuk yang Anda alami akan menjadi sebuah metode penyembuhan tersendiri. Tanpa disadari, kebiasaan dalam menulis akan meningkatkan rasa percaya diri serta memperbaiki cara berkomunikasi kita.

3. Berikan waktu untuk diri sendiri

Hanya 10 menit, sekali lagi waktu yang Anda butuhkan untuk benar-benar “bersama” dengan diri Anda adalah 10 menit saja.

Nikmati “me time” tersebut dengan berjalan-jalan di luar kompleks perumahan, menghirup udara alami, atau sekedar duduk di teras rumah. Selama waktu yang berharga ini, coba pikirkanlah tentang diri Anda sendiri.

Apakah yang menjadi tujuan Anda selama ini?

Dan apakah dalam kurun waktu ini Anda telah berada pada jalur yang tepat untuk meraih tujuan tersebut?

Memang terdengar aneh dan suatu kegiatan yang sia-sia. Namun lambat laun, Anda akan mulai terhubung dengan diri Anda pribadi, dan mulai memahami tentang apa yang perlu Anda bicarakan dengan pribadi Anda sendiri.

Bukankah kita semua adalah refleksi dari pemikiran kita?  Apa yang Anda pikirkan setiap hari, akan menentukan menjadi apakah Anda di masa depan.

4. Menghabiskan waktu dengan orang yang lebih tua

Menghabiskan waktu dengan orang tua tidak melulu dengan orang tua kita secara biologis, namun bisa diartikan dengan orang yang lebih senior, lebih dewasa secara usia, atau dengan kakek – nenek kita.

Mereka akan membuat Anda berpikiran lebih dewasa dari pada kelompok usia Anda. Selain itu, Ada dapat bertukar pikiran serta saran yang akan selalu memberi Anda eksposur baru tentang kehidupan.

Waktu produktif seperti ini akan mengisi pikiran Anda dengan berbagai pengalaman dan kebijaksanaan yang tidak mungkin didapat dari pertemanan seusia.

Lupakan sejenak kesibukkan Anda , habiskan sebanyak mungkin waktu Anda dengan kedua orang tua atau kerabat yang lebih tua. Anda tidak akan pernah menyesalinya, namun sebaliknya, berterima kasih untuk waktu dan kebijakan yang telah dibagikan.

Nikmatilah hidup seperti seorang anak kecil, tetapi, berpikirlah bijaksana seperti layaknya orang tua.

“Habiskan beberapa saat bersama dengan orang tuamu, tidak semua hal bisa kamu temukan di google.”

5. Menonton TED video

Tontonlah sebuah video yang menginspirasi, bukan hanya sekedar motovasi hidup. Video-video yang baik untuk ditonton adalah video yang membuat Anda berpikir tentang kehidupan dalam sudut pandang yang berbeda.

Lihatlah dunia yang lebih luas dan terbuka melalui banyak video yang dibagikan dari seluruh penjuru bumi. Bukankah kini Anda bisa dengan mudah menemukan video-video tersebut di YouTube?

Salah satu yang bisa kami sarankan adalah pergi ke channel TED. Ada banyak kategori dalam video TED yang memiliki pesan tersendiri.

Atau Anda sudah memiliki channel favorit lainnya? Lihat dan pelajarilah sesuatu dari mereka.

Kebiasaan-kebiasaan sederhana seperti yang kami sampaikan di atas, jika dijalankan dengan sungguh-sungguh tentu akan membawa perubahan berarti dalam hidup Anda.

Tidak perlu pergi ke psikolog atau menyewa jasa manajemen kepribadian, cukup luangkan banyak waktu bersama dengan diri sendiri dan juga orang tua untuk menemukan banyak jawaban dari pertanyaan-pertanyaan sulit Anda selama ini.

Temukan banyak perubahan positif yang akan membawa Anda lebih maju dan meraih tujuan hidup Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara untuk mengembangkan hidup Anda, semoga bermanfaat bagi Anda.



Apa yang Membuat Orang Mentalnya Kuat?
Inilah 11 Cara agar Lebih Positif dalam Hidup
Lakukan Kebiasaan Ini agar Hidup Lebih Baik
Cara-cara Menjadi Orang yang Berkarisma/Karismatik
Mindset Orang Sukses, Ubah Pola Pikir supaya Berhasil
Kendala UKM: Bisnis Kecil Sulit Berkembang
Inilah Penyebab Orang Mengalami Kegagalan dalam Hidup
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses
Apakah Kita Hidup untuk Uang?
Mengapa Orang Yahudi Cerdas dan Israel Berkembang Cepat?


Bagikan Ke Teman Anda