Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cashback Kartu Kredit? Benarkah Menguntungkan Si Pemakainya?

#cashback kartu kredit #tip kartu kredit

Cashback kartu kredit menjadi salah satu program yang menarik orang untuk menggunakan kartu kredit. Namun tidak sedikit loh yang tidak sadar akan program ini. Bahkan mereka tidak memanfaatkan cashback ini, padahal program ini bisa memberikan keuntungan.

Malah ada beberapa pemegang kartu kredit yang berbelanja banyak menggunakan kartu kredit hanya untuk mengejar cashback. Padahal cara berbelanja banyak dan berlebihan bukanlah cara yang tepat untuk mendapatkan cashback loh. Sebelum membahas lebih jauh mengenai cashback, ada baiknya Anda ketahui dulu pengertian dari salah satu program kartu kredit ini yuk.

Apa Itu Cashback Kartu Kredit?

Program cashback pada kartu kredit ini akan memberi Anda imbalan dalam bentuk uang tunai. Setiap kali Anda melakukan transaksi di toko-toko tertentu dan menggunakan cashback kartu kredit, maka Anda berhak mendapatkan persenan uang tunai. Nilai persenan ini mulai dari 0,2% hingga 20%!

Cashback ini bisa Anda dapatkan tidak hanya di supermarket dan pusat perbelanjaan, tetapi juga di pom bensin, perusahaan jasa penerbangan, dan tempat lainnya yang bekerjasama dengan program cashback penerbit kartu kredit.

Jika masih bingung dengan program cashback kartu kredit, berikut contohnya:

Anda melakukan transaksi senilai Rp 1.000.000 dan mendapatkan cashback sebesar 10%. Maka cashback yang akan Anda dapatkan adalah sebesar Rp 100.000. Potongan atau cashback ini biasanya akan dikumpulkan hingga akhir bulan dan akan dikembalikan ke rekening kartu kredit Anda.

Apakah bank akan rugi dengan kehadiran program cashback ini? Pihak bank tidak akan dirugikan dengan program ini mengingat mereka telah diuntungkan dengan setiap transaksi yang dilakukan oleh para pemegang kartu kredit. Malah dengan kehadiran program ini akan membuat nasabah semakin loyal dan menggunakan kartu kreditnya lebih sering lagi. Bahkan bukan tidak mungkin dengan adanya program ini akan mengundang calon nasabah baru.

Bagaimana Cara Mendapatkan Cashback yang Menguntungkan?

Cashback dapat membantu Anda berhemat, karena uang hasil cashback bisa disalurkan untuk membayar annual fee. Nah untuk mendapatkan manfaat maksimal dari cashback ini, berikut ini beberapa triknya:

  • Biasanya program cashback ini akan diberikan saat persetujuan kartu kredit diterima. Malah ada beberapa bank dan penerbit kartu kredit yang memberikan cashback sebesar 20%. Namun Anda harus teliti dengan mengecek sampai kapan promo cashback ini berlaku?
  • Setiap bank memiliki beberapa jenis kartu kredit, dan salah satunya khusus memberikan program cashback. Jika Anda tertarik dengan program cashback ini, ada baiknya memilih kartu kredit yang memang khusus menyediakan program cash back.
  • Rajinlah mengecek situs ataupun brosur dari bank penyedia kartu kredit untuk mengetahui di mana saja bisa mendapatkan cashback. Tidak hanya toko toko, tetapi juga Anda bisa mendapatkan cashback di beberapa SPBU loh!
  • Hindari berbelanja secara berlebihan dengan tujuan mendapatkan reward dan cashback. Pola pikir ini sebenarnya salah dan cara paling tepat untuk mendapatkan cashback adalah dengan menggunakan kartu kredit untuk keperluan sehari-hari. Misalnya membayar listrik, mengisi bahan bakar, dan berbelanja di supermarket.
  • Cashback juga bisa menguntungkan jika Anda berbelanja barang dengan harga tinggi. Misalnya membeli gadget. Mengingat dengan pembelian berjumlah besar, Anda bisa memperoleh cashback lebih besar juga!
  • Anda bisa menawarkan teman untuk berbelanja menggunakan kartu kredit Anda. Apalagi jika nilai belanja teman Anda cukup besar, karena Anda bisa mendapatkan cashback lebih besar lagi.

Apa Saja yang Bisa Anda Lakukan Dari Cashback?

Cashback kartu kredit bisa Anda kumpulkan dan gunakan untuk membayar annual fee kartu kredit. Menjadikan Anda lebih hemat dan tidak perlu mengeluarkan lebih tentunya untuk membayar annual fee.

Jika Anda sering mendapatkan cashback dari kartu kredit, maka Anda bisa kumpulkan juga untuk berbelanja gratis dari bank. Misalnya nih, cashback yang terkumpul sebesar Rp 1 juta maka Anda bisa membelanjakannya untuk barang yang sedang dibutuhkan.

Apakah Semua Kartu Kredit Menawarkan Program Cashback?

Tidak semua bank dan penerbit kartu kredit mengadakan program cashback ini. Untuk itu sebelum memilih kartu kredit, Anda harus memeriksa apakah bank atau penyedia kartu kredit tersebut memberikan bonus cashback atau tidak? Pastikan juga program cashback yang ditawarkan itu memang sudah menjadi bagian dari fitur kartu kredit yang akan pilih. Jika program cashback nya hanya sementara walaupun nilai cashbacknya besar, sebaiknya pilih kartu kredit lainnya. Cashback dengan nilai yang kecil pun sebenarnya tetap menguntungkan asalkan Anda rutin mendapatkannya.

Jadi, apakah Anda sudah mendapatkan manfaat dan keuntungan dari cashback kartu kredit? apakah kartu kredit Anda sudah memiliki program cashbacknya? Jika belum memiliki kartu kredit, maka pilihlah kartu kredit yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cashback kartu kredit dan cara mendapatkan keuntungannya, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, fungsi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, tugas,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.