Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ciri-ciri Investasi Money Games dan Cara Menghindarinya!

#investasi #money games

Iming-iming investasi dengan keuntungan yang berlimpah dan cara yang begitu mudah telah kerap merugikan banyak orang dalam jumlah yang besar. Meski begitu, masih banyak pula yang tertarik dan mengikuti siasat keuangan serupa setelah diajak oleh kawan maupun kerabatnya.

Jenis investasi money games ini merupakan istilah lain dari penipuan semacam skema piramida ataupun Ponzi, namun yang membuatnya lebih parah adalah tingginya permintaan akan jasa serupa. Di Malaysia, misalnya, ada 40 operator money games yang beroperasi dan sepertiganya berbasis di Penang. Paling tidak, 6 dari 10 orang Cina di Penang berinvestasi pada money games. Tuntutan akan investasi ini berasal dari rasa haus mereka akan tingginya balik modal, sehingga orang-orang bersedia untuk mengambil risiko terkait investasi serupa.

Ciri-ciri investasi money games

  1. Jelas-jelas diperkenalkan sebagai money games.
  2. Adanya skema investasi yang berbentuk piramida atau mirip dengan multilevel marketing (MLM).
  3. Tingginya hasil atau keuntungan yang dijanjikan, yakni sekitar 6% atau lebih setiap bulannya. Setelah setahun, akan mendapat laba hingga 15%, bahkan ada pula yang lebih.
  4. Jaminan balik modal setelah 6-12 bulan dan sesudahnya merupakan penghasilan yang akan dapatkan.
  5. Anda dibayar untuk merekruit anggota baru sebagai downline Anda.

Bahaya investasi money games

  1. Tidak terjamin dan Anda sama saja memertaruhkan uang Anda selama bergabung di dalamnya.
  2. Hubungan dengan teman atau kerabat yang merekruit maupun Anda rekruit bisa merenggang bila salah satu di antara Anda kehilangan uang dalam investasi ini, atau bila penyedia jasa money games ini kolaps.
  3. Anda tidak berkontribusi apapun pada sistem perbankan maupun ekonomi daerah maupun negara karena investasi ini justru membuat Anda mengambil uang orang lain yang bukan hak Anda.
  4. Investasi ini ilegal dan Anda dapat dikenai hukuman berupa denda hingga penjara bila mengadakan atau memromosikan skema piramida semacam ini.

Strategi money games

Biasanya mereka yang menawarkan investasi semacam ini akan menyanyikan lagu yang sama setiap kali akan merekruit downline atau mengajak rekannya agar turut berinvestasi. Lagu-lagu tersebut biasanya memiliki:

  1. Cerita-cerita sukses para pengikut investasi terdahulu, lengkap dengan berapa modalnya, berapa jumlah uang yang didapat, dan berapa lama mereka meraih jumlah tersebut.
  2. Bukti bahwa konsep investasi ini benar-benar berfungsi dan bekerja dengan baik dalam memutar uang investornya.
  3. Reward atau hadiah di muka untuk meyakinkan calon investor.
  4. Ajakan untuk mencoba investasi dalam jumlah kecil terlebih dahulu dan membuktikan hasilnya.

Strategi tersebut biasanya sukses menjaring downline baru karena investasi dalam jumlah kecil biasanya sulit untuk ditolak. Bila lantas investor mendapatkan keuntungan (yang tidak seberapa) dari investasi tersebut, biasanya mereka akan tergiur untuk menggelontorkan uang dalam jumlah yang lebih besar. Pada saat inilah biasanya mereka terjebak dan investasi akan rontok dengan sendirinya.

Cara menghindari money games

Berikut ada beberapa cara mendasar yang dapat Anda terapkan untuk mengenali tanda-tanda bahwa suatu investasi merupakan penipuan berkedok agar dapat menghindarinya:

  1. Waspadalah akan segala rencana investasi yang memberikan iming-iming pendapatan yang berlebihan, terutama bila investasi tersebut tidak menjual produk maupun terdapat laba investasi yang asalnya jelas. Investasi macam ini sudah pasti merupakan money games, skema piramida, skema Ponzi, atau semacamnya, yaitu menjanjikan uang datang seiring dengan munculnya anggota baru.
  2.  Waspadalah akan rencana investasi yang menawarkan komisi saat Anda berhasil merekruit anggota baru, terutama saat tidak ada produk yang ditawarkan maupun biaya pendaftaran untuk menjadi downline. Namun bukan berarti investasi tersebut aman bila lantas ada produk yang ditawarkan. Ada pula money games yang berkedok sebagai penjualan perhiasan, pakaian dalam wanita, kosmetik, hingga badan amal.
  3. Bila Anda harus menjual produk atau jasa tertentu, perhatikan apakah harga yang ditawarkan dinaikkan. Entah melalui anggota baru, yang harus membeli inventori dengan harga mahal, ataukah anggota harus menjual lebih banyak produk pada anggota yang lain ketimbang pada kostumer baru. Bila hal-hal ini merupakan syarat yang harus Anda penuhi, maka penjualan produk atau jasa tersebut bisa jadi merupakan skema piramid yang memerpanjang rantai rekruitmen dan penumpukan invetori.
  4. Waspadalah akan program dalam investasi yang dilabeli secara rahasia, adanya koneksi dengan anggota di luar negeri, atau hubungan khusus yang sulit untuk diverifikasi kebenarannya.
  5. Waspadalah akan rapat atau pertemuan yang kerap ditunda sementara upline Anda terus meminta Anda untuk percaya pada mereka. Banyak pula program investasi yang hanya mencapai tahap pre-launch dan tidak pernah benar-benar diluncurkan.
  6. Terakhir, waspadalah akan program yang berusaha untuk mengapitalisasi pasar maupun teknologi baru. Setiap investor pasti membayangkan akan menjadi kaya dalam waktu singkat, namun faktanya, usaha teknologi merupakan hal yang berisiko tinggi dan baru akan menghasilkan keuntungan setelah bertahun-tahun dibangun melalui kerja keras.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri investasi money games dan cara menghindarinya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.