Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ciri-ciri Orang yang Akan Gagal Menjadi Pengusaha

Kita sudah biasa membaca mengenai ciri-ciri seorang pengusaha yang akan sukses. Pada kenyataannya, menjadi pengusaha tidaklah semudah kita membaca kisah-kisah sukses tersebut. Tidak sedikit juga pengusaha yang gagal ketika melalui prosesnya. Namun bukan berarti hal ini tidak dapat kita antisipasi. Beberapa ciri memberikan tanda bahwa seorang mungkin saja akan menjadi pengusaha yang gagal di masa depan. Apakah ciri-ciri ada pada diri anda? Yuk, kita simak!

1. No Action, Talk Only

Kita akan mengalami kegagalan sebagai pengusaha jika kita memiliki ciri banyak bicara namun sedikit melakukan action. Sebagian besar pengusaha memang memiliki ide yang menurut mereka sangat mengagumkan dan bersemangat menceritakannya kepada siapa saja. Namun sukses tidak dapat terwujud jika kita menghabiskan waktu terlalu banyak untuk berbicara dan berbicara tanpa melakukan hal yang signifikan.

Seperti Pak Bob Sadino pernah berkata bahwa ‘Usaha yang sukses adalah usaha yang dikerjakan. Bukan yang ditanyakan atau dibicarakan terus’

2. Hobi Menetapkan Target yang Tak Masuk Diakal

Memiliki target yang besar itu tidak ada salahnya. Namun menjadi salah jika target kemudian menjadi tidak masuk diakal. Memproyeksikan bisnis kita untuk memperoleh rate of return dalam 5 hingga 10 tahun untuk usaha skala menengah mungkin terdengar wajar. Namun bernafsu untuk memenuhi ROR di bawah waktu 3 tahun mungkin harus kita pikirkan lagi. Tetapkanlah target yang masuk akal bagi bisnis agar ia memiliki waktu untuk berkembang.

3. Penunda-nunda

Setali tiga uang dengan banyak berbicara, sikap penunda-nunda juga memiliki dampak buruk yang sama. Memiliki sifat penunda akan membuat kita melewatkan banyak kesempatan emas yang sebenarnya dapat membuat bisnis kita maju secara signifikan. Sementara itu, kompetitor kita malah tidak menunda, lalu memanfaatkan momentum sehingga mereka bisa beberapa langkah maju dari kita.

4. Kurang Fokus dan Persisten

Masalahnya tak ada yang mudah dalam memulai bisnis. Bisnis juga memerlukan waktu untuk tumbuh dan memberikan hasil yang signifikan. Ketika kita sudah memulai langkah menjadi pengusaha, maka kita harus tetap fokus dalam menjalankannya hingga bisnis tersebut mencapai target yang ingin kita capai.

5. Manajemen yang Buruk

Manajemen yang buruk bisa jadi akibat kepemimpinan yang buruk. Sebagai pengusaha, ada baiknya kita merancang terlebih dahulu bagaimana usaha tersebut akan kita akan dijalankan, sebelum kita memulainya. Pastikan kita memiliki orang-orang yang juga kredibel untuk menjalankan tanggung jawab mereka masing-masing.

6. Mengelola Keuangan dengan Buruk

Semua bisnis harus memiliki pengelolaan keuangan yang mumpuni. Bagaimana perhitungan modal, cash flow, profit dan bagaimana cara mengatasi kerugian. Jika kita saja sudah kewalahan dalam mengatasi keuangan pribadi kita, maka kemungkinan besar kita juga akan kewalahan mengatasi keuangan sebagai pengusaha.

7. Enggan Menyalahkan Diri Sendiri

Jika kita adalah seorang yang suka menyalahkan orang lain atau menyalahkan keadaan atas kegagalan kita – namun enggan menyalahkan diri sendiri, kemungkinan besar kita akan gagal menjadi pengusaha. Salah satu ciri dari seorang pengusaha yang berhasil adalah mereka banyak belajar dari kegagalan dan mengakui kesalahan yang mereka lakukan untuk kemudian tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa yang akan datang.

8. Tidak Visioner

Sebagai pengusaha, akan gagal jika kita tidak memiliki kemampuan untuk bisa melihat ke depan. Bagaimana produk yang diinginkan pasar, bagaimana pemasaran yang efektif akan diterapkan, siapa saja yang bisa menggunakan produk anda, dan lain sebagainya. Terlebih di era teknologi, pengusaha dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perubahan melalui inovasi. Sehingga jika kita tidak memiliki ‘rasa’ seperti ini, siap-siap untuk menemui kegagalan sebagai pengusaha.

9. Suka Menipu dan Tidak Jujur

Memiliki sifat suka menipu dan tidak jujur tampaknya tidak hanya akan gagal menjadi pengusaha namun kita akan gagal pada bidang apapun. Tidak ada orang yang suka dengan seorang penipu dan seorang yang tidak jujur. Padahal sejatinya dalam bisnis, kepercayaan adalah yang utama.

10. Menyepelekan Kualitas

Pernahkah anda melihat suatu iklan dengan kalimat yang mengagumkan namun setelah kita menggunakan produk yang diiklankan tersebut kita menjadi kecewa karena produknya ternyata tidak berkualitas? Kita pasti langsung enggan menggunakan produk tersebut kembali, bukan? Dan ketika konsumen merasa kecewa, efeknya akan sangat besar. Terlebih di era social media dimana kekuatan marketing word of mouth menjadi raja dan sangat efektif untuk menaikkan pamor sebuah brand, atau malah menjatuhkannya.

11. Hanya Bisa Bekerja Sendiri

Kita kemungkinan besar gagal menjadi pengusaha jika kita hanya mengandalkan diri kita sendiri. Mark Zuckerberg, adalah seorang pengusaha introvert yang tampaknya tidak butuh orang lain untuk memasarkan layanannya, karena toh Facebook sudah terkenal. Apakah demikian? Nyatanya Mark membutuhkan seorang Sheryl Sandberg untuk bisa mengelola facebook agar lebih berkembang, dan karyawan-karyawan lainnya. Karena Mark mengetahui bahwa jika ia hanya mengandalkan dirinya sendiri, bisnisnya tidak akan pernah beranjak kemana-mana.

12. Tidak Kreatif

Ada begitu banyak produk yang beredar di pasar, namun kita lagi-lagi membuat produk yang sangat umum, tidak berbeda dari produk lain yang sudah dijual. Hal ini membuat konsumen tidak memiliki brand awareness terhadap produk kita karena dianggap sama dengan produk lainnya. Maka ketika kita tidak memiliki kreatifitas untuk membuat produk kita memiliki kelebihan dibanding produk lainnya dipasar, kemungkinan besar kita akan mengalami kegagalan sebagai pengusaha. Karenanya asah terus kemampuan berfikir kreatif anda!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri orang yang akan gagal menjadi pengusaha, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ide-ide Startup yang Sering Gagal
Gagal Buat Startup? Bikin Startup Baru Lagi Saja!
Mengapa Orang Pintar Gagal Berbisnis?
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Jangan Ulangi Kesalahan Pengusaha Pemula Ini!
Mendidik Anak Menjadi Pengusaha? Mengapa Jarang yang Melakukannya?
6 Alasan Bisnis Baru Banyak yang Gagal
Ini Dia Beda Pebisnis dan Pengusaha
Apa itu Bank Gagal Berdampak Non-Sistemik?
Negara yang Gagal Rededominasi


Bagikan Ke Teman Anda