Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Dasar-dasar Pengelolaan Finansial Pribadi

Aspek finansial termasuk salah satu hal yang tidak akan mungkin terlepas dari kehidupan. Sangat penting untuk memahami dan mendalami mengenai masalah fnansial karena akan berguna bagi kehidupan Anda. Meskipun Anda tidak memahami secara menyeluruh mengenai masalah finansial, namun setidaknya cobalah memahami finansial dasar. Hal itu berkaitan dengan pemahaman seseorang dalam mengatur kondisi keuangan pribadi. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips finansial dasar dalam bentuk poin-poin.

1. Membuat Anggaran

Mulailah belajar untuk membuat anggaran dan hitung setiap rupiah keuangan Anda. Tentukan dengan bijak berapa banyak uang yang ingin Anda investasikan dan hemat setiap bulannya. Tulis semua hal itu dalam buku anggaran bulanan. Cara ini membutuhkan komitmen yang tinggi namun sangat efektif.  Apabila Anda telah menuliskan semuanya dan selalu mengingat dengan baik, maka akan merasa berkewajiban untuk mematuhinya.

2. Sebisa Mungkin Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Akan lebih baik jika Anda memiliki jumlah minimum kartu kredit dan mengkonsolidasikan semua utang hanya pada satu kartu. Lunasi kartu kredit setiap bulan tepat pada waktunya sehingga menghilangkan biaya keterlambatan dan tidak akan membayar bunga. Usahakan membayar utang kartu kredit sebelum membayar utang lainnya karena pinjaman kartu kredit memiliki tingkat suku bunga yang sangat besar dan cenderung mengalami lonjakan.

Apabila Anda tidak mampu melunasi kartu kredit setiap bulan, maka pengeluaran akan sulit dikendalikan. Oleh sebab itu, jangan pernah menggunakan kartu kredit jika Anda memiliki masalah kontrol diri dan riwayat utang.

3. Beli Barang Berkualitas

Tidak ada salahnya untuk membeli barang berkualitas ketika Anda mampu membelinya. Barang yang berkualitas tidak selalu memiliki harga yang mahal. Meskipun kebanyakan barang yang berkualitas memang dijual dengan harga tinggi karena kualitas dari suatu barang akan sebanding dengan harganya. Carilah dimana Anda bisa menemukan berbagai barang berkualitas dengan harga yang murah. Barang yang berkualitas akan lebih awet dan tahan lama sehingga akan menghemat pengeluaran Anda karena tidak harus membeli barang yang sama dalam waktu dekat.

4. Melakukan Investasi

Tidak perlu menunggu hingga tua, jika hanya sekedar ingin melakukan investasi. Mulailah belajar berinvestasi sejak dini. Mungkin Anda tidak akan langsung menerima manfaatnya saat ini. Namun di kemudian hari, Anda pasti akan bisa merasakan manfaat dari apa yang telah diinvestasikan pada masa lalu.

Ada banyak hal yang dapat Anda investasikan dan tidak harus selalu berupa uang. Salah satunya adalah emas. Banyak orang yang tertarik menjadikan emas sebagai investasi untuk masa yang akan datang. Nilai dari sebuah emas memang jarang mengalami penurunan dan lebih cenderung mengalami kenaikan. Oleh karena itu, investasi emas akan sangat menguntungkan bagi Anda.

5. Melakukan Penghematan

Berapapun jumlah uang yang Anda miliki tidak akan pernah cukup jika menjalani gaya hidup konsumtif dan selalu mengikuti tren masa kini. Jangan buang uang Anda hanya untuk membuat orang lain terkesan. Hal itu tidak akan ada manfaatnya dan hanya akan merugikan Anda di kemudian hari. Hidup boros hanya akan membawa Anda pada kesengsaraan.

Mereka yang saat ini menjadi kaya dan sukses adalah orang-orang yang penuh perhitungan dalam membelanjakan uangnya dan tidak melakukan pemborosan. Seseorang bisa menjadi kaya jika selektif dalam membelanjakan uangnya serta melakukan investasi dengan bijak.

6. Mengelola Keuangan Sendiri

Hanyalah diri Anda sendiri yang mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dalam sehari-hari. Uang yang akan Anda kelola merupakan milik pribadi. Orang lain tidak memiliki kewenangan ikut campur dalam mengelola keuangan Anda. Selain itu, memang tidak akan ada orang yang mempedulikan berapapun uang yang Anda habiskan untuk memenuhi kebutuhan.

7. Memprioritaskan Pembayaran Tagihan

Setidaknya ada beberapa tagihan yang wajib dibayarkan setiap bulannya seperti layanan PLN dan PDAM. Pihak PLN dan PDAM tidak bisa mentolerir apabila terjadi keterlambatan pembayaran hingga beberapa bulan. Mereka akan langsung bertindak dengan menghentikan berbagai layanan yang sebelumnya Anda terima. Bagaimanapun kondisi keuangan Anda, tetaplah memprioritaskan untuk membayar tagihan yang wajib dibayarkan setiap bulannya.

8. Kurangi Frekuensi Layanan yang Kiranya Masih Bisa Ditangani Sendiri

Kurangi frekuensi beberapa layanan yang biasa Anda gunakan seperti pemeliharaan taman, pembersihan rumah, pencucian kendaraan dan lain sebagainya. Mengurangi frekuensi beberapa layanan dapat menghemat uang Anda hingga ratusan ribu. Tidak ada salahnya untuk menangani semuanya seorang diri selama Anda mampu.

Beberapa tips finance dasar yang telah dipaparkan akan sangat membantu Anda dalam mengelola keuangan. Masih banyak orang yang tidak mampu mengelola keuangan mereka dengan baik sehingga lebih senang hidup boros dan berfoya-foya. Akhirnya berapapun uang yang mereka miliki, selalu saja habis tanpa sisa. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai tips finance dasar sangat dibutuhkan bagi mereka yang hingga saat ini belum mampu mengelola keuangannya dengan baik.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang dasar-dasar pengelolaan finansial pribadi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



9 Tips Keuangan untuk Keluarga Kecil Berbahagia
Financial Planning After Disaster (Rencana Finansial Sesudah Bencana)
Langkah-langkah Membuat Anggaran Keluarga
Belajar Cara Mengatur Uang Ala Orang China
6 Tip Mempersiapkan Krisis Ekonomi yang Dapat Dicoba
Pentingnya Perencanan Keuangan untuk Kehidupan Masa Depan
Tips Keuangan untuk Anak Muda
Apa Itu Kakeibo, Seni Menyimpan Uang Ala Jepang?
Tip Mempersiapkan Pensiun Dini
7 Akibat Penundaan pada Kondisi Keuangan Kita


Bagikan Ke Teman Anda