Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Definisi Dividen

Dalam dunia ekonomi, istilah dividen sudah sangat akrab di telinga, apalagi bagi para investor. Secara umum, dividen memiliki arti laba yang dibagikan kepada para pemilik saham sesuai dengan jumlah saham yang mereka miliki. Lantas bagaimana pendapat ahli soal definisi deviden? Berikut beberapa pengertian deviden.

Devinisi Deviden Menurut Ahli

  1. Tangkilisan dan Hessel

Dividen adalah salah satu bagian dari laba bersih perusahaan yang dibagikan kepada para pemilik saham.

  1. Baridwan

Dividen adalah pembagian laba perusahaan kepada pemilik saham yang dibagikan sesuai dengan jumlah lembaran saham yang dimiliki. Jumlah dividen yang diterima oleh pemegang saham juga tidak terus tetap dan dapat berubah-ubah sesuai dengan jumlah laba yang didapatkan perusahaan tiap periodenya.

  1. Rusdin

Dividen adalah bagian dari keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham.

  1. Jefferson P. Jones et al

Dividen adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu kepada para pemegang saham. Pembagian uang kas ini dianggap sebagai bagian dari pengembalian atas investasi yang telah mereka tanam pada perusahaan.

  1. Jamie Pratt

Dividen adalah pembagian keuntungan, baik berupa uang tunai, saham, atau bahkan properti kepada pemilik saham. Pemilik saham perusahaan merupakan salah satu resolusi dalam rentang waktu tertentu (pada umumnya triwulan) dan jumlah yang diterima tiap pemegang saham biasanya diumumkan secara langsung pada basis per saham.

  1. Black’s Law Dictionary

Dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan kepada para penanam saham yang disesuaikan dengan jumlah saham yang mereka miliki.

  1. Ridwan S. Sundjaja dan Inge Barlian

Dividen adalah pembagian keuntungan yang didapatkan perusahaan yang menerbitkan saham dan dibagikan kepada pemilik saham.

  1. Scott Besley dan Eugene F. Brigham

Dividen adalah pembagian uang dalam bentuk tunai yang dilakukan oleh perusahaan kepada para pemegang saham perusahaan dimana bersumber dari pendapatan laba bersih selama periode berjalan maupun periode sebelumnya.

  1. Warsono 

Dividen adalah bagian laba yang didapatkan perusahaan yang dimiliki oleh para pemegang saham dan akan dibagikan pada waktu tertentu sesuai dengan jumlah tertentu dalam bentuk tunai.

  1. Nikiforos K. Laopodis

Dividen adalah pembagian uang tunai atau laba bersih yang dibayarkan langsung kepada para pemegang saham.

  1. Peter Moles, David S. Kidwell, dan Robert Parrino

Dividen adalah keuntungan yang sangat bernilai yang didapatkan oleh perusahaan yang akan dibagikan secara rata kepada pemegang saham sesuai dengan jumlah modal yang mereka tanamkan pada perusahaan.

  1. Paud D. Kimmel, Jerry J. Weygandt dan Donald E. Kieso

Dividen adalah pendistribusian keuntungan secara merata kepada para pemegang saham sesuai dengan proporsinya pada penanaman modal.

  1. Brealey, Myers, Marcus

Dividen adalah pembayaran secara tunai yang dilakukan oleh perusahaan kepada para pemilik saham dan didapatkan dari keuntungan perusahaan.

  1. Parthington

Dividen adalah keuntungan yang diperdagangkan oleh perusahaan atau bentuk investasi lain dan akan dibagikan kepada para pemegang saham atau investor dalam bentuk kas dan disesuaikan dengan jumlah saham yang dimiliki tiap investor.

  1. Wild et al

Dividen adalah penyaluran keuntungan perusahaan dalam bentuk kas kepada para pemegang saham.

  1. Gitman

Dividen adalah pembagian laba perusahaan secara tunai yang biasanya dilakukan secara tahunan ataupun setiap enam bulan sekali.

  1. Campbell R. Harvey

Dividen adalah sejumlah keuntungan yang dibayarkan oleh perusahaan yang dihitung berdasarkan jumlah profitabilitas perusahaan.

  1. Steven M. Sheffrin

Dividen adalah penyaluran keuntungan perusahaan yang diberikan dalam bentuk uang tunai. Penyaluran ini biasanya melalui transfer dana elektronik atau kertas cek.

  1. Reeve

Dividen adalah bagian kas yang dimiliki oleh perusahaan yang akan dibagikan kepada pemilik saham sesuai dengan porsinya masing-masing.

  1. Skousen

Dividen adalah penyaluran keuntungan perusahaan kepada pemilik saham sesuai dengan jumlah saham yang ditanam.

Definisi Deviden Secara Umum

Secara umum, dividen adalah pembagian laba perusahaan kepada pemilik saham yang didapatkan jumlahnya berdasarkan jumlah saham masing-masing. Dividen yang dibagikan dapat berupa dividen kas, dividen barang, atau bentuk dividen lainnya sesuai dengan yang disepakati.

Sedangkan menurut KBBI, dividen adalah bagian dari pendapatan perusahaan yang disepakati oleh dewan direksi dalam rapat pemegang saham dan akan dibagikan kepada para pemegang saham.

Jenis Jenis Deviden

Pembagian dividen yang dilakukan oleh perusahaan sendiri ada beberapa macam. Berikut ini adalah beberapa jenis dividen yang diterima oleh para pemegang saham:

  1. Dividen tunai

Pembagian keuntungan perusahaan dalam bentuk tunai atau kas seperti ini biasanya lebih disukai para pemegang saham. Selain karena lebih mudah dicairkan, jumlah keuntungan yang didapatkan juga lebih nyata. Bentuk dividen tunai memang lebih banyak ditawarkan oleh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

  1. Dividen saham

Selain dalam bentuk mata uang, pembagian dividen juga dapat berupa saham. Pemegang saham akan mendapatkan saham tambahan sebagai bagian dari keuntungan periode tersebut.

Keuntungan dari pembagian dividen dalam bentuk saham adalah jumlah laba yang ditahan tidak akan berkurang sehingga perusahaan dapat melakukan pengembangan yang lebih besar lagi. Dengan cara ini, pemegang saham dapat merasakan keuntungan yang lebih besar pula di periode selanjutnya.

  1. Dividen surat

Pemegang saham tidak akan mendapatkan keuntungan secara langsung. Pemegang saham akan mendapatkan surat janji hutang yang isinya berupa perjanjian pembayaran laba oleh perusahaan sesuai tanggal jatuh tempo.

  1. Dividen barang

Keuntungan yang didapatkan pemegang saham berupa barang dengan syarat barang tersebut dapat dibagi dan tidak mempengaruhi operasiona perusahaan.

  1. Dividen modal

Pemegang saham mendapatkan sebagian modal perusahaan. Hal ini sangat tidak baik karena membuat perusahaan terancam.

Itulah penjelasan singkat mengenai definis dividen menurut para ahli dan jenis-jenisnya. Saat ini, pemerintah juga ikut menggalakkan program pembelian saham kepada masyarakat umum untuk meningkatkan perekonomian nasional. Jika kamu ingin berpartisipasi, maka kenali terlebih dahulu bentuk dividen yang kamu inginkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang definisi dividen, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Definisi Polis Asuransi
Apa Itu Underwriting? Definisi Underwriting
Definisi Shell Bank
Definisi Too Big to Fail
Apa itu Emiten? Definisi Emiten
Apa itu Dompet Digital? Definisi Dompet Digital
Apa itu Remunerasi? Definisi Remunerasi
Apa itu Capital Expenditure? Definisi Capital Expenditure
Apa itu Likuidasi? Definisi Likuidasi
Definisi Polis Lapse


Bagikan Ke Teman Anda