Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Download Template Business Plan / Rencana Bisnis

Business plan atau rencana bisnis adalah dokumen formal yang berisi rencana perusahaan menyeluruh seperti tujuan perusahaan, kapan tujuan tersebut dapat tercapai, strategi apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, bagaimana rencana keuangan dalam rangka mencapai tujuan tersebut, dll.

Bisa dikatakan business plan adalah road map perjalanan perusahaan. Walaupun pada kenyataannya tidak semua hal dalam rencana bisnis tersebut bisa dijalankan, namun dengan adanya business plan, perusahaan memiliki guideline dalam melakukan operasionalnya.

Tujuan Business Plan

Tujuan pembuatan rencana bisnis antara lain:

1. Sebagai guideline perusahaan dalam melakukan kegiatan usahanya.

Telah disebutkan di atas, walau rencana bisnis tidak harus dilakukan sepenuhnya, namun dengan adanya business plan ini, perusahaan selangkah lebih maju karena road map-nya sudah ada.

Dengan adanya rencana bisnis, pengusaha dapat memprioritaskan hal-hal tertentu yang bisa dijalankan untuk mencapai tujuan bisnis. Dengan adanya prioritas, sumber daya akan lebih terfokus dalam menjalankan operasional perusahaan.

2. Untuk mencari pendanaan baru

Perusahaan yang butuh uang untuk ekspansi kegiatan usahanya bisa datang ke bank atau investor. Investor pasti ingin tahu perusahaan ingin melakukan apa dengan dana yang akan masuk.

Dengan adanya rencana bisnis, investor bisa tahu bahwa pengusaha memang serius dalam mengelola bisnisnya. Selain itu investor bisa tahu juga prediksi keuntungan yang akan diperoleh, dan apakah bisnis dapat mengembalikan uang yang dipinjamnya.

3. Mempermudah kontrol perusahaan

Pengusaha yang telah membuat rencana bisnis, lebih mudah dalam mengontrol bisnis, mereka bisa melihat peluang dan risiko yang akan terjadi dengan bisnis.

Dengan peluang dan risiko yang ada, pengusaha dapat mengontrol apa saja yang harus diperbaiki dalam perusahaan.

Struktur Umum Business Plan

Rencana bisnis biasanya berisi:

  • executive summary
  • mission statement
  • business description
  • business environment analysis
  • SWOT analysis
  • industry background
  • competitor analysis
  • market analysis
  • marketing plan
  • operations plan
  • management summary
  • financial plan
  • milestones

Download Template Business Plan

Nah setelah tahu beberapa tujuan dari pembuatan rencana bisnis, selanjutnya kita bisa membuat rencana bisnis sendiri. Anda dapat membuat rencana bisnis secara manual atau berdasar template yang sudah ada.

Berikut adalah beberapa template business plan yang dapat anda download. Kami telah kumpulkan beberapa template rencana bisnis yang sifatnya gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja.



Download Template Marketing Plan / Rencana Pemasaran
Download Template Action Plan / Rencana Tindakan
Bagaimana Cara Menjadi Orang yang Disegani dan Dihormati?
7 Habit/Kebiasaan agar Meraih Sukses di Kantor
Apa itu Pengadilan Pajak? Definisi Pengadilan Pajak
Apa itu Kurs? Definisi Kurs/Nilai Tukar
Apa itu Bancassurance? Definisi Bancassurance
Apa itu Konsinyasi? Definisi Konsinyasi
Download Template Action Plan / Rencana Tindakan
Apa itu Dompet Digital? Definisi Dompet Digital


Bagikan Ke Teman Anda