Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Fungsi dan Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga Keuangan Bukan Bank, atau yang biasa disingkat sebagai LKBB sangat berperan penting dalam perkembangan perekonomian Indonesia. LKBB dengan semua karakternya, mendorong pergerakan ekonomi, dengan mengoptimalisasi pola konsumsi. Dengan demikian, tidak ada masalah stagnansi karena pola konsumsi yang rendah.

Definisi Lembaga Keuangan Bukan Bank

LKBB sebenarnya adalah badan usaha atau lembaga yang memiliki aktivitas terkait keuangan, yang secara langsung maupun tidak, mengumpulkan dana masyarakat. Sesuai SK Menteri Keuangan RI, LKBB berhak menerbitkan surat berhaga serta menyalurkan dana yang telah dihimpun untuk berinvestasi pada berbagai usaha atau perusahaan.

Fungsi LKBB di Indonesia

Dengan pengertian yang telah dijelaskan di atas, dapat kita simpulkan bahwa LKBB memiliki banyak aktivitas keuangan. Berbagai aktivitas ini, jika dikembangkan dengan baik, akan dapat memberikan banyak manfaat untuk berbagai sektor. Berikut ini adalah fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank yang ada di Indonesia.

  • Tempat Menyimpan Uang

Beberapa jenis LKBB menjadi alternatif tempat menyimpan uang bagi orang yang tak ingin membuka rekening di bank, atau sekedar ingin memisahkan uang untuk berbagai kepentingan. Dengan adanya alternatif ini, masyarakat memiliki cara lain untuk menabung dan mengatur keuangan mereka.

  • Menyediakan Modal

Sama seperti bank yang menyediakan uang untuk dapat dipinjam sebagai modal, LKBB juga memiliki fasilitas penyediaan modal. Modal ini dapat diakses perseorangan untuk usaha kecil dan menengah, atau perusahaan-perusahaan swasta. Tiap lembaga punya kebijakan masing-masing terkait syarat dan ketentuan penyediaan modal.

  • Pengadaan Kredit

Sebagian LKBB juga menyediakan jasa untuk pembelian barang-barang tertentu seperti motor, handphone, laptop, mobil dan masih banyak lagi. Dengan kontrak kredit yang jelas di awal, Anda bisa mengetahui jumlah yang perlu Anda cicil setiap bulan untuk barang yang dibeli. Pengadaan kredit ini dapat dimanfaatkan sesuai dengan kesanggupan membayar.

Untuk pengajuan kredit, biasanya para petugas LKBB akan melakukan survey terlebih dulu. Disetujui atau tidaknya pengajuan Anda, sangat tergantung pada nominal kesanggupan membayar, jumlah tanggungan, serta reputasi Anda dalam mencicil kredit sebelumnya.

  • Pengajuan Pinjaman

LKBB juga ada yang memberikan pinjaman, disertai dengan jaminan. Dengan demikian, Anda dapat menjaminkan harta berharga untuk dinilai, kemudian dicairkan pinjamannya. Yang patut diperhatikan adalah adanya bunga yang dikenakan, serta denda bila terlambat membayar. Jika Anda menggunakan fasilitas ini, baca dengan baik ketentuannya.

  • Pelaksana Kegiatan Keuangan

LKBB dapat melakukan berbagai kegiatan keuangan selain yang telah disebutkan di atas. Meskipun demikian, semua jenis aktivitasnya harus sesuai dengan persetujuan dari menteri keuangan Indonesia. Kegiatan keuangan ini nantinya diharapkan dapat mendorong pembangunan industri dan perkembangan perekonomian Indonesia.

Contoh LKBB di Indonesia

Sebenarnya ada banyak sekali contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank yang ada di Indonesia. Namun setidaknya ada 7 contoh LKBB yang sangat mudah ditemui, dan sangat populer.

  • Leasing

Perusahaan multifinance (pembiayaan keuangan) atau leasing, adalah jenis LKBB yang menawarkan pembayaran kredit atau cash untuk barang-barang tertentu. Sistem yang digunakan adalah pembelian secara angsuran digabungkan dengan kontral sewa. Leasing menyediakan layanan tak hanya untuk perorangan, tapi juga perusahaan.

Contoh dari perusahaan leasing yang populer adalah PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk, PT. Summit Oto Finance, PT. Astra Credit Companies (ACC), PT. BFI Finance, PT. Federal International Finance (FIF), serta PT. Indomobil Finance Indonesia. Anda bisa mengajukan kredit untuk berbagai hal, misalnya kendaraan bermotor.

  • Asuransi

Perusahaan yang bergerak di bidang asuransi kini sudah sangat banyak. Asuransi menghimpun dana masyarakat dengan cara menarik premi dengan jumlah yang telah disepakati pada awal kontrak. Jumlah premi dan polis asuransi bisa saja berbeda, tergantung dari kesepakatan awal antara pihak asuransi dan nasabah.

  • Modal Ventura

Dengan pembiayaan bermodel obligasi, modal ventura menawarkan modal untuk perusahaaan dengan potensi bisnis besar. Biasanya, potensi bisnis ini diiringi dengan resiko yang cukup tinggi juga.

  • Koperasi Simpan Pinjam

LKBB yang satu ini sangat populer di masyarakat. Koperasi memiliki daftar keanggotaan, dan mengolah uang dari anggota untuk berbagai aktivitas keuangan. Tujuan dari dibentuknya koperasi simpan pinjam adalah untuk menyejahterakan anggotanya. Contoh LKBB ini adalah KUD, KSU, dan Koperasi Pasar.

  • Perusahaan Dana Pensiun

Perusahaan-perusahaan tertentu serta lembaga-lembaga, bekerja sama dengan LKBB ini untuk menyisihkan dan menyimpan sebagian dari gaji karyawan tiap bulan. Nantinya pada masa pensiun, uang ini akan dikembalikan tiap bulan. Bisa disimpulkan, perusahaan dana pensiun menyediakan layanan tabungan jangka panjang.

Contoh dari perusahaan dana pensiun yang paling terkenal adalah PT Taspen. Namun selain itu sebenarnya ada juga BPJS Ketenagakerjaan, PT Asabri, DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) dan DPPK (Dana Pensiun Pemberi Kerja.

  • Pegadaian

Pegadaian adalah satu BUMN yang bergerak dalam bidang penyaluran kredit dengan hukum gadai. Harapan dari LKBB ini adalah masyarakat tidak akan lagi terjebak rentenir. Proses yang dibutuhkan untuk pengajuan kredit ini juga tidak lama. Namun sesuai hukum gadai, ada barang yang harus dijasikan jaminan.

  • Pasar Modal

LKBB ini memperdagangkan saham, equitas, obligasi, surat pengakuan hutang, dan surat berharga lainnya. Pasar modal atau bursa efek hanya melayani jual beli surat berharga yang dikeluarkan oleh pemerintah atau perusahaan secara resmi.

Dengan banyaknya layanan Lembaga Keuangan Bukan Bank, masyarakat kini punya berbagai pilihan untuk terus memajukan perekonomian, baik dalam skala mikro maupun makro. Dengan sinergi masyarakat dan LKBB, perekonomian Indonesia akan terus bergerak dan berkembang. Agar aman, pilihlah layanan LKBB resmi yang telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang fungsi dan contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Tugas dan Fungsi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)? Mengapa Lembaga ini Dibuat?
Apa Fungsi Laporan Keuangan?
Apa Tugas dan Fungsi Bank Indonesia (BI)? Mengapa Harus Ada Bank Indonesia?
Apa itu Standar Akuntasi Keuangan? Apa Fungsi Standar Akuntansi Keuangan?
Apa Tugas dan Fungsi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)? Mengapa LPS didirikan?
Inilah Jenis Lembaga Keuangan di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui
Apa Fungsi ATM Sebenarnya?
Neraca Lajur: Pengertian, Fungsi, dan Pembuatan
Apa itu Barang Subtitusi? Berikut Contoh Barang Subtitusi!
Apa Itu Barang Komplementer? Berikut Contoh Barang Komplementer


Bagikan Ke Teman Anda