Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Hal-hal Apa yang Ditanyakan Analis Kartu Kredit Bank?

#analisis kartu kredit #tip kartu kredit

Pengajuan permohonan kartu kredit yang Anda lakukan biasanya terdiri dari dua tahap: (1) pengisian formulir soal data pribadi Anda dan penyertaan dokumen-dokumen yang diperlukan, dan (2) verifikasi data yang telah Anda berikan. Aplikasi kartu kredit Anda tidak akan serta merta disetujui dan jadi setelah tahap pertama, akan ada selang waktu 1-2 minggu hingga akhirnya analis bank yang bersangkutan menghubungi Anda untuk melakukan tahap kedua.

Apa sajakah yang ditanyakan saat verifikasi?

Saat analis bank menghubungi Anda melalui telepon, akan ada beberapa hal yang ditanyakan sehubungan dengan data-data yang telah Anda berikan sebelumnya. Pihak bank juga mungkin tidak hanya menelepon Anda, tapi juga nomor rumah dan kantor yang Anda cantumkan di formulir, sebagai bagian dari proses verifikasi data tersebut. Berikut pertanyaan yang diajukan oleh analis bank:

Saat menghubungi Anda langsung

  1. Konfirmasi apakah Anda memang mengajukan permohonan kartu kredit dan telah mengisi/tanda tangan formulir
  2. Nama dan alamat lengkap Anda
  3. Tempat dan tanggal lahir
  4. Nama ibu kandung Anda
  5. Perusahaan tempat Anda bekerja
  6. Posisi Anda di perusahaan tersebut
  7. Berapa lama Anda telah bekerja di sana
  8. Besarnya gaji (bila merupakan karyawan) atau pendapatan (bila merupakan wiraswasta) per bulan
  9. Nama orang yang tinggal serumah dengan Anda
  10. Nomor rekening payroll Anda.
  11. Jenis kartu kredit yang Anda inginkan.

Ingatlah untuk menjawab semua hal di atas secara jujur dan sesuai dengan apa yang Anda isikan di formulir. Bila terdapat keanehan saat verifikasi atau ketidaksinkronan data, hal ini dapat memengaruhi persetujuan kartu kredit Anda.

Sangat menghubungi rumah Anda

Pihak bank juga mungkin menghubungi nomor telepon rumah Anda bila Anda mencatumkannya di formulir. Mereka pun akan mengonfirmasi apakah alamat pada nomor tersebut sesuai dengan yang ada di formulir dan apakah Anda memang tinggal di situ. Pihak bank akan mempertanyakan hubungan Anda dengan si penerima telepon apakah anak, saudara, atau majikan serta status Anda dan berapa lama Anda telah menempati rumah dengan alamat tersebut. Beritahu orang yang tinggal di rumah Anda untuk bersiap bila sewaktu-waktu ditelepon oleh pihak bank, minta mereka untuk menjawab apa adanya/sesuai dengan isi formulir bila pertanyaan-pertanyaan di atas muncul.

Saat menghubungi kantor Anda

Meskipun hal ini jarang terjadi, namun ada bank yang akan menghubungi kantor Anda untuk memverifikasi informasi mengenai Anda. Dalam hal ini, setiap kantor pun memiliki kebijakan sendiri-sendiri. Biasanya mereka hanya sekadar mengonfirmasi apakah benar Anda bekerja di sana, apa posisi Anda, dan telah berapa lama Anda bekerja di sana. Hal-hal yang sifatnya pribadi dan rahasia seperti besar gaji mungkin tidak akan diungkapkan tergantung kebijakan kantor.

Namun tidak ada salahnya untuk mengabari pihak HRD/personalia di perusahaan Anda bila Anda memang memberikan nomor telepon kantor dalam formulir pengajuan kartu kredit bahwa pihak bank mungkin akan menghubungi mereka sebagai bagian dari proses pengajuan kartu kredit Anda.

Bagaimana bila setelah verifikasi telepon, pengajuan kartu kredit Anda ditolak?

Anda dapat menanyakan perihal ini secara langsung kepada bank yang bersangkutan. Ingat bahwa Anda harus tetap sabar dan percaya diri, sehingga jangan menghubungi pihak bank dengan nada yang tidak simpatik atau kasar. Tetaplah ramah dan sopan saat menghubungi mereka karena hal ini akan menunjukkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi. Selain untuk menggali informasi tentang mengapa pengajuan kartu kredit Anda ditolak, Anda mungkin bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuat pihak bank mempertimbangkan kembali keputusan mereka.

Hal-hal yang bisa Anda tanyakan atau bahas dengan analis bank:

  • Alasan pengajuan Anda ditolak

Apakah ada kriteria kualifikasi yang belum terpenuhi. Mungkin Anda telah memiliki kartu kredit sebelumnya dan ada sejarah buruk dalam catatan kredit Anda, persiapkan penjelasan dengan jujur dan apa adanya agar analis dapat bersimpati dengan kondisi Anda pada saat itu. Penting juga menjelaskan bahwa hal tersebut belum pernah terjadi sebelumnya dan yakinkan bahwa tidak akan terjadi lagi.

  • Paparkan status dan tujuan Anda

Bila Anda merupakan nasabah lama bank tersebut, bisa juga Anda sebutkan dalam percakapan bahwa selama ini Anda puas dengan pelayanan dan fasilitas mereka, karenanya Anda ingin memiliki komitmen finansial lebih dengan mereka.

Tunjukkan bahwa Anda familier dengan istilah-istilah kredit dan ingin lebih bertanggung jawab lagi secara finansial. Bila ada rencana finansial jangka panjang yang membutuhkan peringkat kredit baik, Anda bisa menjelaskan hal ini pada mereka. Hal yang to the point semacam ini dapat menunjukkan besarnya nilai kerjasama ini bagi Anda dan seberapa pentingnya approval pengajuan kartu kredit Anda tersebut.

  • Bersiaplah bila masih ditolak

Bila analis bank nampak belum mempercayai Anda, coba tanyakan kembali dengan aplikasi dan peringkat kredit yang Anda miliki, berapa kredit minimum yang dapat Anda ajukan agar aplikasi Anda disetujui. Atau tanyakan jenis kartu kredit lain yang mungkin dapat Anda penuhi kualifikasinya.

  • Tetap sopan dan percaya diri

Berterima kasihlah pada pihak bank atas waktu yang telah mereka luangkan. Ingatlah untuk tetap sopan dan percaya diri selama berkomunikasi dengan mereka, karena verifikasi ulang seperti ini bukanlah taktik untuk mendesak pihak bank agar memberi Anda kredit, namun kesempatan untuk meyakinkan mereka bahwa aplikasi Anda sudah sesuai fakta dan mereka menilai secara fair soal pantas tidaknya Anda mendapat pinjaman dari mereka.

Dengan beberapa poin di atas, kini analis bank mendapatkan informasi baru tentang Anda dan mungkin punya alternatif yang tidak Anda ketahui atau pikirkan sebelumnya. Hal ini memang tidak menjamin bahwa pengajuan Anda akan diterima setelahnya, tapi tidak ada salahnya untuk tetap berusaha dan bertanya, bukan?

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai proses verifikasi kartu kredit. Semoga apa yang kami sampaikan dapat membantu.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang ditanyakan analis kartu kredit bank, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kesalahan, kredit konsumsi, kredit tanpa agunan, menabung, menghitung, orang kaya, Redenominasi, rugi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.