Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Kredit Motor

#kredit motor #tip kredit

Seperti kita ketahui memiliki kendaraan bermotor akan sangat membantu kita dalam berkativitas, mobilitas kita akan semakin mudah. Motor adalah sarana transportasi yang sangat merakyat. Dengan motor setiap kalangan dapat menikmati bepergian kemanapun dengan mudah dan bebas. Ditambah lagi kemajuan era digital yang menjadikan transportasi motor sebagai sarana transportasi publik seperti ojek online.

Memiliki motor bisa dikatakan sudah menjadi sebuah kebutuhan, tidak heran pada jaman sekarang sangat sedikit jumlah orang yang belum memiliki motor. Hal ini juga dipicu dari mudahnya untuk memiliki motor. Dengan kemudahan yang diberikan oleh badan-badan pemberi pinjaman atau badan pembiayaan, membantu masyarakat dengan ringan dan sesuai kemampuan memiliki motor sesuai dengan kebutuhannya.

Tapi ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit motor. Apa saja hal-hal tersebut mari simak beberapa langkah berikut ini.

1. Memilih Jenis dan Tipe

Langkah pertama adalah kenali kebutuhan kita. Sebelum kita memutuskan membeli motor, cobalah untuk mengenali kebutuhan kita terhadap motor tersebut. Kita bisa memulainya dari penggunaan sehari-hari dan disusul dengan mempertimbangkan anggota keluarga yang akan sering menggunakan motor tersebut. Suatu misal apabila keluarga kita adalah keluarga kecil dengan anggota keluarga tiga atau empat orang, maka pilihlah jenis motor yang dapat mengakomodir kebutuhan transportasi kita. Memilih berdasarkan selera merupakan hal wajar dan sah-sah saja. Akan tetapi kita juga harus mempertimbangkan kebutuhan yang lainnya. Bagi kita yang masih single atau belum berkeluarga, memiliki motor sport tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri. Dan menjadi hal yang lumrah. Tetapi hal ini jelas tidak mungkin diterapkan bagi kita yang sudah berkeluarga.

2. Memilih Harga dan Perusahaan Pembiayaan

Memilih perusahaan pembiayaan sebenarnya tidaklah sulit, mengingat dealer motor dewasa ini sudah banyak yang telah secara resmi bekerjasama dengan perusahaan pembiayaan atau leasing. Kita dapat menanyakan kepada sales dari dealer, leasing mana yang lebih baik atau mempunyai penawaran yang bagus. Meskipun kita tidak boleh seratus persen percaya dengan sales dealer akan tetapi referensi awal dari mereka dapat juga kita jadikan sebuah pertimbangan. Cobalah memilih leasing yang mempunyai aturan lebih lues dalam hal denda. Dan juga memiliki bunga yang lebih rendah. Selain leasing memilih dealer yang tepat juga menghemat. Seperti diketahui harga dari masing-masing dealer berbeda-beda walaupun kadang terpaut tidak begitu jauh dari harga pasaran.

3. Lokasi Perusahaan Pembiayaan

Lokasi dari perusahaan pembiayaan juga mempengaruhi pada proses pengajuan Anda, selain akan lebih cepat karena proses survey yang tidak terlalu rumit. Selain itu lokasi juga akan membantu leasing dalam mengidentifikasi data penunjang lainnya. Selain itu dengan jarak yang dekat akan memudahkan kita apabila terjadi hambatan dikemudian hari.

4. Persyaratan Administrasi

Persiapkan terlebih dahulu perlengkapan administrasi yang dibutuhkan sebelum mengambil kredit motor. Biasanya leasing akan membutuhkan Salinan atau copy dari surat-surat administarsi kependudukan kita, seperti KTP suami istri bagi yang sudah menikah, Kartu keluarga dan juga rekening listrik. Nah yang paling penting adalah surat keterangan penghasilan atau slip gaji, bagi kita yang bekerja sebagai wiraswata, kita dapat menggunakan rekening koran 3 bulan terakhir untuk dilampirkan. Dan petugas leasing biasanya akan melakukan survey di tempat usaha yang kita miliki. Persiapakan administrasi tersebut jauh sebelumnya agar kita tidak terburu-buru menyiapkannya.

5. Perhatikan Jenis Asuransi

Tanyakan seputar asuransi yang diberikan kepada kita, biasanya leasing sudah memasukkan biaya asuransi didalam angsuran bulanan kita. Akan tetapi yang berbeda terkadang adalah jenis asuransinya. Cobalah menanyakan apakah asuransi yang diberikan. Apakah asuransi kehilanagkah atau ada asuransi yang lainnya. Dan jangan lupa untuk menanyakan proses kalim apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Proses Penarikan Kendaraan

Kita wajib juga menanyakan dan membaca klausal yang ada pada leasing apakah kebijakan yang akan dilakukan perusahaan pembiayaan apabila kita terlamabt untuk membayar. Memang biasanya leasing akan mengirimkan debt collector atau juru tagih untuk menagihkan angsuran kita sampai dengan batas waktu yang ditentukan. Namun setelah itu leasing akan mengambil paksa atau menarik kendaraan kita. Disinilah perlu kehati-hatian kita dalam penandatangan klausul dari setiap leasing. Karena pemerintah melalui kementrian keuangan sejak tahun 2012 telah melarang adanya penarikan paksa. Yang ada adalah kasus itu harus dibawa kepengadilan dan hasil dari putusan sidang itulah yang memutuskan kendaraan di kembalikan untuk dilelang atau kah debitur diberi jangka waktu untuk melunasi kewajibannya. Apabila pengadilan memutuskan untuk ditarik maka hasil dari penjualan akan digunakan sebagai biaya kredit sebelumnya.

Demikian beberapa hal yang dapat kita perhatikan sebelum kita memutuskan untuk mengajukan kredit motor. Semoga dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan bagi Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kredit motor, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, deposito, fraud, hutang kartu kredit, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.