Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ide Marketing untuk UKM

Bagi Anda yang memiliki usaha kecil menengah, mungkin Anda mulai menyadari pergeseran pola dalam aktivitas perdagangan masyarakat. Sebelumnya, aktivitas jual beli dilakukan secara langsung atau tatap muka. Namun, dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, aktivitas jual belipun bisa dilakukan secara online. Penjual hanya perlu memasang produknya di platform jual beli dan konsumen akan menyeleksi produk mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

Di satu sisi, fenomena ini menjadikan aktivitas perdagangan semakin kompetitif,  siapa yang terus mengikuti perkembangan jaman, maka dia yang akan bertahan. Namun di sisi lain, hal ini juga memberikan kesempatan besar bagi pelaku usaha untuk memaksimalkan pemasaran.

Dengan pemasaran secara online, banyak hal-hal kreatif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pemasaran. Selain itu, pasar juga semakin luas. Hanya orang yang optimis yang bisa melihat ini sebagai kesempatan besar. Nah, untuk Anda pelaku usaha, di sini kami akan membagikan beberapa ide marketing untuk usaha kecil menengah.

1. Content Marketing

Konten adalah salah satu solusi terbaik bagi Anda yang ingin menjangkau pasar yang luas dengan budget terbatas. Menggunakan konten, Anda dapat meginformasikan produk atau jasa yang Anda tawarkan ke banyak orang. Dan tempat terbaik untuk memasang konten adalah dengan menggunakan blog. Anda dapat membuat blog khusus bisnis yang Anda miliki. Masukkan konten-konten yang berisikan detail mengenai usaha Anda, misalnya mengenai detail produk yang Anda tawarkan, manfaat menggunakan produk Anda, cara melakukan pemesanan produk, dan berbagai konten seperti artikel-artikel untuk mengenalkan pengunjung dengan produk Anda.

Misalnya Anda menjual minyak rambut untuk mengatasi rambut rontok. Maka Anda dapat membuat artikel mengenai cara mengatasi rambut rontok dan cara mengatasinya. Nah, sisipkan produk Anda sebagai salah satu solusi untuk masalah rambut rontok. Kemudian apabila pengunjung ingin mengetahui lebih lanjut, buat link yang dapat mengarahkan pengunjung mengenai detai produk tersebut.

2. Menggunakan Infografis

Infografis adalah suatu konten yang berisikan informasi dalam bentuk grafis. Dibanding konten blog atau artikel, infografis dinilai lebih menarik untuk dibaca. Infografis menyampaikan informasi langsung ke poin-poinnya. Berbeda dengan konten artikel yang juga menyertakan detail-detail informasi. Nah, apabila Anda ingin membuat konten untuk media sosial seperti instagram atau facebook, maka sebaiknya buatlah konten berupa infografis.

Tapi tidak bisa dipungkiri, untuk membuat infografis, Anda perlu memiliki kemampuan desain. Anda dapat membuat infografis secara instan menggunakan aplikasi gratis yang dapat digunakan secara online atau membayar seseorang yang profesional untuk membuatkannya. Untuk masalah ini, tergantung dengan budget yang Anda miliki.

3. Video Marketing

Selain konten, Anda juga dapat menggunakan video untuk mengenalkan bisnis Anda. Apalagi melihat era saat ini dimana banyak orang lebih suka melihat informasi dalam bentuk audio visual. Video dapat menjadi sarana yang efektif untuk meyakinkan penonton bahwa produk Anda benar-benar nyata dan bisa mengatasi masalah yang dimiliki penonton.

Terlebih apabila Anda dapat membuat video yang menarik hingga menjadi viral, maka akan ada banyak orang yang mengenal produk Anda. Memang dibanding konten blog, pembuatan video membutuhkan usaha dan biaya yang lebih, namun sebanding dengan itu, video juga lebih menarik dibanding dengan blog.

4. Perbaharui Konten Lama

Membuat suatu konten memang membutuhkan waktu yang lama. Terutama apabila konten yang perlu dibuat ada banyak. Membuat konten sendiri akan memakan waktu, sedangkan membayar orang untuk membuatkannya untuk Anda juga akan memakan dana.

Nah, kalau budget Anda memang terbatas, solusinya adalah dengan memperbaharui konten lama Anda. Cari konten lama yang memiliki format sama dengan konten yang ingin Anda buat, kemudian edit dan modifikasi konten tersebut untuk menghasilkan konten baru dengan tujuan yang berbeda.

5. Buat Kaos untuk Mengenalkan Bisnis

Nah, strategi marketing lainnya yang dapat Anda gunakan adalah dengan membuat kaos. Pembuatan kaos memang membutuhkan modal yang banyak, tapi apabila Anda yakin bahwa kaos tersebut dapat menyentuh pasar, maka jangan ragu untuk mencoba. Saat ini, banyak kaum pemuda lebih suka menggunakan kaos yang casual namun memiliki desain yang menarik.

Oleh karena itulah, banyak sekali penjualan kaos-kaos di toko-toko online. Dengan pembuatan kaos, Anda dapat mengenalkan bisnis ke banyak orang dengan cara memasukkan informasi bisnis ke dalam desain kaos, misalnya saja brand atau logo. Apabila kaos tersebut dikenakan oleh pembeli, maka secara tidak langsung pembeli tersebut akan mengenalkan bisnis Anda melalui kaos yang ia kenakan.

6. Pemasaran Menggunakan Email

Pemasaran memanfaatkan email dapat menjadi strategi bisnis yang murah sekaligus efektif bagi Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan email pengunjung website sebanyak-banyaknya. Setelah itu, gunakan software untuk mengirimkan pesan email ke semua alamat email pengunjung sekaligus. Pesan tersebut berupa konten yang berisi informasi mengenai produk Anda. Buat konten semenarik mungkin yang membuat pelanggan potensial penasaran dengan produk Anda. Dan hindari juga konten yang terkesan memaksa dan melebih-lebihkan produk Anda.

7. Manfaatkan Quora

Mungkin beberapa dari Anda masih asing dengan platform Quora. Quora adalah salah satu media yang paling populer di dunia, dimana setiap hari akan ada banyak orang menuliskan pertanyaan dan setiap pengunjung bebas berkomentar memberikan jawaban. Nah, ini dapat menjadi kesempatan Anda untuk mengenalkan produk yang Anda miliki.

Caranya bagaimana? Buat pertanyaan yang bisa memberikan celah bagi Anda untuk mengenalkan produk. Apabila pertanyaan tersebut berhubungan erat dengan masalah sehari-hari, maka akan ada banyak pengunjung potensial yang menemukan pertanyaan Anda. Nah, Anda dapat post jawaban mengenai solusi dari pertanyaan yang Anda buat.

Tidak perlu langsung mengarah ke produk Anda, justru itu akan membuat pengunjung enggan menggubris komentar Anda. Melainkan buat komentar yang meyakinkan yang bisa menjadi solusi bagi masalah tersebut, baru kemudian sertakan sedikit informasi mengenai produk Anda.

Semakin hari persaingan bisnis memang semakin kompetitif, namun ini bisa menjadi dorongan bagi Anda untuk semakin kreatif. Nah, mungkin sekian artikel kali ini mengenai ide marketing untuk usaha kecil menengah. Semoga artikel dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ide marketing untuk UKM, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ide-ide Startup yang Sering Gagal
Tip Budgeting untuk Usaha Kecil
Tip Mencari Ide Nama Apotek
Tips Mencari Ide Nama Acara/Event
7 Cara Memvalidasi Sebuah Ide
Tips Membuat Business Plan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)
Apa Beda Startup dan UKM?
Untung Rugi UKM Menerima Pembayaran Kartu Kredit
Tip Mempromosikan Produk dan Jasa UKM
10 Alasan Mengapa Usaha Kecil Butuh Akuntan


Bagikan Ke Teman Anda