Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ide Mencari Uang di Tahun 2020 Yang Terbukti Menghasilkan

Banyak tanggungan yang harus kamu bayar setiap bulannya? Atau sekedar untuk memenuhi kebutuhan harian saja sudah cukup melelahkan? Tidak perlu kuatir, saat ini banyak cara untuk mendapat penghasilan tambahan secara online. Kalau hal ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya, maka patut kamu coba setelah membaca artikel ini.

Mencari uang kini bukan hanya dengan bekerja di kantor yang mengharuskan kamu keluar rumah dan bekerja dari jam 8 sampai jam 4. Kini bekerja juga bisa dilakukan di rumah. Desainer, blogger, penulis, pebisnis, bahkan guru pun kini bisa bekerja dari mana saja. Mau tau bagaimana caranya? Simak beberapa ide cari uang di tahun 2020 yang bisa kamu lakukan di mana saja.

1. Menjadi Pengajar

Mengajar sekarang bisa dilakukan di mana saja, bahkan dengan melalui gadget seperti ponsel ataupun laptop, guru bisa mengajar para muridnya. Di Indonesia ada Ruang Guru, yang membuka peluang tidak hanya bagi murid untuk menambah ilmu, tetapi juga untuk para guru untuk melatih skill dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Cukup unduh aplikasinya, lalu kamu bisa mendaftarkan diri kamu sebagai pengajar, sesuai dengan keahlian kamu. Tidak hanya pelajaran wajib yang kamu di sekolah, tapi kamu juga bisa mengajarkan hal lain seperti olahraga, kesenian, bahasa asing, dan lain-lain. Semua dijelaskan dengan mudah di aplikasi.

Ini dapat membantu kemampuan kamu mengajar, agar semakin meningkat saat kamu mengajar di kelas sungguhan, selain itu kamu juga mendapat penghasilan dengan cara membagi ilmu yang kamu miliki ke orang lain. Pekerjan yang mulia, bukan?

2. Menjadi Freelancer

Masih bingung dengan konsep freelancer dan bagaimana cara mendapatkan pekerjaannya? Saat ini ada banyak situs dan aplikasi khusus untuk freelancer, yang bisa diakses baik oleh pencari kerja dan juga pencari pegawai. Situs yang ada di Indonesia misalnya saja projects.co.id, freelancer.co.id dan juga sribulancer.com.

Caranya mudah. Kamu cukup registrasi dan mengisi biodata sesuai dengan keahlian yang Kamu punya. Lalu mulai mencari kerja. Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan. Mulai dari admin sosial media, desainer, penulis, pengisi suara, dan lain-lain. Jika kamu menemukan pekerjaan yang sesuai, kamu bisa mengajukan lamaran kamu dan tunggu hasilnya.

Ketika lamaran kamu diterima, kerjakan tugas dengan baik dan jangan sampai mlewati deadline. Kuncinya memang harus sabar. Sama seperti melamar pekerjaan di perusahaan, ada yang diterima, ada yang ditolak. Karena itu, kamu harus sabar dan terus berusaha. Jangan menyerah dan malas setelah ditolak 1-2 kali, justru teruslah berusaha,  karena pekerjaan untukmu pasti ada di luar sana.

3. Mengelola Media Sosial

Ini memang terdengar sangat sepele, tapi tidak bisa dilakukan oleh semua orang, lho. Kamu harus punya kemampuan dalam bersosial media, yang memang tidak dimiliki semua orang. Harus komunikatif. Komunikatif di dunia nyata bukan berarti bisa komunikatif di social media. Karena akun seperti ini biasanya punya tema, visi, misi tertentu. Bukan hanya mengunggah sesuatu secara random.

Apa yang kamu unggah harus sistematis, penuh perencanaan dari mulai foto, video hingga caption, agar feed-mu menarik dan menarik banyak pengunjung atau follower. Pekerjaan ini cocok buat kamu yang suka bermain social media dengan kemampuan membuat caption yang oke.

Akan lebih baik lagi kalau apa yang kamu unggah ke social media bisa menginspirasi orang lain dan juga berisi postingan yang positif. Dengan begitu, tidak hanya menghasilkan uang untuk dirimu sendiri, tapi kamu juga berkontribusi dalam menyebarkan hal positif untuk orang lain. Jadikan sosial media menjadi tempat yang menyenangkan.

4. Buka Toko Online

Sekarang jualan tidak harus di toko sungguhan, tapi bisa secara online. Kamu bisa berjualan apa saja, mulai dari makanan, pakaian, kebutuhan sehari-hari, dan lain-lain tanpa harus bertemu langsung dengan pembeli. Cukup buat akun di sosial media yang kamu pilih, dan unggah barang daganganmu, promosikan ke teman dan keluarga sebagai awal.

Pertama, kamu cukup mengelola satu akun jualan saja dan fokus di sana agar tidak kerepotan.  Kalau sudah mulai berkembang dan kamu mulai terbiasa, bisa buka juga akun di e-commerce yang kini sudah mulai banyak di indonesia. Karena di sana peluangmu dalam berjualan biasanya lebih terbuka lebar, pelanggan bisa bertambah.

Kalau dirasa sudah kesulitan mengelolanya akun jualan di e-commerce, kamu bisa mempekerjakan admin untuk akun tokomu. Dengan begitu, admin lah yang mengurus segala pesan dan orderan yang masuk, kamu hanya tinggal memproses pesanan saja. Kalau tokomu semakin berkembang lagi, kamu bahkan juga bisa mempekerjakan orang untuk memproses pesanan di tokomu.

5. Jual Barang Bekas

Nah, yang satu ini juga menghasilkan uang. Coba perhatikan sekelilingmu. Apa ada barang-barang yang sudah tidak pernah kamu pakai lagi padahal kondisinya masih bagus? Daripada hanya tergeletak begit saja, akan lebih berguna kalau dijual. Kamu dapat uang tambahan, dan barangnya berguna bagi pembelinya.

Caranya? Kamu bisa meluncur ke berbagai toko online seperti carrousel.com, oxl.co.id atau Tokopedia dan juga Shopee. Lalu unggah foto dan deskripsi barang yang akan kamu jual. Kamu juga bisa promosikan jualanmu ke keluarga dan teman. Lalu tunggu, siapa tau ada yang membutuhkan.

Dengan begini, bisa juga kamu belajar menjadi penjual online sungguhan, lho. Daripada menumpuk barang yang tidak terpakai, sebaiknya dijual saja ke orang yang lebih membutuhkan dan bisa merawat barang itu dengan lebih baik, kan.

6. Menjadi Editor Online

Ada banyak artikel, naskah dan buku yang beredar dan akan beredar di luar sana. Ini semua membutuhkan proses sunting atau edit, dan pastinya butuh editor. Sementara penulis tidak bisa mengedit tulisannya sendiri, karena biasanya hasilnya tidak akan akurat. Dibutuhkan orang lain untuk mengecek karyanya.

Nah, pekerjaan sebagai editor online ini bisa kamu temukan secara online. Kamu bisa bekerja dari mana saja, rumah, kafe, taman, atau di mana pun yang menurutmu kondusif untuk bekerja. Tanpa harus bertemu langsung dengan si penulis. Semua karya tulis hanya dikirim lewat dunia maya, hasilnya pun kamu serahkan lewat dunia maya.

Tetapi, bekerja tanpa bertemu user bukan berarti hasil kerjanya asal-asalan, ya. Apalagi dalam mengedit karya tulis, kamu harus cermat dan teliti, jangan sampai ada salah ketik sedikit pun yang terlewat. Ini bisa jadi kesalahan serius, lho. Karena itu, sebebas-bebasnya pekerjaan freelance, tetap harus profesional juga.

7. Menulis e-book di Wattpad

Ini cocok buat kamu yang suka menulis. Baik itu cerpen, novel, artikel, apa bentuknya saja bisa. Wattpad adalah sebuah situs atau aplikasi di smartphone yang bisa menampung tulisan Kamu. Biasanya tulisan dalam format PDF dan bisa dibuka di gadget apapun. Penulils Wattpad yang populer bisa menghasilkan uang dari tulisannya, karena hingga saat ini pengunjung Wattpad sangat banyak, lho..

Bagaimana caranya? Kamu bisa memanfaatkan Patreon, sebuah situs untuk mengumpulkan dana bagi kreator konten. Jika tulisan kamu bagus, penggemar tulisanmu tidak akan segan mengeluarkan dana untuk suport kegiatan tulis-menulismu di Wattpad. Akan lebih baik kalu kamu menggunakan bahasa Inggris dalam menggunakan Patreon.

Cara lainnya adalah dengan menjual e-book yang kamu tulis. Kalau kamu sudah punya 1 karya tulis yang cukup populer, maka penggemar tulisanmu tidak akan ragu membeli karya selanjutnya. Kamu juga bisa mengirim karyamu ke penerbit, siapa tau pihak penerbit tertarik untuk menrbitkan bukumu, baik secara fisik maupun online.

8. Menjadi Blogger

Masih untuk yang hobi menulis. Ternyata ada banyak cara menulis dan menghasilkan uang. Menulis di blog juga bisa sangat menguntungkan, bahkan beberapa blogger sukses bisa menjadikan blog sebagai sumber pendapatan utama mereka. Membuat blog itu mudah, tetapi membuat blog jadi sukses memang ada triknya.

Yang jelas, apa yang kamu tulis di blog harus terencana dengan baik, bukan asal-asalan, yang penting ada konten. Apapun itu topiknya. Blog yang sukses bukan tergantung dari banyaknya konten, tetapi menari atau tidaknya konten tersebut. Kalau kamu menulis sesuatau yang tidak kamu pahami, lambat laun kamu akan bosan dan berhenti menulis. Jadi pilih topik yang kamu suka dan kuasai.

Lalu promosikan kontenmu. Promosi pun ada triknya agar tidak menjadi spam dan membuat orang kesa. Jangan terus-terusan menyodorkan tulisanmu ke teman dan keluarga. Kamu bisa menaruh link d unggahan meia sosialmu, tapi sertakan dengan caption menarik dan juga gambar. Selain itu, kamu juga bisa gabung di komunitas yang sesuai dengan tulisanmu.

9. Jualan Sayur Online

Ini sangat berguna, terutama di kota-kota besar di mana orang terlalu sibuk untuk belanja sendiri. Dan sangat pas untuk situasi saat ini ketika orang dianjurkan untuk beraktivitas di rumah. Kamu bisa menjadi penjual sayur online. Caranya? Kamu tinggal belanja sayur di pasar, dan dipromosikan di akun e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee.

Beli sayuran, lalu unggah fotonya, tentukan harganya. Ingat, harus dikemas dengan baik, agar saat sampai di pembeli, sayuran masih dalam keadaan baik, ya. Kamu harus rajin ke pasar dan mengetahui harga di pasar juga. Jadi produk yang kamu jual jatuhnya tidak kemahalan atau terlalu murah, sehingga malah merugikanmu.

Sosial media seperti Whatsapp juga bisa digunakan untuk promosi ke teman-teman dan keluarga, siapa tau ada yang membutuhkan jasamu, kan. Share bisnis sayur online milikmu di grup. Ingat, jangan spam, ya biar orang-orang tidak kesal. Dan juga promosilah di grup yang tepat.

10. Jadi Dropshipper di Toko Online

Sekarang ini, semakin banyak orang yang belanja online, sehingga peluang untuk menjadi dropshipper juga semakin besar. Apa itu dropshipper? Kamu menjual barang ke pembeli, brang yang kamu jual berasal dari vendor yang merupakan pihak ketiga. Jadi kamu tidak ikut memproses pesanan, intinya kamu hnya sebagai perantara saja.

Bukan berarti kamu bisa leha-leha, lho. Pertama, kamu harus cek toko atau vendor barang yang kamu jual. Terpercaya atau tidak. Proses kerja mereka lambat atau cepat. Kalau barang sering dikirim telat atau dalam kondisi yang tidak baik, itu aka merugikan tokomu juga. Kamu bisa kehilangan pelanggan karena vendor yang tidak profesional.

Ketika ada transaksi, kamu juga harus pantau perkembangannya. Apalagi kalau order dalam jumlah banyak. Sudah diproses atau belum, sudah dikirim atau belum, saat barang sampai ke pelanggan juga tanyakan bagaimana kondisi barangnya. Menjadi dropshipper harus komunikatif agar tetap terhubung dengan pelanggan dan juga vendor dengan baik.

Banyak cara kan, yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan? Sekarang bekerja pun bisa dari rumah atau di mana saja kamu berada. Tetapi perlu diingat, yang namanya bekerja, kita tetap harus bertanggung jawab pada tugas kita, tidak boleh lalai. Bekerja dari rumah bukan berarti bisa bermalasa-malasan. Tetap selesaikan pekerjaanmu dengan baik dan profesional. Selamat bekerja!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ide mencari uang di tahun 2020 yang terbukti menghasilkan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ngontrak Rumah dan Punya Banyak Uang atau Beli Rumah tapi Tak Punya Uang, Mana yang Lebih Baik?
Modus Penggelapan Uang oleh Karyawan
Tip Mencari Ide Nama Brand
13 Cara Membuang-membuang Uang
Tarik Tunai ATM tapi Uang Tidak Keluar? Ini Cara Mengatasinya!
Dampak Uang Elektronik Terhadap Uang Tunai
7 Cara Memvalidasi Sebuah Ide
Tip Menghemat Uang saat Liburan
Apakah Memiliki Banyak Uang Akan Membuat Kita Bahagia?
Uang Tidak Mampu Membeli Segalanya


Bagikan Ke Teman Anda