Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ide Resolusi Finansial Tahun 2019

Tahun 2018 sudah ada di penghujungnya, dan itu berarti Anda sudah semakin dekat pula dengan tahun 2019. Berbicara tentang tahun baru, tentunya ada banyak hal yang perlu kita persiapkan untuk memasuki tahun yang penuh tantangan ke depannya.

Salah satu yang perlu diperbarui tentu saja adalah resolusi finansial tahunan kita. Mulailah membangun tujuan baru atau mengembangkan tujuan lama yang sudah Anda capai di tahun 2018. Namun jika Anda belum memiliki ide untuk menyusun resolusi finansial di tahun 2019, maka Anda dapat mengikuti sejumlah ide brilian ini.

Ide Resolusi Finansial Tahun 2019

1. Mulailah Membuat Anggaran

Kebanyakan orang meremehkan tentang manfaat menyusun anggaran. Tahun depan, jangan lagi lewatkan hal itu! Memulai resolusi finansial tahun baru dengan membuat anggaran adalah sesuatu yang tepat. Dengan membuat anggaran, Anda bisa menentukan arah finansial Anda ke depannya, serta memberi batasan agar tindakan finansial Anda tidak melebar atau melebihi kapasitas.

Membuat anggaran dapat dilakukan dengan melacak kembali pengeluaran Anda selama tiga bulan terakhir. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan gambaran tentang pos-pos penting yang tidak boleh dilewatkan serta pos-pos mana saja yang selama ini menyedot terlalu banyak uang Anda.

Jika masih mengalami kesulitan, Anda bisa mengunduh aplikasi online yang akan membantu Anda dalam menyusun anggaran tahunan.

2. Menghemat Lebih Banyak Uang

Rasanya tidak mengherankan jika hal ini ada pada daftar teratas resolusi finansial Anda setiap tahunnya. Tentu semua orang ingin lebih banyak menyimpan uang dari pada menghambur-hamburkannya.

Lalu seberapa yang perlu dihemat? Pos keuangan mana saja yang bisa dipangkas? Tentu setiap orang memiliki jawaban masing-masing. Namun Anda dapat memulai misalnya saja dengan menghemat biaya makan, biaya belanja baju, biaya piknik, dan beberapa kemewahan lainnya. Yang terpenting adalah kerja keras serta komitmen kita untuk tidak tergoda pada hal-hal yang bersifat pemborosan.

3. Membayar Hutang

Hutang bisa berasal dari mana saja, baik itu hutang kartu kredit, tagihan kendaraan, atau pun pinjaman pribadi. Pastikan di tahun baru yang akan datang hutang Anda terlunasi, atau minimal berkurang 70 % dari sebelumnya.

Saat Anda berhasil melalui masa-masa sulit tersebut, maka saya jamin Anda akan menjadi manusia paling bahagia dan bebas di dunia ini. Beban berat yang ada di pundak akan segera terangkat, dan Anda bisa menetapkan langkah finansial yang lebih mantap serta memulai sebuah investasi atau bisnis baru.

4. Mengembangkan Rencana Finansial Jangka Panjang

Mengembangkan rencana finansial jangka panjang bisa diartikan dengan mulai menabung dana pensiun, menabung dana pendidikan, perawatan kesehatan, atau dengan kata lain: berinvesasi!

Jangan lupakan pula untuk mulai mendaftar pada asuransi jiwa. Hal ini sangat penting mengingat kita tidak akan tahu apa yang menimpa kita di masa depan. Ikut program asuransi jiwa dapat memberi rasa aman pada Anda dan keluarga jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada diri Anda.

5. Berhenti Merokok

Mungkin berhenti merokok adalah resolusi tetap Anda setiap tahunnya, jika belum juga berhasil, maka jangan putus asa dan menyerah. Mulailah lagi di tahun depan dengan merubah strategi atau motivasi.

Jangan lagi memikirkan tentang masalah kesehatan dan keuntungan yang diperoleh tubuh jika Anda berhenti merokok, tapi pikirkan berapa banyak uang yang bisa Anda hemat andai Anda mau mengalihkan uang rokok ke dalam tabungan Anda.

Bisa jadi dalam setengah tahun saja Anda sudah bisa membeli barang impian Anda jika Anda mau berkomitmen untuk berhenti merokok.

6. Ubah Situasi Kerja Anda

Anda mungkin sudah jenuh dengan pekerjaan yang sedang Anda geluti saat ini, bisa saja hal tersebut disebabkan oleh lingkungan kerja dan atasan yang tidak mendukung, pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat serta skill Anda, atau mungkin masalah gaji yang kurang memuaskan.

Jika memang hal tersebut Anda rasakan dan memberi beban terlalu berat dalam hidup Anda, maka saran saya adalah segeralah mengubah keadaan, bahkan apabila diperlukan, carilah pekerjaan baru yang sesuai dengan keinginan Anda.

Namun jika permasalahannya terletak pada gaji, sebaiknya Anda menghadap atasan dan mengutarakan keinginan untuk dapat peningkatan gaji atau promosi, hal ini lebih baik dibanding hanya diam dan merenungi nasib Anda.

Jangan lagi menyia-nyiakan hidup yang singkat ini dengan bergulat 8 jam seharian dengan sesuatu yang Anda benci.

7. Dapatkan Penghasilan Tambahan

Mulailah memikirkan untuk memperoleh dana tambahan dengan menjalani sejumlah pekerjaan di waktu luang Anda. Terlebih di era modern ini, Anda bisa mengandalkan internet atau media sosial untuk berjualan atau menjadi seorang freelancer.

8. Berikan Pos untuk Dana Darurat

Pos untuk dana darurat memang bukanlah sesatu yang populer di Indonesia, bahkan ada banyak orang yang merasa tidak membutuhkannya. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba mengalihkan sedikit dari pendapatan Anda ke dalam dana darurat tersebut. Jika pada akhirnya dana tersebut benar-benar tidak terpakai, maka Anda bisa memasukkannya dalam sebuah investasi.

9. Jalani Hidup yang Lebih Sehat

Diet merupakan salah satu resolusi tahunan wajib, baik itu dilakukan oleh pria maupun wanita. Lalu apa hubungannya diet dengan masalah finansial? Tentu ada, bayangkan saja jika Anda sukses menurunkan berat badan dan menjalani gaya hidup serta pola makan yang sehat, maka Anda tentu akan menghemat lebih banyak pengeluaran.

Mulai dari urusan pengobatan maupun anggaran untuk sekedar jajan dan membeli makanan yang berlebihan.

Ide resolusi tahunan yang kami bagikan di atas dapat Anda jadikan acuan untuk menyusun resolusi milik Anda sendiri di tahun 2019. Namun jangan hanya terpaku pada contoh-contoh di atas, Anda bisa mengembangkannya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan selama itu baik untuk Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ide resolusi finansial tahun 2019, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Hedonisme dan Mengapa Tak Baik untuk Keuangan Keluarga
5 Kebiasaan Soal Uang Ini Akan Membuat Anda Jadi Kaya
Trik Menjadi Kaya Secara Sosial dan Finansial
Tip Hidup Hemat, Murah, dan Sederhana
Alasan Mengapa Kamu Tidak Bakal Jadi Kaya?
12 Aturan Keuangan yang Harus Dipahami oleh Anak-anak
Ini Pentingnya Personal Finance! Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi
Cara Mengatur Keuangan Bagi Anak Kost
Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Milenial
10 Tips Mengatur Uang Ala Orang Tiongha


Bagikan Ke Teman Anda