Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ingin Berhasil di Masa Depan? Kuatkan Mental Kamu dengan Tip Berikut!

Siapa yang tak ingin punya mental kuat? Tentu, semua orang ingin dirinya bermental baja. Tapi, untuk mencapai kondisi psikologis seperti itu butuh usaha dan pengorbanan luar biasa besar. Tak mengherankan jika hanya segelintir dari miliaran manusia yang sanggup menggapainya. Hal ini disebabkan oleh karena buaian logika. Ketika logika memandang sesuatu berada di luar pakem dan kaidah normal, pada saat itulah mental seorang manusia berada di titik ujian tertinggi.

Ujian semacam itu cukup berat. Andaikata lebih banyak lagi manusia yang fokus pada upaya menguatkan mental mereka, maka akan lebih banyak lagi yang sukses dalam meraih keinginan. Namun, sudah menjadi keniscayaan sejarah dan budaya bahwa hanya segelintir orang yang sanggup lulus ujian semacam itu dan menduduki puncak tertinggi dalam struktur piramida kebudayaan dan peradaban. Mereka yang seperti ini namanya harum. Kematian pun tak memisahkan dirinya dari orang-orang yang masih hidup karena tetap menjadi inspirasi bagi sesama.

Sebenarnya apa, sih, yang dilakukan para ‘manusia super’ itu agar memiliki mental kuat? Apa saja yang mereka lakukan dan apa kebiasaan mereka? Untuk mengetahui jawabannya, simak tips berikut.

1. Tidak ragu meminta tolong jika membutuhkan

Diakui atau tidak, sedikit sekali manusia yang mau mengakui kekurangan dan kemampuannya. Mereka, manusia bermental super ini, tak ragu meminta bantuan sesama jika dirinya memang membutuhkan. Baginya, tidak menjadi masalah jika harus berhutang pada teman karena ada kebutuhan yang tak sanggup dipenuhinya. Mereka yang tidak kuat mental akan menolak tegas – tanpa rasionalitas yang pantas – untuk berhutang pada temannya, dan memilih untuk membiarkan satu persoalan menghambat masa depannya. Jika satu-satunya solusi adalah berhutang, maka ia akan melakukannya.

2. Emosi dan logika yang seimbang

Manusia bermental kuat memiliki kesatuan utuh antara jiwa dan raga. Bagi mereka, akal dan emosi tidaklah terpisah, dan merupakan satu kesatuan yang bekerja saling mengisi. Ini yang membedakan manusia bermental kuat dari manusia kebanyakan. Manusia biasa akan terjebak pada dua titik ekstrim, yakni memuja akalnya atau tunduk pada emosinya. Manusia biasa juga akan mengikhlaskan diri menjadi budak raganya sehingga batasannya sangat tipis dengan hewan. Sementara itu, manusia yang bermental kuat mengerti dengan betul pentingnya keseimbangan emosi dan logika sehingga kemarahannya pun akan menjadi berkah bagi sesama, begitu juga dengan pemikirannya.

3. Tidak terjerat masa lalu

Mereka yang bermental kuat bukanlah orang cengeng yang selalu meratapi masa lalu dan berharap agar kondisi berubah seperti yang dia inginkan. Mereka sadar betul apa yang terjadi di masa lalu serta mengerti nilai-nilai dan hikmah apa saja yang perlu ia ambil sebagai bekal dan pelajaran hidup. Mereka yang bermental kuat sadar akan masa lalu, tapi mereka hidup untuk masa kini seraya mempersiapkan masa depan.

4. Tidak dengki dan iri hati atas kesuksesan orang lain

Bagi orang bermental kuat, senang dan sengasara tidaklah berbeda karena telah mengetahui intisari dan arti kehidupan. Mereka tak sakit hati ketika mendengar kesuksesan orang lain. Mereka mampu mengapresiasi kesenangan dan kesuksesan sesama, karena mereka sadar bahwa tiada kesuksesan yang datang tanpa melibatkan kerja keras.

5. Bertanggung jawab dan berserah diri

Sudah bukan menjadi hal yang mengejutkan ketika mengetahui bahwa seorang yang bermental kuat bertanggung jawab atas hidup mereka sendiri. Mereka tidak menyalahkan orang lain atas hal tidak nyaman yang menimpanya. Jika ada kepahitan menerpa, ia akan menyalahkan diri karena membiarkan kepahitan itu lewat – alih-alih menghujat orang lain. Dalam hidup mereka tidak ada yang lebih pantas untuk disalahkan atas ketidakberesan dan ketidakbecusan yang menimpanya selain dirinya sendiri. Menariknya lagi, mereka bersedia dengan ikhlas menerima segala sesuatu yang berada di luar kendalinya.

6. Baik hati dan penuh kasih sayang

Tidak ada salahnya berbaik hati dan menebar kasih sayang bagi sesama manusia; bahkan pada mereka yang jahat sekalipun. Mereka yang bermental kuat berpendapat bahwa kebinatangan dan kejahatan hanya akan luruh dengan kelembutan dan sikap penuh kasih sayang. Mereka yang bermental kuat menyadari bahwa ketika seseorang berbuat jahat dan penuh makar pada sesama, sebenarnya orang tersebut tengah menyakiti dirinya sendiri.

7. Sadar bahwa tidak perlu menyenangkan semua orang

Mereka yang bermental kuat menyadar bahwa mereka perlu harus menyenangkan semua orang di sepanjang waktu. Mereka tak ragu bicara lantang saat diperlukan, saat hak mereka ditindas. Manusia semacam ini sadar akan posisi mereka di masyarakat dan menghargai idealisme dan nilai yang mereka junjung dan temukan sendiri. Mereka tak ragu membawa masyarakat ke arah yang mereka nilai benar dan membawa keselamatan. Maka dari itu, ketika mereka dituntut untuk tegas terhadap apa yang mengancam nilai-nilai mereka, mereka akan berada di barisan paling depan untuk memenuhinya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip kuatkan mental, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Pelajari Tip-tip Ini Agar Bisnis Baru Anda Berhasil!
Bagaimana agar Punya Mental yang Kuat?
Inilah Rahasia Kehidupan yang Akan Membuat Kita Semakin Kuat
Mengenal Karakteristik Orang dengan Mental Kuat
Cara Membesarkan Anak agar Memiliki Mental Entrepreneur
Mental Kaya adalah Kunci Mencapai Sukses
Mindset Orang Sukses, Ubah Pola Pikir supaya Berhasil
Cara Berhemat yang Terbukti Sudah Berhasil
Siapa itu John Maynard Keynes? Biografi John Maynard Keynes
Siapa Itu Adam Smith? Biografi Adam Smith


Bagikan Ke Teman Anda