Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ingin Membeli Rumah Idaman? Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini!

Membeli dan memiliki rumah adalah impian banyak orang, sekaligus hal yang dirasa sulit untuk diwujudkan. Hal itu karena harga rumah yang terus melambung tinggi seiring berjalannya waktu, dan membuat kita berpikir ulang untuk membelinya. Namun dengan perencanaan yang baik dalam menabung, Anda pun bisa membeli rumah yang diinginkan. Berikut adalah beberapa langkah menabung yang tepat untuk membeli rumah idaman:

1. Membuat Perkirakan Harga Rumah

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum Anda mulai menabung adalah menentukan rumah seperti apa yang ingin dibeli. Dari mulai ukuran rumah, berapa ruangan atau kamar tidur yang dibutuhkan, hingga berapa orang yang akan tinggal di dalamnya. Juga tentukan apakah rumah tersebut akan dijadikan sebagai tempat tinggal Anda, atau akan dibuat sebagai bentuk investasi dengan menyewakannya lagi.

Hal-hal tersebut penting untuk dipertimbangkan karena berpengaruh terhadap tipe dan jenis rumah seperti apa yang cocok. Setelah menemukan rumah yang tepat, Anda bisa mengetahui harganya berikut perkiraan kenaikan harga setiap tahunnya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui bagaimana kemampuan membeli saat ini dan memiliki nominal harga yang dapat dijadikan target menabung. Memiliki perkiraan harga rumah yang akan dibeli juga akan membantu Anda dalam membuat rencana menabung yang tepat.

2. Menentukan Cara Membeli Rumah

Langkah selanjutnya adalah menentukan bagaimana Anda akan membeli rumah tersebut, apakah langsung membayarnya secara cash atau dicicil secara kredit. Jika membeli dengan cara cash, Anda bisa langsung memiliki rumah tersebut tanpa harus memiliki hutang selama bertahun-tahun. Namun akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan rumah tersebut karena Anda harus menabung dulu, belum lagi ada kemungkinan harga yang naik setiap tahunnya.

Sedangkan jika membeli secara kredit, Anda bisa langsung memiliki rumah tersebut hanya dengan membayar uang muka selagi harganya belum begitu tinggi. Tetapi resikonya, Anda memiliki hutang yang harus dibayar hingga sekian tahun dan ada kemungkinan rumah tersebut diambil lagi jika tidak mampu membayar. Apapun cara yang Anda pilih, pastikan sesuai dengan kondisi dan kemampuan finansial Anda saat ini.

3. Menghitung Berapa Jumlah yang Harus Ditabung

Langkah ini masih berkaitan dengan langkah sebelumnya, yaitu tergantung dari apakah Anda memilih untuk membeli secara cash atau kredit. Jika Anda hendak membeli secara cash, maka jumlah yang harus ditabung disesuaikan terhadap total harga rumah dengan rencana jangka waktu menabung atau pendapatan rutin. Misalnya Anda ingin membelinya dalam waktu lima tahun, berarti uang yang harus ditabung sejumlah harga rumah dibagi dengan 60 bulan. Atau jika disesuaikan dengan pendapatan, idealnya Anda menyisihkan 10% dari gaji untuk ditabung dan dapat terlihat berapa lama Anda akan dapat memenuhi target tabungan.

Sedangkan jika Anda hendak membeli secara kredit, Anda perlu menyiapkan uang muka setidaknya 20% hingga 30% dari total harga rumah. Ini berarti jika Anda belum punya tabungan, Anda harus mulai menabungnya dari sekarang agar bisa membayar uang muka. Perhitungan berapa yang harus ditabung pun bisa disesuaikan dengan rencana jangka waktu membayar uang muka atau pendapatan, namun penyesuaian jangka waktu lebih baik.Karena Anda akan lebih terpacu untuk memenuhi tabungan sesuai target, bukan malah menyesuaikan target dengan keadaan.

4. Mencari Tambahan Penghasilan

Untuk dapat memenuhi target tabungan atau bahkan mempercepat waktu menabung, Anda bisa mencari tambahan penghasilan. Namun perlu ditekankan mindset bahwa tambahan penghasilan berarti tambahan untuk menabung, bukan malah dijadikan untuk membiayai pengeluaran baru. Anda bisa mencari tambahan dengan pekerjaan sampingan seperti freelance atau berjualan, hingga mencari pekerjaan yang lebih baik.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan melakukan investasi. Kita tentu mengetahui betul bahwa investasi akan mendatangkan keuntungan, meski hal itu sejalan juga dengan kemungkinan adanya resiko yang terjadi. Karenanya Anda perlu memilih jenis investasi yang bukan saja menguntungkan, namun aman dan tidak memiliki resiko besar. Anda bisa berinvestasi pada logam mulia seperti emas, karena harganya yang cukup stabil dan tidak mudah terpengaruh dengan inflasi.

5. Disiplin Dalam Mengikuti Target

Menabung, untuk tujuan apapun, tak pernah lepas dari kata berhemat dan berhemat. Agar bisa berhemat dengan baik, Anda perlu disiplin diri yang tinggi untuk mengikuti target yang sudah dibuat. Memiliki penghasilan memang sangat menggiurkan untuk dibelanjakan barang-barang sebagai bentuk penghargaan atas kerja Anda, namun ingatlah untuk melihat gambaran yang lebih besar di masa depan.

Agar dapat terhindar dari godaan tersebut, Anda harus langsung menabung sejumlah yang telah ditentukan begitu mendapatkan gaji bulanan. Jadi bukan mengurusi pengeluaran dan biaya tagihan rutin dulu, namun menabung-lah terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa menyiasati pengeluaran dengan uang yang tersisa setelah menabung dan akan sangat membantu dalam berhemat. Anda juga perlu melatih diri untuk cerdas dalam berbelanja, yaitu dengan tidak mudah tergiur iming-iming harga murah dan membeli barang yang berkualitas agar tahan lama.

Demikianlah beberapa langkah menabung untuk membeli rumah idaman yang bisa Anda terapkan. Menabung memang bukan hal yang mudah, namun juga bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Yang terpenting adalah Anda konsisten dan berpegang teguh pada target tabungan, serta tidak menunda untuk menabung. Ingatlah bahwa waktu yang paling tepat untuk menabung adalah saat ini juga, bukan esok atau nanti. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang langkah-langkah membeli rumah idaman, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ingin Membeli Rumah? Jangan Lupakan Hal-Hal Berikut Ini!
Cara Menghemat Biaya Pengeluaran di Rumah
Bagaimana Membeli Barang dari China Secara Grosir?
Faktor Ini Perlu Menjadi Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah!
Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
Uang Tidak Mampu Membeli Segalanya
Tanda Anda Siap Punya Rumah Sendiri
Tip KPR untuk Pembeli Rumah Pertama
Cara Membeli Rumah Lelang Melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)
Jangan Menyewakan Rumah kepada Orang Seperti Ini


Bagikan Ke Teman Anda