Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ingin Membeli Rumah? Jangan Lupakan Hal-Hal Berikut Ini!

Memiliki rumah idaman adalah impian hampir semua orang di dunia ini. Rumah bukan saja sebagai tempat tinggal dan bernaung, namun juga tempat beristirahat setelah penat melakukan berbagai aktivitas di luar sana. Karenanya sangat penting untuk memilih rumah yang tepat bagi Anda dan keluarga. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat Anda memilih dan hendak membeli rumah:

1. Lokasi

Lokasi rumah adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan saat Anda berniat membeli rumah. Perhatikan apakah lokasi rumah tersebut dapat diakses dengan mudah, dekat dengan jalan besar, dan dilalui oleh angkutan umum. Hal ini berpengaruh pada akses Anda untuk berangkat kerja, atau anak-anak berangkat sekolah. Selain itu, keberadaan fasilitas umum seperti tempat perbelanjaan, tempat ibadah, dan taman juga bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Dan jangan lupa untuk mencari informasi apakah lokasi tersebut rawan banjir dan kebakaran. Memiliki rumah di daerah rawan tersebut akan menyusahkan Anda nantinya, mulai dari biaya yang harus dikeluarkan, kerusakan properti, hingga resiko kehilangan rumah. Pastikan juga lokasi tersebut adalah daerah yang aman dari tindak kriminal, atau setidaknya terdapat upaya preventif seperti penjaga keamanan dan siskamling.

2. Kondisi Rumah

Pastikan Anda mengetahui dengan benar apa yang hendak Anda beli, jadi jangan terlewat untuk mengecek kondisi rumah secara detail. Jika statusnya rumah bekas, cek apakah ada hal-hal yang harus Anda perbaiki nantinya. Jangan sampai Anda kaget sendiri saat sudah memiliki rumah tersebut karena banyaknya uang yang harus dikeluarkan lagi. Dan jika rumah tersebut masih baru, pastikan untuk mengecek bagian-bagian bangunan dengan teliti. Mulai dari fondasi, saluran air, hingga atap rumah harus dicek supaya tidak ada masalah berarti yang muncul di kemudian hari.

Memeriksa kondisi rumah bukan saja untuk mengecek bangunan secara fisik, namun juga memperhatikan faktor kenyamanan yang didapat. Rumah dengan harga murah tentu sangat menggiurkan untuk dibeli, tapi jangan sampai hal tersebut mengesampingkan kenyamanan dan keamanan. Tentu saja bukan berarti harus membeli rumah yang mahal, tetapi lebih kepada mempertimbangkan berbagai hal dengan bijak sesuai dengan gambaran jangka panjang. Karena bagaimanapun juga, rumah yang akan dibeli akan menjadi tempat tinggal bagi Anda dan keluarga.

3. Lingkungan Sekitar

Lingkungan merupakan faktor yang berpengaruh dalam memilih rumah, terutama pada aspek kenyamanan. Memiliki rumah yang berada di lingkungan baik dengan para tetangga yang ramah tentunya menjadi gambaran ideal bagi banyak orang. Kalau hal tersebut tampak terlalu muluk untuk didapatkan, setidaknya kita perlu untuk mengetahui gambaran besar dari calon tetangga yang ada di lingkungan tersebut.

Misalnya, apakah mereka sering berisik dan bisa mengganggu ketenangan Anda nantinya? Atau kalau Anda memiliki hewan peliharaan, apakah mereka adalah orang-orang yang tidak bermasalah dengan hal itu? Dan yang paling penting jika Anda memiliki anak, apakah lingkungan tersebut merupakan tempat yang tepat untuk tumbuh kembang anak dan tidak ada pengaruh buruk di dalamnya? Jangan sampai karena salah pilih lingkungan tempat tinggal, pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak Anda akan terganggu nantinya.

4. Iuran Rutin

Salah satu hal yang sering terlupakan karena tampak sepele adalah iuran rutin yang harus dibayar jika Anda sudah resmi memiliki rumah tersebut. Iuran rutin biasanya memang bukan dari hal-hal besar dan jumlahnya relatif kecil, namun jika digabungkan tentu totalnya besar juga. Karena itu Anda perlu mencari informasi lengkap mengenai apa saja iuran atau biaya yang harus dikeluarkan secara rutin, baik untuk kebutuhan rumah pribadi maupun hal yang berkaitan dengan kehidupan sosial.

Dari hal kecil saja seperti air, Anda harus mengetahui apakah ada biaya lagi yang dikeluarkan atau sudah termasuk ke dalam biaya listrik. Atau fasilitas seperti pemasangan internet, apakah dilakukan secara individu atau kolektif dari lingkungan tersebut karena akan berbeda iuran yang dikeluarkan. Anda juga perlu mengetahui apa saja iuran yang harus dibayar sebagai anggota lingkungan, seperti iuran kebersihan, iuran untuk penjaga keamanan, dan lain sebagainya.

5. Perbandingan

Jangan ragu untuk selalu membandingkan berbagai penawaran rumah dengan keuntungan yang bisa Anda dapat. Ada berbagai faktor yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda, dan beberapa di antaranya adalah empat hal yang sudah diulas diatas. Anda bisa mengecek berbagai situs jual beli rumah yang terpercaya, atau mendatangi langsung perusahaan real estate yang mengembangkan perumahan yang diminati. Dan tentu saja, harga adalah faktor yang tidak bisa tidak dimasukkan dalam pertimbangan yang Anda buat.

Mengenai harga, tentunya kita tahu betul bahwa ada harga maka ada kualitas meski memang terkadang ada pengecualian. Sebenarnya bukan perkara mendapatkan harga murah atau mahal, tapi mendapatkan rumah dengan harga yang sesuai dengan fasilitas serta keuntungan yang diberikan. Jadi jika ada penawaran rumah dengan harga yang sangat murah, Anda harus meneliti lagi hal-hal yang sudah dibahas diatas karena bisa saja ada sesuatu yang membuat nilainya bisa rendah. Dan sebaliknya, jika rumah yang ditawarkan terlalu mahal maka Anda juga harus menimbang kembali apakah memang harga tersebut sebanding dengan apa yang didapat.

Demikianlah hal-hal yang penting untuk Anda perhatikan sebelum memilih dan membeli rumah idaman. Membeli rumah memang bisa dibilang gampang-gampang susah, karena tidak sesimpel membeli barang atau hal lain. Namun demi mendapatkan hunian yang nyaman dan tepat bagi Anda serta keluarga, menyisihkan waktu lebih banyak untuk memilih dengan hati-hati tentu tidak ada ruginya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal saat akan membeli rumah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Menghemat Biaya Pengeluaran di Rumah
Faktor Ini Perlu Menjadi Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah!
Ingin Membeli Rumah Idaman? Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini!
Tanda Anda Siap Punya Rumah Sendiri
Bagaimana Membeli Barang dari China Secara Grosir?
Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
Tip KPR untuk Pembeli Rumah Pertama
Jangan Menyewakan Rumah kepada Orang Seperti Ini
Kesalahan dalam Membeli Mobil
Cara Membeli Rumah Lelang Melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)


Bagikan Ke Teman Anda