Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ingin Punya Uang Lebih? 8 Biaya Ini Wajib Dihindari

Orang kaya memang terlihat seperti bisa membeli apa pun yang mereka inginkan. Dan kenyataannya memang benar demikian. Mereka mendapatkan dan menjaga kekayaanya bisa dengan banyak cara yang tidak kita duga. Tak seperti yang anda bayangkan, orang kaya justru lebih perhitungan bila menyangkut soal pengeluaran. Mereka cenderung akan menghindari hal – hal yang bisa membuat uangnya habis percuma. Dan mereka pun juga tak akan segan menekan pengeluaran demi bisa membuat keuangannya tetap aman dan terkontrol. Tak heran bila orang -orang kaya ini bisa melakukan apapun yang mereka mau.

Pada prinsipnya mereka hanya belanja apa yang diperlukan dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu agar lebih efisien. Dan berikut beberapa biaya umum yang cenderung membuat pengeluaran semakin membengkak, simak baik – baik agar anda bisa memiliki keuangan yang terkontrol dan aman.

  • Biaya Keterlambatan

Jika anda memiliki tagihan dan melakukan pembayaran secara terjadwal dengan disiplin, sesungguhnya biaya keterlambatan tak akan mungkin ada dalam tagihan. Anda bisa mengelola tagihan dengan menerapkan pembayaran otomatis (auto debet) pada rekening anda agar setiap tagihan terbayarkan tepat waktu.

Jika tidak, anda bisa mengalami masalah dan bisa menerima denda keterlambatan ketika anda merupakan seseorang yang suka menunda-nunda pembayaran.

  • Biaya Overdraft

Sekali lagi, disiplin merupakan kunci. Overdarft sejatinya merupakan tindakan penarikan dana pada rekening tabungan maupun giro yang sesungguhnya tak memiliki saldo yang cukup namun bank tetap memberikan uang yang anda minta dan mendebet rekening tersebut.

Biasanya nasabah yang melakukan hal ini akan dikenakan biaya, karena overdraft bisa dikatakan sebagai hutang dan bisa dikenakan biaya yang tak sedikit jumlahnya. Meski dalam beberapa kasus, pihak bank mengijinkan penarikan overdraft tanpa mengenakan biaya tambahan.

Namun sejatinya tindakan seperti ini sangatlah tidak bijak. Sebab bisa membuat anda tidak mau berusaha lebih saat sedang membutuhkan uang dan akhirnya melakukan overdraft yang pada akhirnya akan membuat anda malas dan semakin bergantung.

  • Biaya Hotel

Biaya yang selanjutnya bisa dihindari dengan mudah ialah biaya hotel, baik biaya pembatalan maupun biaya check-in di awal. Biaya – biaya ini seharusnya bisa ditekan mengingat jumlahnya yang bisa sangat tinggi jika anda merencanakan dengan baik.

Selain merencanakan dimana ingin menginap, anda pun juga harus mengetahui dengan baik biaya apa saja yang mungkin ada untuk kemungkinan terburuk misalnya batal menginap.

Biaya-biaya hotel ini biasanya meliputi layanan kamar lengkap dengan makanan dan minuman yang dipesan, akses internet dan juga kolam renang.
Dan tak menutup kemungkinan masih ada biaya-biaya lain yang wajib anda ketahui secara detail agar tidak merasa terjebak saat memesan sebuah hotel.
Karenanya lakukan deal dengan bijak sebelum memilih sebuah hotel.

  • Biaya Penerbangan

Tiket murah kadang masih ada biaya – biaya lainnya yang mungkin tak diketahui dengan baik oleh calon penumpang. Sebab itu, pastikan untuk mencari tahu biaya apa saja yang akan dikenakan pada penumpang di semua maskapai penerbangan dengan mengunjungi situs resminya.

Periksa batas maksimum bagasi pada masing-masing maskapai untuk meminimalkan tarif bagasi pesawat agar terhindar dari tarif bagasi yang berlebih. Bila memungkinkan bawalah barang yang penting dan seperlunya saja.

Dan jika harus membawa banyak bawaan, periksa kemungkinan mana yang lebih murah dengan mengirimkan barang bawaan ke tempat tujuan menggunakan layanan pengiriman.

  • Biaya ATM

Jika anda menarik uang tunai di ATM yang bukan di jaringan bank anda, sudah pasti anda anda akan dikenakan biaya tambahan. Biaya ini cukup bervariasi tergantung dari kebijakan bank pemiliki ATM.

Pengguna ATM bersama biasanya akan dikenakan biaya Rp 7.500 per transaksi tarik tunai, Rp 6.500 per transfer dan Rp 4.000 untuk setiap kali cek saldo. Memang terlihat kecil dan bukan masalah, namun bayangkan jika alam satu hari anda harus bertransaksi 4 sampai 5 kali di ATM berbeda, maka setidaknya uang dalam tabungan anda akan berkurang sebesar Rp 7.500 sebanyak 5 kali. Yang bila ditotal bisa didapat angka Rp 37.500,-.

Memang bukan termasuk angka yang besar kelihatannya, namun bayangkan bila anda seseorang yang aktif mengunakan ATM. Tentu biaya ini akan terakumulasi yang akhirnya justru membuat isi tabungan anda berkurang secara signifikan.

Bila memang tak ada hal yang penting dan mendesak usahakan untuk menarik uang tunai hanya di ATM milik bank anda, dan bukan di ATM bank lain demi menghindari biaya charge agar tabungan anda tetap aman.

  • Pembayaran Cicilan

Membeli sebuah barang dengan mencicil memang terlihat ringan dan seolah membuat anda membayar jauh lebih sedikit. Namun jika dihitung-hitung, besaran cicilan yang anda bayar tentu akan jauh lebih besar dibanding jika anda membeli secara tunai, terlebih lagi jika memilih cicilan dalam jangka waktu yang panjang. Bila memungkinkan, belilah secara tunai agar anda terbebas dari biaya tidak perlu semacam bunga cicilan bulanan.

  • Biaya Kartu Kredit

Jika anda ingin memiliki kartu kredit perhatikan biaya-biaya yang ada didalamnya dengan cermat agar nanti tidak kaget saat sudah memilikinya.
Mengapa? Sebab dalam kartu kredit terdapat biaya-biaya yang secara langsung maupun tidak akan dibebankan pada tagihan bulanan anda.

Misalnya saja biaya tahunan, biaya over limit, biaya bunga, biaya keterlambatan, biaya materai dan masih banyak biaya-biaya lainnya yang akan terus bertambah seiring banyaknya transaksi yang anda lakukan dengan kartu yang anda miliki.

Karenanya sangat penting untuk menentukan pilihan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya yang menawarkan bunga yang minim dan rendah. Karena hutang kartu kredit merupakan kredit konsumtif yang biladalam penggunaannya tidak tepat justru bisa membuat anda terlilit hutang kartu kredit hingga tua nanti.

  • Biaya Sewa Mobil

Saat mudik pastilah keinginan untuk mengendarai kendaraan pribadi muncul dan menyewa mobil bisa jadi pilihan menarik untuk itu. Namun perhatikan dengan benar ketika anda menyewa mobil di tempat rental. Negosiasikan dengan baik soal biaya sewa per hari lalu tanyakan apakah ada biaya tambahan lain, agar saat anda selesai dan ingin mengembalikan mobil sewa anda dihadapkan dengan biaya lain yang membuat kening berkerut.

Lakukan Tindakan Pasti

Perhatikan lagi kebiasaan belanja dan pengeluaran bulanan anda termasuk kebijakan bank soal kartu kredit yang anda miliki. Apakah anda sudah atau bahkan melewatkan kesempatan untuk menekan pengeluaran dengan memangkas biaya-biaya yang tidak perlu? Hanya memikirkannya saja bisa membuat anda merasa memiliki uang yang lebih, apalagi bila anda benar – benar melakukannya.

Bijak dalam mengelola keuangan sejak dini tak hanya membuat anda bisa memangkas biaya tidak penting tapi juga akan membuat keuangan anda lebih efisien sehingga uang anda tak terbuang percuma. Semoha bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 8 biaya yang wajib dihindari, semoga bermanfaat bagi Anda semuanya.



10 Kota Paling Murah Biaya Hidupnya 2019
Inilah Limit Serta Biaya Beberapa Bank di Indonesia
10 Kota di Dunia Paling Mahal Biaya Hidupnya 2019
Definisi Cost Plus Pricing (Strategi Penetapan Harga Biaya Plus)
Cara Menghemat Biaya Pengeluaran di Rumah
Cara Membiayai Kuliah dan Hidup di Luar Negeri
Biaya Tambahan yang Bisa Anda Hemat
Beberapa Biaya yang Tidak Perlu & Bisa Kita Hindari
Tip Menghemat Biaya Perkawinan/Pernikahan
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jerman


Bagikan Ke Teman Anda