Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ingin Sukses? Kesalahan Ini Harus Dihindari Sebelum Usia 30

Usia 30 biasa dianggap sebagai usia dewasa dimana seseorang sudah memasuki dunia sosial dalam masyarakat. Pada usia ini, seseorang biasanya sudah memiliki pekerjaan tertentu atau mungkin saja memasuki kehidupan pernikahan. Karena itu, tanggung jawab yang dimiliki pada usia 30 ini pun tentu berbeda dibanding saat masih berusia 20-an.

Meski memang usia tidak selalu menunjukkan kedewasaan seseorang, karena seperti kata slogan yang sering kita dengar: tua itu pasti, dewasa itu pilihan. Agar dapat menjadi dewasa dan menjalani usia tersebut dengan baik, kita perlu mengiringinya dengan usaha dan kerja keras. Salah satunya adalah dengan menghindari kesalahan-kesalahan sukses sebelum menginjak usia 30 berikut ini.

1. Tidak Fokus Pada Tujuan

Banyak diantara kita yang sebenarnya sudah tahu tujuan hidup kita, namun malah tidak fokus dan mengambil jalan memutar. Biasanya hal tersebut terjadi ketika kita merasa tujuan kita bertentangan dengan pandangan umum yang ada di masyarakat. Karena tidak mau dipandang aneh, kita pun akhirnya ikut-ikutan melakukan apa yang dilakukan kebanyakan orang.

Padahal ketika kita melakukan sesuatu dengan setengah hati, usaha yang dikeluarkan dan hasil yang didapat akan setengah hati pula. Karena itu dari sekarang mulailah untuk selalu fokus pada tujuan hidup yang sesuai dengan keinginan dan passion kita. Pada akhirnya yang menjalani hidup kita dan menghadapi semua hal di dalamnya adalah kita sendiri, bukan orang lain.

2. Mengabaikan Kesehatan

Kesalahan selanjutnya adalah terlalu mementingkan pekerjaan sehingga kesehatan tubuh terabaikan. Dedikasi kepada pekerjaan memang sesuatu yang baik dan merupakan bentuk tanggung jawab sebagai orang dewasa. Tapi jangan sampai hal itu membuat kita lupa berolahraga, beristirahat, bahkan makan dengan teratur.

Usahakanlah untuk berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu, dengan durasi sekitar 30 menit per-sesi. Jangan lupa juga untuk memiliki asupan sehat dan teratur, serta beristirahat yang cukup minimal 7 jam semalam. Selain karena tubuh kita adalah anugerah yang sangat berharga, menjaga kesehatan juga penting supaya pekerjaan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

3. Mendengar Nasihat yang Tidak Tepat

Meskipun memang mendengarkan nasihat orang lain adalah hal yang bagus, namun ingatlah tidak semua orang kredibel dalam memberi nasihat. Jika kita diberi nasihat mengenai bisnis dari orang yang sama sekali tidak pernah berbisnis, apakah hal itu kredibel? Atau misalnya mendengarkan tentang mengatur keuangan dari orang yang selalu boros belanja, tentu sangat tidak tepat.

Jadi meskipun kita merasa tidak berdaya dan kebingungan, tetaplah berusaha untuk memilih mendengarkan nasihat dari sumber yang tepat. Tidak berarti semua yang bersuara itu memberitahu hal yang benar, seperti kata pepatah “Tong kosong nyaring bunyinya”. Datangilah orang atau sumber yang memang ahli dalam permasalahan tersebut, seperti pakar, para profesional, praktisi, atau bahkan buku yang memiliki kredibilitas.

4. Membiarkan Ketakutan Menghambat Mimpi

Biasanya setelah mengalami kegagalan, kita jadi merasa takut untuk melanjutkan usaha meraih mimpi yang selama ini dimiliki. Atau ketika orang-orang memandang apa yang kita lakukan adalah sesuatu yang aneh dan tidak masuk akal, kita pun takut untuk melangkah. Akhirnya kita pun hanya berkutat di zona aman tanpa berani melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan.

Hal ini tentu merupakan salah satu kesalahan besar yang harus segera diperbaiki atau kalau bisa dihindari sebelum terjadi. Ketika kita membiarkan ketakutan menghambat mimpi, kita mungkin akan bisa merasa nyaman dari pandangan orang lain atau rasa sakit dari kegagalan. Tapi rasa penyesalan karena tidak memberanikan diri akan bertahan jauh lebih lama dibanding semua itu. Jadi mari singkirkan semua ketakutan untuk terus melangkah meraih mimpi-mimpi kita.

5. Tidak Mengatur Keuangan dengan Baik

Hal lain yang menjadi kesalahan saat memasuki usia 30 adalah tidak adanya pengaturan dan perencanaan keuangan yang baik. Idealnya ketika memasuki dunia kerja, kita mulai memiliki gambaran perencanaan keuangan yang baik terutama mengenai tabungan. Karena pada fase tersebut biasanya kita akan memikirkan soal pernikahan dan anak, yang tentunya membutuhkan perencanaan biaya.

Selain itu kita juga perlu untuk membuat perencanaan mengenai tabungan pensiun untuk membiayai masa tua nanti. Mungkin hal ini tampak terlalu dini, namun percayalah tak ada waktu yang terlalu cepat untuk menabung. Begitu juga tidak ada kata terlambat untuk menabung, jadi mulailah sekarang juga untuk perencanaan keuangan yang baik!

6. Berhenti Belajar

Ketika berada di usia akhir 20-an hingga memasuki angka 30, kita tentu sudah mengalami banyak hal dalam hidup. Hal-hal tersebut tentu dapat menjadi pelajaran berharga, namun tak jarang juga membuat kita jadi merasa sudah mengetahui banyak hal. Sehingga akhirnya kita pun merasa sudah cukup berpengetahuan dan tidak perlu lagi untuk belajar.

Hal tersebut tentu merupakan kesalahan besar, karena proses belajar sebenarnya terus terjadi selama kita masih hidup. Selalu ada hal-hal baru yang kita tidak tahu, karena dunia pun terus bergerak dengan cepat dan ilmu pengetahuan berkembang pesat. Jadi sangat penting untuk memiliki kerendahan hati dan keinginan kuat untuk terus belajar, usia berapapun itu.

Itulah beberapa kesalahan yang perlu dihindari sebelum memasuki usia 30 tahun dan dapat diusahakan dari sekarang juga. Tapi bukan berarti semuanya terlambat jika saat ini sudah berusia 30-an dan mengalami kesalahan-kesalahan tersebut. Yang terpenting adalah adanya keinginan kuat untuk terus memperbaiki diri dan berusaha menghindari kesalahan yang sama di masa depan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kesalahan yang harus dihindari sebelum usia 30, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mental Kaya adalah Kunci Mencapai Sukses
Kesalahan dalam Membeli Mobil
6 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Pengusaha Pemula
6 Skill Wajib Dimiliki Agar Sukses
Kebiasan yang Harus Dikembangkan agar Jadi Orang Sukses
Inilah Beberapa Kesalahan UMKM yang Harus Dihindari
5 Kesalahan yang Dapat “Membunuh” Bisnis
Ini Kesalahan Perusahaan Besar yang Bisa Membuat Bangkrut!
Anda Rendah Diri, Pemalu dan Tidak Percaya Diri? Ini Triknya agar Sukses!
5 Pengusaha Mancanegara yang Sukses Setelah Umur 40 Tahun


Bagikan Ke Teman Anda