Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ini Dia Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan itu Penting

#asuransi #asuransi kesehatan

Ada banyak yang mengatakan bahwa tidak ada yang lebih penting ketimbang kesehatan Anda, dan telah banyak pula bukti dari pernyataan tersebut. Di luar itu semua, kesehatan yang menurun dapat berarti kehilangan mata pencaharian jika Anda pada ujungnya tidak bisa bekerja. Hal tersebut bisa pula berarti tagihan rumah sakit yang luar biasa besar. Salah satu solusi atas persoalan seperti ini adalah keberadaan asuransi kesehatan. Keberadaan asuransi kesehatan dapat membantu Anda terhindar dari sejumlah pengeluaran ‘tidak perlu’ dan dapat pula membantu sejumlah individu agar sanggup menjalani hidup yang lebih sehat dengan membayar ongkos yang keluar dalam rangka tindakan pencegahan seperti pemeriksaan regular dan imunisasi.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan seseorang agar mendapatkan asuransi kesehatan. Salah satunya dengan cara mendapat pembayaran asuransi karena berhubungan dengan institusi tertentu. Hal ini biasa diterima seseorang ketika tercatat sebagai karyawan sebuah perusahaan yang menerapkan jaminan kesehatan bagi pegawainya. Di sini, seorang karyawan tergabung dengan asuransi kesehatan sebagai bagian dari paket perekrutan kerja. Ada pula kondisi dimana seseorang mendapat asuransi kesehatan karena dijamin oleh pemerintah lokal. Di Indonesia, praktik ini diterapkan sejumlah pemerintah daerah yang mendapatkan dananya dari CSR perusahaan yang beroperasi di daerah tersebut.

Pada banyak kesempatan terdapat pembayaran premi asuransi kesehatan secara patungan. Di sini, itu artinya adalah seorang pegawai membayar sejumlah biaya untuk premi asuransi kesehatan dan sisanya ditanggung oleh perusahaan yang mempekerjakannya – yang biasanya ditempuh dengan cara mengurangi payroll. Pada kasus lain, sebuah perusahaan atau badan pemerintah bisa saja melunasi semua premi.

Kerja sama antara perusahaan dengan penyedia jasa asuransi kesehatan bukan hal baru. Praktik tersebut sudah lama ditempuh, sebagian besar karena asuransi kesehatan memberi keuntungan tersendiri seperti:

  • Asuransi kesehatan melindungi hal-hal yang penting bagi kesehatan Anda sehingga memungkinkan Anda terhindar dari sakit maupun kecelakaan ringan hingga berat
  • Asuransi kesehatan melindungi seseorang dari ongkos medis tak terduga yang membengkak
  • Dengan tergabung pada asuransi kesehatan, maka Anda cukup membayar biaya lebih rendah dari seharusnya yang dikeluarkan saat harus menjalani tindakan medis
  • Asuransi kesehatan memungkinkan pesertanya untuk mendapatkan tindakan pencegahan secara gratis seperti pemberian vaksi, screening, pemeriksaan medis rutin meskipun Anda belum terkena penyakit sekalipun
  • Asuransi kesehatan memungkinkan pesertanya untuk dirawat terlebih dahulu jika yang bersangkutan atau salah satu dari anggota keluarganya sakit atau didiagnosa mengalami sakit
  • Sejumlah perusahaan yang bekerja sama dengan asuransi kesehatan memberlakukan biaya melahirkan yang gratis bagi istri pegawainya
  • Asuransi kesehatan menawarkan jaringan layanan yang luas yang memungkinkan pengeluaran medis lebih rendah sehingga menguntungkan bagi para nasabahnya

Sebagaimana jenis asuransi yang ditawarkan ke masyarakat, asuransi kesehatan memiliki banyak bentuk dan hadir dengan berbagai tingkat cakupan. Apa yang menjadi skenario terbaik adalah ketika sebuah perusahaan membayar secara keseluruhan premi bulanan dan pasien – dalam hal ini adalah pegawai – tak perlu mengeluarkan biaya lagi. Tapi, tipe asuransi kesehatan yang seperti ini jarang diterapkan kecuali Anda memiliki posisi strategis di perusahaan tersebut atau Anda berada di bawah garis kemiskinan.

Sebagian besar konsumen menggunakan layanan asuransi kesehatan tipe co-pay dimana mereka turut bertanggung jawab atas sejumlah tagihan dan sisanya bakal dibayar oleh perusahaan asuransi tersebut. Tentu saja, ada banyak level tindakan medis yang di-cover dalam sistem semacam ini; dalam artian, tidak semuanya di-cover.

Normalnya, dengan semakin besarnya uang yang harus dikeluarkan oleh pasien dari kantongnya sendiri pada saat layanan kesehatan hendak diberikan, maka premi bulanan yang harus dibayar akan semakin rendah. Bagi individu-individu yang relatif sehat dan memiliki pendapatan rutin cukup tinggi, ini bisa menjadi pilihan asuransi kesehatan yang tepat. Namun, bagi mereka yang pendapatannya terbatas atau mereka yang memiliki permasalahan kesehatan, ini merupakan pilihan yang sangat berat untuk ditempuh karena mereka belum tentu punya uang untuk dialokasikan bagi tindakan medis apapun jenisnya.

Arti penting asuransi kesehatan benar-benar tidak bisa diabaikan atau diremehkan begitu saja. Ongkos layanan medis yang tinggi dapat menyita semua hasil jerih payah seumur hidup cukup dengan satu tindakan medis besar. Mungkin belum pernah terlintas dalam benak Anda, tapi perlu diketahui bahwa biaya operasi yang paling sederhana sekalipun nilainya bisa mencapai ratusan juta rupiah – yang ada kalanya tergantung seberapa parah penyakit yang diderita. Nah, asuransi kesehatan dapat membantu membayar ongkos yang membengkak tersebut, dan menyelamatkan Anda dari kehancuran kondisi finansial.

Pastikan Anda membaca dan mengkaji dengan seksama kontrak Anda dengan perusahaan penyedia asuransi kesehatan. Kaji dengan baik persyaratan yang berlaku dan juga pilih program yang paling pas bagi Anda. Jangan pernah sungkan untuk menanyakan hal yang belum Anda pahami.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang asuransi kesehatan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.