Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ini Dia Cara Menambang Bitcoin

Meski sudah lama eksis di jagad Internet, orang masih dibuat bingung oleh keberadaan Bitcoin, terutama mereka yang awam dengan dunia Internet terkini. Yang lebih buruk dari fakta tentang Bitcoin adalah ketika Anda baru membaca halaman ini, itu artinya Anda sudah jauh terlambat dari permainan ini dan hanya menjadi sumber tambang bagi mereka yang berupaya memanen Bitcoin di dunia maya. Di luar fakta bahwa Bitcoin terancam oleh keberadaan cryptocurrency lain seperti Ethereum, tidak pernah terlambat untuk mengetahui apa itu Bitcoin dan bagaimana mendulang untung darinya.

Bitcoin tak lebih dari sebuah cryptocurrency digital. Di sini diterapkan enkripsi guna mengatur produksi satuan Bitcoin dan juga transfer dari mata uang digital tersebut. Pada dasarnya, semakin banyak Bitcoin yang berhasil ditambang seseorang, maka semakin sulit bagi orang tersebut untuk mendapatkan koin lebih banyak lagi. Begitu dibuat, Bitcoin disimpan di dompet digital seperti situs semacam Coinbase.com atau secara lokal di mesin komputer Anda. Hanya saja, produksinya dibuat terbatas – hanya sebanyak 21 juta – dan laju produksinya dijaga serendah mungkin. Ini membuat peredaran Bitcoin jarang dan memastikan bahwa membanjirnya mata uang tersebut hanya akan membuat nilainya anjlok.

Apa yang membuat Bitcoin unik adalah fakta bahwa ia tidak memiliki bank sentral, tidak memiliki pemerintahan yang menerbitkan atau mengatur peredaran mata uang tersebut, tapi ia ada di jutaan pengguna yang memiliki unit komputer yang memungkinkan produksi dan transaksi Bitcoin berlangsung. Banyak yang penasaran akan bagaimana melakukan pertukaran Bitcoin secara virtual dan secara anonim. Akan tetapi, fitur semacam inilah yang membuat Bitcoin laris manis di tengah orang-orang jahat yang terbiasa membuat virus, yang menyandera data korban dan meminta uang tebusan dalam bentuk Bitcoin.

Di luar itu semua, banyak orang tertarik untuk memiliki Bitcoin. Namun, bukan cara yang mudah untuk mendapatkan cryptocurrency tersebut. Hanya tersedia satu cara untuk mendapat Bitcoin, dan itu disebut dengan menambang atau mining yang ditempuh melalui penyelesaian permasalahan matematika yang sangat kompleks. Daya untuk menyelesaikan persoalan tersebut disebut dengan hashpower. Sebuah komputer yang memiliki kartu grafis bagus dapat memiliki daya sebesar Megahash per detik (Mh/s).

Tapi, itu belum cukup. Agar bisa mendapatkan Bitcoin, Anda harus memiliki sedikitnya satu gigahash per detik (Gh/s). Itu juga belum cukup. Anda butuh yang memiliki daya sebesar terahash per detik (Th/s). Dengan begitu, seorang penambang yang ambisius sudah tentu menyadari berapa banyak daya yang dibutuhkan. Sudah barang tentu komputer rumahan atau ponsel cerdas tak pernah bisa digunakan untuk menambang Bitcoin. Yang Anda butuhkan adalah sederetan komputer dalam jumlah banyak.

Kebutuhan semacam itulah yang difasilitasi oleh ASIC, yang merupakan kombinasi dari sejumlah microchip dalam satu papan sirkuit. Hanya penambang yang menggunakan ASIC (Application Specific Intergrated Circuit) sajalah yang bisa menambang Bitcoin. Satu-satunya fitur yang ditawarkan oleh ASIC adalah alat itu memungkinkan penambangan Bitcoin dengan kecepatan tinggi sembari mengkonsumsi daya lebih rendah ketimbang mesin penambang FPGA atau GPU.

Namun, ada sejumlah cara untuk menambang Bitcoin, seperti:

1. Membuat dompet untuk Bitcoin

Ini bentuknya seperti akun PayPal dimana nantinya Bitcoin milik Anda bakal disimpan. Anda dapat menyimpan dompet Bitcoin Anda secara online atau secara lokal di PC Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah men-download satu berkas blokchain yang besar untuk dijadikan dompet. Anda bisa mencoba coinbase.com dimana dengannya Anda bisa membeli, menggunakan dan menerima Bitcoin.

2. Bergabung dengan pool Bitcoin

Contoh pool Bitcoin di sini adalah Slush’s Bitcoin. Hanya saja selalu ada risiko ketika pemilik pool akan menyimpan ke-25 Bitcoin ketika sebuah blok berhasil ditambang karena ke-25 koin tersebut nantinya akan dibayarkan ke satu orang saja, yakni pemiliki pool tadi. Maka dari itu, yang perlu Anda waspadai adalah memilih pemilik pool yang bisa dipercaya, salah satunya adalah Slush’s.

3. Memasang penambang Bitcoin di komputer pribadi

Ada dua jenis penambang Bitcoin di sini, yakni CPU dan GPU. Untuk pemula disarankan menggunakan penambang GUI milik Kiv.

4. Masuk ke akun pool Bitcoin

Setelah masuk atau login ke pool Bitcoin, Anda cukup memasukkan alamat wallet. Anda tinggal memeriksa wallet yang telah Anda buat sebelumnya.

5. Mendaftarkan pegawai Anda ke akun pool Bitcoin

Ini cara paling efektif untuk menambang Bitcoin karena pegawai Anda bisa saja tidak sadar tengah menambang Bitcoin untuk Anda. Mengapa demikian? Karena dengan menambahkan pegawai Anda ke akun Bitcoin, maka masing-masing akan memiliki sub-akun dalam akun pool Bitcoin Anda. Tanpa mereka sadari, semua aktivitas mereka saat menggunakan komputer tak lain adalah meningkatkan peluang Anda untuk menambah kepingan Bitcoin.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara menambang Bitcoin, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.