Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ini Dia Tips Cara Menghemat Ongkos Traveling

#hemat #ongkos #travelling

Ketika menyangkut pengeluaran, masing-masing orang punya pendapatnya sendiri. Ada yang berpendapat suatu pengeluaran itu sifatnya primer. Tapi, ada juga yang memikirkan hal yang sama sebagai sesuatu yang sekunder, bahkan tersier. Apapun jenis pengeluaran, satu hal yang benar-benar obyektif adalah seberapa besar pengeluaran tersebut terjadi. Kebutuhan boleh subyektif, tapi murah atau mahalnya ongkos yang dikeluarkan untuk pemenuhan kebutuhan tersebut sepenuhnya obyektif. Hal ini juga menyangkut traveling alias berwisata.

Traveling dipandang sebagai suatu pemborosan atau kegiatan yang menghabiskan uang. Begitu kebanyakan orang memandangnya. Saking ‘tidak penting’-nya yang aktivitas yang satu ini, orang cenderung baru ‘keluar rumah’ setahun sekali atau tidak sama sekali selama sekian tahun. “Mahal dan tidak terlampau berkontribusi terhadap kehidupan,” begitu kata orang. Itu terjadi sebelum mereka mengetahui tips-tips menghemat ongkos berkelana seperti yang diurai di bawah ini. Setelah menyimak apa yang tersaji berikut, mereka akan menyadari kalau berwisata tidaklah semahal yang mereka kira. Berikut tips-tips menghemat biaya traveling.

1. Cermati hari dimana maskapai penerbangan member diskon

Sejumlah maskapai penerbangan punya hari-hari tertentu dimana mereka memberlakukan diskon. Pada hari itu maskapai merilis penjualan tiket eksklusif dimana mereka member diskon untuk penerbangan cukup dengan merespon email yang mereka kirim. Bagaimanapun juga, pemberian diskon ini mengikuti pola tertentu. Tantangan Anda hanyalah mencermati kapan pola tersebut berulang.

2. Pergi dadakan

Saat melakukan booking tiket pesawat secara daring, sebaiknya Anda browsing secara incognito alias dadakan atau mengakses via browser tertentu guna menghindari cookies yang memantau aktivitas Anda. Situs-situs travel bakal menelusuri apa yang Anda cari dan menawarkan harga tertentu untuk penerbangan atau destinasi wisata yang Anda minati. Kalau Anda tidak awas dengan kecerdasan algoritma komputasi maskapai penerbangan yang semacam ini, besar kemungkinan Anda terjebak membeli tiket dengan harga jauh lebih mahal. Maka dari itu, pergi dadakan atau menggunakan browser khusus memungkinkan Anda tidak ‘dibuntuti’ dan Anda tidak perlu khawatir terjebak mengeluarkan ongkos lebih untuk penerbangan yang sama.

3. Gunakan kartu kredit dan dapatkan reward point

Bagi Anda yang punya kartu kredit, ada baiknya Anda manfaatkan Membership Rewards Card untuk membayar semua biaya akomodasi selama traveling. Atur sedemikian rupa sehingga semua tagihan terbayar setiap bulannya dengan kartu debit Anda. Akan lebih baik jika semuanya dilunasi sekaligus. Kalau Anda mengikuti cara ini, rasanya bakal seperti tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. Semakin sering kartu kredit Anda gunakan, maka semakin besar reward point yang Anda peroleh. Anda tinggal menunggu momen yang tepat untuk redeem point tersebut.

4. Booking lebih awal

Ini biasa dilakukan oleh mereka yang sudah mengerti kapan harus mengambil liburan. Tapi, ada baiknya Anda meniru yang satu ini meski belum tahu kapan harus berlibur; terutama bagi Anda yang berpikir liburan itu sesuatu yang sia-sia. Anda harus menyadari bahwa liburan itu diperlukan. Nah, dengan mengikuti cara ini, pastikan Anda melakukan booking segala sesuatunya lebih dini dan pastikan Anda terbebas dari cancellation costs andaikata batal berwisata.

5. Bergabung ke tur gratis

Banyak kota-kota di seluruh dunia yang menawarkan tur gratis. Ini paling umum ditemukan di Eropa yang notabene kaya akan destinasi wisata populer dan menarik. Tur-tur gratisan semacam ini kerap melibatkan kerja sama dengan hostel atau tempat Anda menginap. Tur-nya sendiri durasinya bervariasi, antara 1 sampai 3 jam. Biasanya, di akhir tur Anda bakal diminta membayar seikhlasnya, sebesar yang Anda pikir layak untuk diberikan. Jadi, meski tur semacam ini tidak sepenuhnya gratis, Anda masih bisa menentukan berapa besar ongkos yang perlu Anda keluarkan sesuai budget yang sudah dicanangkan.

6. Biasakan membawa botol air

Tampak sepele, memang. Bahkan sebagian memandang ini tidak penting. Padahal, kalau mau disadari, sedikit-sedikit membeli air mineral berujung pada ongkos yang lebih mahal. Air bukanlah komoditas murah, terutama di tempat seperti bandara atau kawasan wisata dan juga restoran. Coba beli botol air, dan Anda akan menyadari bahwa hal ini sangat menghemat pengeluaran.

7. Temukan money changer yang tepat

Akan lebih menghemat jika Anda menghindari menukar uang di bank. Biayanya cenderung lebih tinggi. Mulai sekarang, jika Anda ingin menukar uang, sebaiknya memanfaatkan jasa currency converter yang bisa diakses secara daring. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berapa kisaran pertukaran mata uang yang normal dan bisa menentukan dimana money changer yang tepat – dan tidak terjebak dengan iklan ‘money changer yang terpercaya’ yang dihembuskan oleh orang-orang yang sekedar cari keuntungan dadakan dari wisatawan. Hanya saja, pastikan juga Anda tidak terjebak menggunakan uang palsu.

8. Lakukan semuanya secara mandiri

Banyak uang cenderung membuat seseorang manja dan kurang kreatif. Disadari atau tidak, kemanjaan dapat diketahui dari pola seseorang berwisata. Mereka yang manja cenderung memesan lewat agen perjalanan, mulai dari pengurusan visa hingga pembelian tiket hotel. Jika Anda ingin menghemat, tidak ada salahnya melakukan semua hal itu secara mandiri. Selain lebih hemat, dengan mengurus secara mandiri Anda bakal lebih memahami dinamika dunia wisata – dan lebih menikmati traveling yang Anda jalani.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips cara menghemat ongkos traveling, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.