Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ini Kesalahan Perusahaan Besar yang Bisa Membuat Bangkrut!

Para pengamat bisnis mengatakan bahwa perusahaan layaknya organisme hidup, dalam artian memiliki fasa hidup yang harus dijalani; mulai dari lahir, tumbuh dan berkembang, muda dan aktif, hingga menua dan melemah hingga akhirnya mati. Pemahaman ini berarti bahwa sebuah perusahaan, sebesar dan sekuat apapun, pasti akan sirna dan eksistensinya digantikan oleh perusahaan lain.

Hal tersebut memang benar adanya, dan ada banyak bukti sejarah yang menunjukkan kepunahan nama besar dalam dunia bisnis. Jika tidak disikapi dengan baik dan benar, maka segala bentuk ketenaran dan pangsa pasar yang nyaris tanpa tanding yang dimiliki sebuah nama besar di dunia usaha hanya akan berbuah kebangkrutan dan kekecewaan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kejatuhan nama besar tersebut ada kalanya dilakukan tanpa sadar oleh sang pelaku usaha maupun pemilik bisnis. Dan, mereka baru mengerti bahwa telah menempuh hal yang salah dan keliru setelah kerugian melanda perusahaannya.

Apa saja kesalahan yang umum dilakukan perusahaan besar sehingga mereka merugi dan kandas di tengah persaingan? Berikut adalah sejumlah penyebab perantaranya.

1. Mulai enggan memperhatikan karyawan

Ini merupakan kesalahan terbesar perusahaan yang kerap diabaikan. Terkadang, perusahaan besar sekalipun enggan memberi apresiasi terhadap karyawannya. Bagaimanapun juga, karyawan adalah manusia dan hubungan antara perusahaan dan karyawan adalah saling membutuhkan satu sama lain. Namun, persepsi ini cenderung tergerus seiring dengan meningkatknya keuntungan dan ketenaran perusahaan. Tidak jarang kita menemui perusahaan yang begitu bergengsi dan memiliki pamor baik justru tidak memperhatikan kesejahteraan dan kenyamanan karyawan.

Padahal, mereka, para karyawan ini, memutuskan bergabung dengan perusahaan besar bukan karena menginginkan pekerjaan saja, tapi juga kenyamanan dan peluang untuk berkembang. Ketika perusahaan tidak lagi memperhatikan tenaga kerjanya, maka tinggal menunggu waktu saja kapan perusahaan tersebut ditinggalkan oleh karyawannya yang cakap dan terampil. Jika itu mulai terjadi, sebaiknya perusahaan tersebut siap-siap gulung tikar.

2. Target dan harapan yang terlampau ambisius

Salah satu kesalahan umum pengusaha adalah menyusun target dan harapan yang sepenuhnya keluar atau bertolak belakang dengan realita di pasar. Memang, adalah sangat mudah untuk membuat produk dan jasa yang menurut perusahaan papan atas bernilai besar bagi setiap orang, menginvestasikan uang dalam jumlah banyak serta mengalokasikan waktu dalam porsi besar yang kesemuanya ditindaklanjuti dengan merencanakan langkah dan target ambisius untuk meraup keuntungan lebih besar. Apapun jenis perusahaannya, hal semacam ini mudah sekali ditempuh.

Padahal, kenyataannya, dengan mencanangkan harapan dan target yang di luar kebiasaan umum dan menentang realita di pasar hanya akan menciptakan rasa frustrasi dalam diri pemimpin perusahaan, para karyawan, dan bahkan mitra bisnis nantinya. Rasa frustrasi tersebut tidak hanya disebabkan oleh penyangkalan atas realita, namun muncul karena pengeluaran modal ekstra yang luar biasa besar dan juga tenaga serta waktu yang tak sedikit. Jika perusahaan Anda sudah besar dan nyaris tanpa pesaing, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum menempuh hal berisiko tinggi semacam ini.

3. Enggan mendengarkan konsumen

Di era yang serba terkoneksi seperti sekarang, komunikasi yang lancar dan baik dengan konsumen merupakan kunci keberhasilan suatu bisnis. Kelancaran komunikasi dengan konsumen adalah hal yang perlu dipertimbangkan pelaku bisnis, terutama mereka yang telah memiliki nama besar. Tapi, ada kalanya nama besar membuat seseorang tidak bergeming saat berhadapan dengan konsumen. Acuh tak acuh dan enggan mendengarkan konsumen karena merasa telah menguasai pasar cenderung diderita mereka yang sudah punya nama dan brand kuat. Jika hal buruk ini terjadi di sebuah perusahaan, maka jangan pernah heran ketika nama besar dalam dunia usaha hancur lebur tanpa bekas.

Konsumen adalah pihak yang harus didengarkan dan dimenangkan hatinya sampai kapanpun jua. Menjadi besar tidak serta merta harus memaksa konsumen untuk loyal. Di sisi lain, loyalitas ada harganya. Buat apa konsumen harus loyal pada perusahaan yang enggan menghargai keluhan mereka? Bagi konsumen, tidak ada ruginya harus beralih ke penyedia jasa dan barang lain, meski lebih mahal, selama ego dan perasaan mereka tidak terluka. Satu hal yang pasti soal konsumen adalah mereka merupakan sumber informasi terbaik bisnis. Jika Anda membuat mereka sakit hati, maka Anda telah kehilangan peluang untuk mendapatkan informasi berharga lainnya di kemudian hari.

4. Berhenti memikirkan masa depan

Menjadi perusahaan besar yang mendominasi dunia usaha atau sektor bisnis tertentu kerap bisa suatu faktor penghalang dari kemajuan perusahaan di masa mendatang. Ketika merasa tidak ada saingan dan gagal memprediksi kecenderungan pasar di masa mendatang, pemimpin perusahaan besar bisa kehilangan visi dan tak punya strategi. Mereka bisa tak memahami dasar eksistensi perusahaan mereka atau kebingungan akan apa lagi yang harus dicapai. Hanya butuh waktu singkat untuk menyadari bahwa perusahaan bakal kehilangan arah dan, buruknya lagi, tidak merasa bahwa itulah yang terjadi. Alih-alih menyadari dan waspada, mereka yang ada di dalam jajaran perusahaan tidak sadar kalau kapal yang mereka tumpangi sebentar lagi menyentuh karang atau gunung es.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kesalahan perusahaan besar yang bisa membuat bangkrut, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



6 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Pengusaha Pemula
Inilah Mengapa Orang Paling Kaya Sekalipun Bisa Bangkrut
Kesalahan-kesalahan yang Kerap Dilakukan Startup
Sebagian Besar Orang Sebenarnya Bangkrut! Mengapa?
Kesalahan dalam Membeli Mobil
5 Kesalahan yang Dapat “Membunuh” Bisnis
Inilah Beberapa Kesalahan UMKM yang Harus Dihindari
Anak Tidak Percaya Diri? Ini Beberapa Kesalahan Orang Tua yang Menyebabkan Anak Tidak Pede!
Ingin Sukses? Kesalahan Ini Harus Dihindari Sebelum Usia 30
6 Kesalahan Umum yang Umumnya Dilakukan Investor Pasar Saham


Bagikan Ke Teman Anda