Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Inilah 11 Cara agar Lebih Positif dalam Hidup

Sebagai manusia adalah wajar bila kita memiliki pikiran negatif dan pikiran positif mengisi hari-hari kita. Namun manakah yang lebih dominan? Positif atau negatif? Karena tanpa kita sadari kedua kutub ini akan membentuk keseluruhan pribadi kita. Bila kita memiliki kepribadian negatif cenderung membuat orang lain tidak nyaman berada di dekat kita (kecuali orang dengan ‘kutub’ yang sama). Lain halnya dengan orang yang memiliki kepribadian positif, pasti akan disenangi banyak orang.

Lalu bagaimana caranya agar memiliki kepribadian yang positif? Berikut kami paparkan beberapa cara yang dapat kita lakukan.

1. Berusaha Berprasangka Positif

Kita pasti pernah merasa kesal, marah dan jengkel terhadap seseorang. Apakah memang orang tersebut menyebalkan ataukah kita yang berprasangka buruk, bahkan bisa jadi keduanya. Alih-alih berprasangka buruk, ketika kita sadar, segera alihkan pikiran untuk berprasangka baik. Memang hal ini akan sulit pada awalnya, namun tidak ada yang tidak mungkin asalkan kita mau melatihnya.

2. Temukan Hal Positif dari Tiap-tiap Orang

Semua manusia di dunia memiliki keburukan dan kebaikan. Untuk membentuk sikap positif, cobalah fokus untuk melihat sisi kebaikan dari seseorang daripada keburukannya. Dengan demikian hati kita akan merasa lebih lega dan merasa lebih positif juga.

3. Ikhlas dan Bersyukur

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia, tidak ada hidup manusia yang tidak diberi cobaan oleh Tuhan. Jika kita merasa tengah diberi cobaan, maka sesungguhnya orang lain juga dicoba. Maka dari itu ikhlaskan hati menerima ketentuan buruk bagi hidup kita, dan fokus menjalani hidup dengan ketentuan-ketentuan baik yang kita terima. Bersyukur pada tiap hal yang dapat kita nikmati. Syukuri kita bisa bernafas dengan baik, berjalan, melihat, dan hal-hal sederhana lainnya.

4. Dengarkan Lagu Positif

Lagu bisa membantu membangun mood kita. Pilihlah hanya musik-musik yang bernuansa positif agar kita tetap merasa bersemangat.

5. Hindari Menonton Berita

Entah mengapa terkadang televisi mengekspose berita-berita negatif lebih dominan daripada halnya berita-berita yang positif. Anda tidak perlu mengetahuinya setiap saat. Berita tentang korupsi, pembunuhan, serta politisi yang bertikai di twitter tidak akan membuat hari anda lebih baik. Batasi menonton berita-berita seperti ini, terlebih di pagi hari di saat anda seharusnya memulai hari dengan vibe yang lebih positif.

6. Lakukan Hal-hal yang Anda Sukai Secara Berkala

Ketika kita suka dengan buku, maka seminggu sekali rutinlah pergi ke toko buku dan membeli bahan bacaan baru. Jika kita suka memelihara hewan, maka rawatlah sendiri hewan tersebut di waktu-waktu luang kita, demikian jika kita suka menulis, menonton film baik, atau melukis dan menggambar. Lakukan lebih sering hal-hal yang membuat anda merasa lebih bahagia – do more of what make you happy.

7. Memiliki Tujuan Hidup

Memiliki tujuan hidup yang positif bisa membuat kita hanya fokus pada hal-hal yang bisa menunjang kita untuk mencapainya. Maka pastikan kita memiliki tujuan dan cita-cita positif secara berkala agar pikiran kita tidak memiliki waktu untuk memikirkan hal-hal negatif yang tidak ada manfaatnya.

8. Meredefinisikan Bahagia

Bahagia menurut masing-masing orang bisa jadi berbeda. Ada yang bahagia karena memiliki banyak uang, memiliki karir bagus, memiliki pendidikan tinggi. Namun tahukah anda bahwa takaran kita untuk bahagia tidak harus selalu sama dengan takaran kebahagiaan orang lain di luar sana? Maka tentukanlah definisi bahagia menurut diri kita sendiri. Bisa jadi kita bahagia jika bisa menerapkan hidup sederhana, bahagia jika bisa disiplin berolahraga, bahkan bisa merasa bahagia ketika makan makanan Jepang!

9. Cari Penyebab Perasaan Negatif, lalu Hilangkan

Ada sebab-sebab tertentu yang bisa membuat seseorang merasa negatif. Jika kita mengetahui penyebabnya, sebisa mungkin jangan berlama-lama berkubang di dalamnya. Segera keluar dari situasi tersebut, lakukan hal-hal positif yang menyenangkan hati kita dan enyahkan perasaan negatif dari diri kita.

10. Menulis

Menulis bisa membuat kita merasa lebih positif karena kita bisa melihat diri kita dari sudut pandang yang lain. Menulis juga merupakan salah satu terapi yang baik bila kita memiliki masalah. Alih-alih bercerita kepada seseorang yang memiliki kemungkinan untuk memperkeruh suasana, dengan menulis perasaan negatif tercurahkan tanpa harus menyebar kemana-mana. Namun menulis mengenai ‘perasaan kita’ di blog tetap tidak disarankan. Cari media menulis yang membuat anda nyaman, tanpa memiliki resiko untuk di judge oleh banyak orang.

11. Maafkan diri Sendiri

Manusia adalah makhluk yang tak sempurna. Manusia tempatnya salah dan dosa. Namun bukan berarti kita dimaklumi bila terjatuh pada lubang yang sama. Untuk kesalahan yang terjadi di masa lalu, maafkan diri kita, masa lalu sudah berlalu. Saat ini bagaimana caranya kita memulai hidup ke depan tanpa mengulangi kesalahan yang sama. Rasa bersalah merupakan salah satu perasaan negatif yang bisa menghantui, maka maafkanlah diri kita sendiri untuk lalu bisa memulai hidup baru yang lebih positif.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 11 cara agar lebih positif dalam hidup, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Inilah Dampak Positif dan Negatif Penerbitan Surat Utang Negara
Cara Terburuk Menyia-nyiakan Uang dan Hidup Anda
Berniat Hidup Hemat? Simak Tips Berikut
Ingin Membuat Hidup Menjadi Produktif? Ikuti Kebiasaan-kebiasaan Ini!
Cara Mudah Berpikir Lebih Positif
Inilah Penyebab Orang Mengalami Kegagalan dalam Hidup
Ajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil Hikmahnya
Pentingnya Disiplin dalam Hidup
Apakah Kita Hidup untuk Uang?
Lakukan Kebiasaan Ini agar Hidup Lebih Baik


Bagikan Ke Teman Anda