Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Inilah 27 Trik Agar Kamu Terlihat Pintar Saat Rapat

Rapat adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari pekerjaan kantor. Biasanya rapat menjadi ajang perlombaan bagi para pekerja untuk mempresentasikan suatu project di depan pimpinan perusahaan. Nah, kamu pasti ingin terlihat pintar kan saat rapat? Setidaknya untuk menunjukkan kkualitas kamu.

Pas banget nih, kali ini kita akan kasih beberapa trik supaya kamu terlihat pintar saat rapat di kantor. Minimal dengan cara ini, kamu juga bisa mengeluarkan potensi terbaik yang kamu miliki. Mau tau? Simak artikel ini sampai selesai ya. Karena kita punya beberapa cara yang patut kamu pertimbangkan satu persatu.

  1. Membawa catatan

Trik yang pertama adalah membawa catatan. Ya, saat rapat berlangsung kamu harus menyiapkan notebook dan pulpen untuk menulis poin poin penting yang kamu dapatkan saat rapat. Dengan begitu, kamu akan terlihat pintar dan sangat memperhatikan apa yang dibicarakan dalam rapat. Ingat ya, gunakan notebook atau kertas, jangan pakai hp, tablet, ataupun laptop untuk mencatatnya.

  1. Duduk disamping pemimpin rapat

Dengan memilih tempat duduk disamping orang yang memimpin rapat, kamu akan terlihat seperti orang penting yang kedua setelah pemimpin rapat.  Dan sesekali, ajaklah pemimpin rapat untuk berbicara dengan berbisik seolah sedang menyampaikan hal yang penting. Setidaknya dengan cara ini pula, kamu akan lebih mudah menarik perhatian peserta rapat.

  1. Datang lebih awal dan meminta waktu sebentar

Trik yang berikutnya adalah kamu harus datang lebih awal dan langsung masuk ruang rapat, kemudian bukalah laptop untuk mengecek pekerjaan. Dan saat rapat akan dimulai, katakan kepada peserta rapat untuk meminta waktu sebentar karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Nah, hal ini akan membuat kamu terlihat pintar, disiplin, dan memiliki banyak pekerjaan yang penting.

  1. Presentasi menggunakan diagram

Saat melakukan presentasi di ruang rapat, cobalah untuk memberikan penjelasan menggunakan diagram. Dengan begitu kamu akan terlihat lebih keren dan pintar, meskipun para peserta rapat tidak paham dengan apa yang kamu jelaskan. Ingat, bahwa data semacam diagram masih jadi kekuatan yang hebat untuk menunjukkan sebuah kualitas teori.

  1. Pura pura mengangkat telpon

Dalam rapat, terkadang ada kalanya kamu merasa bosan atau tidak nyaman dengan topik yang dibahas. Ingin meninggalkan ruangan rapat, tapi tidak enak dengan atasan dan rekan kerja.

 Nah, jika kamu mengalami kejadian seperti itu, kamu bisa loh meninggalkan ruangan rapat dengan cara berpura pura mengangkat telpon dari orang penting yang mengharuskan kamu meninggalkan ruangan rapat. Dengan cara ini, kamu akan terlihat sangat sibuk, dan dibutuhkan banyak orang.

  1. Meminta presenter untuk kembali ke slide sebelumnya

Ya, saat mendengarkan presentasi dari rekan kerjamu, mintalah ia untuk kembali ke beberapa slide sebelumnya, kemudian perhatikan slide tersebut sejenak sambil mengangguk dan tersenyum, lalu persilahkan rekan kerjamu untuk melanjutkan presentasinya. Dengan cara ini, kamu akan terlihat cerdas dan sangat memperhatikan pembahasan yang dipresentasikan.

  1. Ubah presentase menjadi perbandingan

Supaya terlihat keren dan lebih pintar, kamu harus mengubah angka presentase menjadi kalimat perbandingan. Misalnya, rekan kerjamu menjelaskan bahwa ada 80% orang yang sudah menggunakan produk ini. Kamu bisa menanggapinya dengan kalimat “ Oh, itu artinya ada 8 dari 10 orang yang pakai produk ini ”.

  1. Mengingatkan rekan kerja

Saat rapat berlangsung, biasanya semua orang saling beradu mulut untuk mempertahankan argumentasinya masing masing sampai akhirnya keluar dari pembahasan utama. Nah, dalam kondisi seperti ini, kamu harus mengingatkan mereka untuk kembali ke topik pembahasan.

Misalnya “ teman teman, bisakah kita kembali membicarakan pembahasan utama kita? ”. Dengan begitu kamu akan terlihat keren, pintar dan tidak suka membuang waktu.

  1. Minta data dukung

Saat rekan kerjamu sedang berpresentasi, cobalah untuk meminta data dukung atas apa yang mereka sampaikan sebelum lanjut ke slide berikutnya. Hal ini akan memberi kesan bahwa kamu adalah orang yang pintar, dan tidak sembarangan dalam menerima informasi.

  1. Buat analogi

Saat kamu berpresentasi, cobalah membuat analogi yang bermakna sangat dalam dan berkaitan dengan hal yang kamu jelaskan. Dengan membuat analogi dari sebuah permasalahan, kamu akan terlihat pintar dan kreatif, meskipun rekan kerjamu tidak paham apa yang kamu analogikan. Tetapi umumnya analogi mempermudah seseorang memahami sesuatu.

  1. Cek jadwal saat diminta mengikuti rapat

Saat orang lain meminta kamu untuk mengikuti sebuah rapat di kantor, cobalah meminta waktu sebentar untuk mengecek jadwalmu. Dengan trik ini, kamu akan terlihat seperti orang penting dan dibutuhkan banyak orang. Meskipun sebenarnya kamu sudah tahu kalau kamu sudah tak ada jadwal lan selain rapat.

  1. Meminta contoh

Saat rekan kerjamu sedang mempresentasikan suatu masalah, mintalah dia untuk memberikan contoh yang sesuai dengan masalah tersebut. Kemudian minta lagi dia untuk memberikan contoh yang paling spesifik yang berkaitan dengan hal itu. Ini akan membuatmu terlihat pintar dan sangat membantu untuk pengambilan keputusan di rapat rapat selanjutnya.

  1. Ulangi kalimat terakhir dari presenter

Saat mendengarkan orang lain berpresentasi, cobalah untuk mengulangi setiap kata atau kalimat terakhir yang ia katakan. Ulangi kalimat tersebut dengan sangat pelan dan sambil menganggukkan kepala. Ini akan membuat kamu terlihat sangat memperhatikan dan memahami materi yang dipresentasikan.

  1. Bercanda

Supaya suasana rapat lebih cair dan tidak membosankan, kamu bisa coba selingi dengan candaan singkat. Hal ini akan membuatmu terlihat humoris, dan biasanya orang akan lebih menyukaimu. Dengan begitu, rapat akan berlangsung lebih santai dan mengasyikkan. Meski kadang-kadang tidak menunjukkan kamu lebih pintar, tapi dengan begini orang akan lebih suka dengan keberadaan kamu. Sehingga kamu akan lebih banyak dilibatkan dalam setiap project.

  1. Berjalan dalam ruang rapat

Saat berpresentasi, cobalah untuk berjalan mengelilingi audience. Kemudian kembali ke posisi awal. Hal ini akan membuat kamu terlihat sangat santai dan cerdas dalam berpresentasi. Dan otomatis semua orang akan memperhatikan apa yang kamu sampaikan.

  1. Katakan jam berapa kamu harus mengakhiri presentasi

Sebelum kamu memulai berpresentasi, katakan pada rekan kerjamu bahwa kamu harus selesai pada jam sekian. Misalnya jam 2 siang. Nah, dengan begitu mereka akan berpikir bahwa kamu sangat disiplin dan memperhatikan semua waktu yang kamu miliki. Tentunya ini akan membuat rapat tidak bertele tele dan langsung menuju ke pembahasan utama.

  1. Ubah kalimat menjadi akronim

Saat temanmu menjelaskan suatu hal dengan kalimat yang terlalu panjang, kamu bisa menanggapinya dengan menyampaikan akronim atau kependekan dari kalimat yang dia sampaikan. Misalnya temanmu mengatakan bahwa untuk mencapai Break Event Point kita harus meraih pendapatan 10 juta. Kamu bisa menanggapinya dengan mengatakan “ya, untuk mencapai BEP kita harus mendapatkan 10 juta”.

  1. Tempelkan sticky notes di laptop

Saat akan berpresentasi, siapkan beberapa sticky notes yang berisi poin poin penting yang harus disampaikan, dan tempelkanlah di tepi layar laptopmu. Ini akan memberikan kesan bahwa kamu sangat pintar dan mempersiapkan presentasi dengan baik.

  1. Ingatkan temanmu untuk menggunakan bahasa yang umum

Saat temanmu mempresentasikan sesuatu hal, dan dia menggunakan bahasa teknikal yang hanya dimengerti oleh beberapa orang saja, mintalah dia untuk mengubahnya menjadi bahasa yang umum sehingga semua orang bisa memahami apa yang dia sampaikan. Karena dalam rapat pasti ada beberapa orang dari divisi yang berbeda beda, sehingga tidak semuanya mengerti bahasa teknikal yang ada di divisi kamu.

  1. Tanyakan kehadiran semua orang

Sebelum rapat dimulai, cobalah untuk menanyakan kehadiran semua anggota rapat. “Apakah tono sudah hadir disini?”, “Apakah semua sudah hadir? ”, “Sebaiknya kita menunggu Pak Edi datang, kita sangat membutuhkan kehadirannya” . Kalimat kalimat tersebut membuat kamu terkesan sangat perhatian dengan kondisi sekitar, dan semua orang pasti akan menyukai sikapmu itu.

  1. Saat rapat berakhir, ajak semua peserta untuk tos high five

Setelah rapat berakhir, kamu bisa mengajak semua peserta untuk saling tos high five untuk menambah keakraban dan sebagai ucapan selamat atau apresiasi atas pencapaian yang telah mereka lakukan. Tentunya hal ini akan membuatmu terlihat sangat simpatik dan cerdas.

  1. Ganti kata “Saya” dengan kata “Kita”

Saat kamu mempresentasikan suatu project, jangan gunakan kata “saya”. Gunakanlah kata “kita” dalam setiap presentasi yang kamu lakukan. Karena ini akan memberi kesan loyal dan menghargai kerja tim. Saat kamu menggunakan kata “saya”, maka ini akan memberi kesan kamu adalah orang yang sangat individualis dan tidak peduli dengan tim kamu.

  1. Jangan gunakan kata “Maaf”

Saat bertanya dan menyampaikan pendapat di ruang rapat, jangan gunakan kata “maaf”, karena kamu tidak perlu meminta maaf kepada siapapun saat kamu ingin bertanya ataupun berpendapat.

Mungkin kamu berpikir bahwa kata “maaf” adalah kata yang sopan, namun jika kamu mengawali setiap pertanyaan atau pendapatmu dengan kata “maaf”, maka kamu akan terlihat lemah dan tidak yakin dengan apa yang kamu sampaikan.

  1. Katakan bahwa kamu ingin presentasimu menjadi sangat interaktif

Sebelum memulai presentasi, kamu perlu menyampaikan kepada audience bahwa kamu menginginkan presentasi yang interaktif. Misalnya “ Teman teman, saya ingin presentasi saya ini menjadi sangat interaktif, silahkan beri saya pertanyaan, kritik, ataupun saran kapanpun kalian mau ”. Hal ini akan membuat kamu terkesan sangat cerdas dan menghargai pendapat orang lain.

  1. Berikan komentar positif

Saat rekan kerjamu sedang berpresentasi, sesekali kamu perlu memberinya komentar positif. Misalnya “Itu sangat menarik”, “Inovasi yang sangat bagus”, “Terima kasih atas sarannya”, “Luar biasa”. Kalimat kalimat tersebut perlu kamu sisipkan saat mendengarkan presentasi dari orang lain. Selain bisa memberi semangat pada presenter, hal ini juga membuat kamu terkesan sangat peduli dan menghargai pendapat orang lain.

  1. Hindari penggunaan kalimat negatif dalam rapat

Saat rapat berlangsung, tentunya kamu akan berinteraksi dengan semua anggota rapat. Nah, saat berinteraksi dengan orang lain, hindari penggunaan kalimat kalimat negatif seperti : “saya tidak tahu”, “saya tidak yakin dengan hal itu”, “saya kecewa”. Karena kalimat kalimat tersebut membuat kamu terkesan kurang pengetahuan, kurang percaya diri, dan kekanak kanakan.

Dalam berinteraksi dengan rekan kerja saat rapat, pastikan kamu menggunakan bahasa yang positif dan mengandung optimisme. Sehingga mereka melihat kamu adalah orang yang cerdas dan berpikir maju.

  1. Beri pertanyaan dengan kalimat terbuka

Dalam rapat, sering sekali terjadi adanya pelemparan pertanyaan dari presenter kepada audience maupun dari audience kepada presenter. Nah, saat giliranmu bertanya, gunakanlah pertanyaan dengan kalimat terbuka.

Misalnya “Apa dampaknya jika kita lakukan pekerjaan ini dalam kondisi sekarang?”, “Bagaimana dengan tingkat resiko yang timbul jika kita gunakan cara ini?”, “Berapa lama waktu yang dibutuhkan divisi lain untuk mengerjakan project ini?”.

Pertanyaan pertanyaan tersebut akan menimbulkan jawaban dengan pemaparan yang panjang. Hal ini akan membuat kamu terlihat cerdas dan kritis dalam menyikapi permasalahan. Hindari pertanyaan dengan jawaban “ya” dan “tidak”, misalnya “Apakah project ini sudah pernah dikerjakan sebelumnya?”, dan lain lain.

Itulah tadi beberapa trik agar kamu bisa terlihat lebih pintar saat rapat. Kamu bisa lihat trik lainnya, setidaknya supaya terlihat pintar saat rapat, yang pastinya sangat berguna buat kamu. Semoga cepat naik jabatan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 27 trik agar terlihat pintar saat rapat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kamu Mau Menjadi Orang yang Smart? Ini Tip agar Kamu Lebih Pintar!
Ingin Menjadi Semakin Pintar? Cobalah Hal-Hal Berikut Ini!
10 Hal yang Harus Dilakukan Setiap Hari agar Menjadi Lebih Pintar
10 Negara Paling Pintar di Dunia (Berdasarkan Rangking IQ)
Untung Rugi adanya Ketimpangan (Inequality)
Mengapa Harga Obat Bermerek Lebih Mahal?
Lunasilah Hutang-Hutang Bila Kamu Masih Kerja, Begini Caranya
Untung Rugi Menaikkan Upah Minimum
Apa itu Throw Away Society?
10 Superfood yang Mudah Ditemukan di Sekitar Kita


Bagikan Ke Teman Anda