Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Inilah 7 Nasihat dari Orang Kaya yang Harus Anda Dengarkan

Untuk mencapai suatu tujuan,  seseorang haruslah memperbaiki diri atau memperbaiki cara mencapai yang akan dituju tersebut. Pembenahan tersebut bisa dilakukan melalui mendengarkan nasihat dari orang yang sudah mencapai tujuan tersebut. Jika tujuan itu menjadi orang kaya, maka inilah beberapa nasihat dari orang kaya yang harus didengarkan.

1. Jangan Menabung Hanya untuk Kebutuhan Mendesak

Kebanyakan orang hanya menabung untuk memenuhi kebutuhan mendesaknya. Kebanyakan orang hanya menyimpannya dalam bentuk uang di tabungan dan nantinya digunakan saat kebutuhan mendesak tersebut datang. Walaupun tabungan untuk kebutuhan mendesak merupakan hal yang penting, namun hal itu bukanlah cara yang efektif untuk menjadi orang kaya.

Jika hanya memfokuskan pada tabungan untuk kebutuhan mendesak saja, maka tabungan tersebut tentu akan habis. Seperti yang kita tahu, kebutuhan manusia tidak ada habisnya bukan? Sebaliknya, untuk menjadi orang kaya, seseorang haruslah menyisihkan tabungan tersebut untuk berinvestasi.

Selain berfungsi sebagai tabungan, investasi juga bisa menjadi sumber pendapatan pasif yang menguntungkan. Dengan mengalokasikan sebagian tabungan untuk investasi, maka tabungan tidak akan cepat habis dan justru akan bertambah.

2. Bijaksanalah dalam Mengatur Finansial

Kebijaksanaan dalam mengatur finansial merupakan salah satu hal yang vital untuk menjadi orang kaya. Orang kaya tidak mungkin ceroboh dalam mengatur keuangan mereka.

Orang kaya tahu mana prioritas pengeluaran yang harus mereka dahulukan. Orang kaya juga mengerti dan dapat memenuhi kebutuhan dan menekan keinginan mereka. Oleh sebab itu, seseorang jika ingin menjadi orang kaya harus dapat bijaksana dalam mengatur keuangannya.

Rumah, mobil, biaya perawatan kesehatan, pendidikan, pernikahan merupakan beberapa pengeluaran terbesar dalam hidup. Beberapa hal tersebut merupakan contoh-contoh hal yang harus bisa diolah secara bijaksana.

3. Menabung Emas

Bukan rahasia lagi jika emas merupakan barang investasi yang menguntungkan. Harganya yang selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun tentu akan memberikan keuntungan yang terus meningkat bagi investor.

Tak ayal jika menabung emas merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menjadi orang kaya. Dibanding dengan menabung uang biasa, menabung emas dinilai jauh sangat menguntungkan. Uang biasa akan mengalami penuruanan nilai riil tiap tahunnya. Hal ini diakibatkan oleh adanya inflasi.

Berbeda halnya dengan emas, yang nilainya tidak menurun tiap tahunnya dan justru mengalami kenaikan tiap tahunnya.

4. Sewakan Rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Mau tidak mau, seseorang harus memiliki tempat tinggal untuk bertahan hidup. Atau setidaknya, jika seseorang belum mampu membeli rumah, seseorang haruslah menyewa rumah untuk menjalani kehidupannya sehari-hari.

Kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Menyewakan rumah dengan menjadikannya rumah kost atau kontrakan merupakan salah satu cara menjadi orang kaya. Rumah tersebut nantinya akan menjadi sumber penghasilan pasif.

Selain itu, jika kelak bisnis tersebut tidak laku, rumah itu sendiri bisa menjadi aset investasi. Rumah tersebut nantinya bisa dijual kembali dengan harga yang tidak murah.

5. Miliki Sumber Penghasilan Pasif

Sumber penghasilan pasif bisa sangat menguntungkan terutama bagi orang yang sibuk bekerja. Sumber penghasilan pasif bisa menjadi penyumbang pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit.

Tanpa perlu banyak mengeluarkan tenaga, uang bisa langsung mendatangi Si Pemilik tanpa harus bersusah payah. Banyak sumber penghasilan pasif yang bisa dicoba untuk digeluti. Ada usaha rumah kost atau kontrak, bisnis saham, atau bisa dengan menanam deposit di Bank. Ada juga bagi orang yang gemar menulis untuk menerbitkan sebuah buku.

Buku bisa menjadi sumber pendapatan pasif yang menguntungkan, apalagi jika buku tersebut menjadi best seller.

6. Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Ada yang mengatakan bahwa kartu kredit merupakan salah satu wujud perbudakan modern. Terlepas dari apapun sebutannya, kartu kredit memang merupakan rayuan manis bagi setiap orang.

Kemudahan transaksi yang ditawarkan dengan hanya menggesek kartu merupakan salah satu topeng manis dari kartu kredit. Kartu kredit memungkinkan seseorang untuk kehilangan kontrol pengeluarannya dan berlaku boros. Untuk itu, penggunaan kartu kredit sebisa mungkin harus dihindari.

Bagi pecandu kartu kredit, mungkin akan sulit dalam menghindari penggunaannya. Jika memang seperti itu, seseorang tidak harus menghindari kartu kredit secara keseuruhan. Yang penting yang bisa dilakukan adalah melakukan transaksi yang langsung bisa dibayar lunas dalam bulan tersebut. Hal ini untuk menghindari penumpukan tagihan.

Ditambah lagi, dalam regulasi yang berlaku sejak 7 Juni 2012 dikatakan bahwa jika seseorang terlambat membayar kartu kredit dalam bulan tersebut, maka akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 3% dari total tagihan bulan tersebut. Hal ini tentu sangat tidak menguntungkan.

7. Bersyukur

Walaupun terdengar seperti mengada-ada, namun bersyukur merupakan satu nasihat penting untuk menjadi orang kaya. Rasa syukur akan menuntun seseorang untuk selalu merasa cukup akan harta yang dimilikinya.

Rasa cukup tersebut akan membuat seseorang lebih bijaksana dalam mengatur keuangannya. Rasa cukup tersebut akan menuntun seseorang untuk lebih banyak menyisihkan hartanya. Harta tersebut kemudian bisa dialokasin untuk investasi dan membangun pendapatan-pendapatan pasif lainnya.

Tentunya, hal tersebut akan mengantarkan seseorang meraup lebih banyak rupiah. Selain rupiah yang lebih banyak didapatkan, rasa syukur juga akan menjadikan hati menjadi lebih tenang.

Percuma jika banyak harta jika hati menjadi tidak tenang. Itulah sebabnya rasa syukur harus ditanamkan pada diri, terlebih jika ingin menjadi orang kaya.

Itulah 7 nasihat dari orang kaya yang harus seseorang dengarkan. Nasihat-nasihat tersebut tentunya penting untuk dilakukan, terlebih untuk orang yang ingin menjadi orang kaya. Salah satu nasihat yang mudah dilakukan adalah menanamkan rasa syukur pada diri sehingga merasa cukup akan harta yang dimiliki, sehingga sebagian harta yang dimiliki nantinya bisa dialirkan untuk dana investasi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang inilah 7 nasihat dari orang kaya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Orang Kaya Tetap Kaya
Orang Kaya Tahu Ini, Makanya Jadi Sukses
Cara Meminta Orang Kaya Mendonasikan Uangnya
Inilah Cara Orang Kaya Mendidik Anak Agar Tidak Manja
Nasehat Bijak tentang Keuangan dari Orang Tua
Orang Kaya Lebih Hemat Daripada Orang Miskin
Tips dari Orang Kaya untuk Kalian yang Ingin Bebas Finansial
Apa yang Bisa Dipelajari dari Orang Kaya?
Nasihat Positif untuk Orang Muda Berumur di Bawah 30 Tahun
Siapakah Orang Paling Kaya Sedunia?


Bagikan Ke Teman Anda