Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Inilah Jebakan Kartu Kredit yang Anda Harus Tahu

#jebakan kartu kredit #tip kartu kredit

Memiliki kartu kredit di satu sisi sangat menyenangkan. Anda bisa mendapatkan berbagai macam promosi dari berbagai brand ternama, bisa menikmati eksekutif lounge di bandara, mendapatkan potongan harga yang cukup besar pada gerai ternama di hari-hari tertentu, dan membuat pembayaran menjadi lebih mudah dan praktis karena anda tidak perlu membawa uang cash yang banyak di dompet anda.

Namun apakah memiliki kartu kredit selalu seindah itu?

Memiliki kartu kredit bukan berarti tanpa resiko. Di sisi lainnya, kartu kredit seolah memiliki ‘sisi kelam’ yang cukup berbahaya bagi penggunanya. Meski sebenarnya bahaya ini telah dijelaskan di awal ketika nasabah mengajukan kartu kredit dan seharusnya dapat diantisipasi oleh yang bersangkutan, namun masih banyak saja pengguna yang terjebak dalam sisi kelam kartu kredit ini. Lalu apa saja jebakan kartu kredit yang membuat banyak penggunanya terbuai bahwa hal tersebut berbahaya, berikut kami paparkan beberapa jebakan kartu kredit yang anda perlu tahu

1. Minimum Payment (Pembayaran Minimum)

Menggunakan kartu kredit bukan berarti anda menggunakan pinjaman biasa. Justru pinjaman kartu kredit adalah pinjaman luar biasa karena dua hal :

  • Bunga pertahun sangat besar, mencapai 26,95% per tahun.
  • Membayar dengan minimum payment berarti anda baru membayar bunga, sedangkan pokok hutang masih banyak tersisa.

Jika anda menggunakan kartu kredit di awal sebesar Rp.1 juta rupiah, maka dengan bunga 26,95% / tahun hutang anda akan menjadi Rp. 1.022.458 di bulan depan. Jika anda dikenakan minimum payment 10% atau sebesar Rp.102.246 dari tagihan bulan ini, maka sisa pinjaman anda adalah sebesar Rp.920.213 , hampir seperti tidak membayar bukan?

Masalahnya, membayar dengan minimum payment sudah menjadi kelegaan bagi sebagian orang. Yang penting sudah membayar, kata mereka. Namun masalahnya, jika anda tidak membayar tagihan anda dengan lunas pada bulan jatuh tempo dan hanya membayar sebesar minimum payment, maka bulan setelahnya, sisa hutang anda (dengan nilai yang hampir tidak membayar tersebut) dihitung sebagai pokok ditambah dengan penggunaan anda bulan ini lalu dikenakan bunga lagi, sehingga bisa dikatakan anda membayar bunga dua kali. Mengerikan?

2.Membayar Terlambat

Membayar kartu kredit lewat waktu jatuh tempo yang telah ditentukan akan merugikan anda melalui dua hal :

  • Anda dikenakan denda dimana masing-masing bank memiliki besaran tertentu atas denda yang akan diberikan.
  • Bank akan memberikan laporan ke Sistim Informasi Debitur (SID) atau BI Checking bahwa anda telah mengalami keterlambatan pembayaran dan dikenakan kolektibilitas 2 atau Dalam Perhatian Khusus (DPK)

Jangan anggap remeh keterlambatan membayar kartu kredit. Selain anda rugi uang untuk membayar denda, reputasi anda sebagai debitur juga akan cidera di BI Checking. Maka jangan heran jika permintaan kredit anda di Bank lain di tolak hanya karena anda memiliki reputasi kolektibilitas 2 karena terlambat membayar kartu kredit.

3. Email Billing Statement (Lembar Tagihan Lewat E-mail)

Ini juga merupakan jebakan yang harus anda antisipasi. Terlebih jika Bank anda sudah mengenakan email Billing statement atau lembar tagihan kartu kredit yang hanya dikirim melalui email dan bukan secara lembaran fisik. Masalahnya banyak orang yang menggunakan satu email untuk banyak keperluan. Sehingga ketika email billing tagihan masuk ke inbox anda, bisa jadi anda malah mengabaikannya karena menganggap email tersebut sejenis email promosi lainnya. Sebisa mungkin anda pisahkan email untuk promosi dan tagihan sehingga anda tidak melewatkan e-mail billing statement sehingga bisa membayar kartu kredit anda tepat waktu.

4. Shop Till You Drop (Selama Limit Belum Habis)

Kartu kredit bukanlah uang, ia hanya sebuah alat untuk mempermudah hidup anda. Maka perlakukanlah ia dengan semestinya. Jika berbelanja, berbelanjalah sesuai dengan budget uang yang anda miliki bukan sesuai dengan budget limit kartu kredit yang anda pegang. Setibanya di rumah, anda bisa segera membuka layanan ebanking anda dan melakukan pembayaran atas penggunaan kartu kredit anda tersebut. Sehingga kartu kredit bukanlah uang, ia hanya pengganti uang sementara yang harus anda lunasi dengan uang sesegera mungkin.

5. Gratis Biaya Administrasi

Sering kita mendapatkan penawaran dari sales yang menawarkan pembuatan kartu kredit dengan biaya administrasi gratis. Hati-hati. Yang perlu anda selidiki adalah sampai kapan biaya tersebut gratis? Selama enam bulan pemakaian? Setahun? Dua tahun? Atau seumur hidup? Hal ini menjadi penting karena beban biaya administrasi akan anda tanggung selama anda memegang kartu tersebut. Semakin tinggi jenis kartu yang anda pilih maka biaya administrasinya semakin besar.

6. Memiliki Lebih Dari Satu Kartu

Kartu kredit bukanlah mainan untuk dibangga-banggakan, atau sejenis barang untuk anda koleksi. Jika anda memiliki banyak kartu kredit maka hanya ada dua kemungkinan : Bank percaya dengan anda, atau anda orang yang gemar berhutang. Secara logika memiliki kartu debit justru lebih prestige daripada kartu kredit. Maka dari itu, cukupkan diri dengan memegang satu kartu kredit yang bisa anda handle, meski gaji anda mencukupi untuk memiliki beberapa kartu. Rasanya hal tersebut lebih membanggakan daripada memiliki banyak kartu kredit namun dikemudian hari dikejar-kejar debt collector.

Kartu kredit sejatinya diciptakan untuk mempermudah hidup anda. Ia merupakan sebuah benda yang bisa kita kendalikan penggunaannya. Jika anda menggunakannya dengan baik dan bertanggung jawab, anda akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan sebagai pengguna. Namun ketika anda menggunakannya secara ceroboh, jangan kaget bila ia dapat berbalik menyesengsarakan hidup anda. Karenanya sebagai pengguna anda harus jeli mengenai seluk beluk kartu kredit anda sebelum menggunakannya agar tidak merasa terjebak di kemudian hari.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang jebakan kartu kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua,

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.