Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Investasi Emas untuk Pendidikan, Kenapa Tidak?

Pendidikan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam hidup. Sebagai orang tua, tentu saja ada keinginan ingin memberikan pendidikan terbaik untuk buah hati. Sayangnya, semakin hari biaya yang harus dikeluarkan untuk pendidikan malah semakin mahal saja. Terlebih dengan adanya sekolah-sekolah yang menawarkan program kurikulum luar negeri dan juga pengajaran multi bahasa kepada anak. Walaupun memang manfaatnya terbukti sangat besar, namun untuk mendapatkannya orang tua harus siap merogoh kantong dalam-dalam untuk membayarnya.

Salah satu jalan untuk membiayai pendidikan anak hingga ke jenjang tertinggi adalah dengan menabung semenjak dini. Ada banyak bentuk tabungan dan investasi yang bisa dipilih, seperti tabungan pendidikan berjangka, deposito dan juga investasi emas. Investasi emas bisa dibilang adalah investasi jangka panjang yang paling sederhana dan sangat menguntungkan. Jika melakukannya dengan benar, bukan mustahil bisa mendapatkan keuntungan berlipat-lipat dari modal pertama yang dikeluarkan. Berikut kelebihan-kelebihan dari investasi emas untuk membiayai pendidikan anak:

1. Prosesnya mudah dan praktis

Proses investasi emas sangatlah sederhana karena pada intinya orang tua hanya perlu membeli, menyimpan dan menjual. Investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Yang perlu dilakukan hanya membeli sejumlah emas setiap bulannya dan menyimpannya hingga waktu yang dibutuhkan. Anda bisa memilih untuk membelinya dalam bentuk perhiasan atau emas batangan. Proses menjualnya juga sangat mudah, karena bisa dijual lagi ke toko tempat Anda membeli dan pastinya akan langsung disesuaikan dengan harga emas di pasaran pada saat itu. Beberapa instansi resmi seperti Pegadaian juga menawarkan program cicilan untuk pembelian emas dalam jumlah besar. Anda juga tidak perlu khawatir dalam hal penyimpanan karena bisa dititipkan pada bank atau instansi resmi tersebut dan hanya membawa sertifikatnya saja.

2. Tidak perlu khawatir dengan inflasi

Data terbaru menunjukkan bahwa tingkat kenaikan harga emas tiap tahun sekitar 10-20 %, sedangkan angka inflasi di Indonesia sekitar 5% per tahun. Artinya kenaikan harga emas jauh lebih tinggi daripada angka inflasi. Namun tidak disarankan untuk menjual emas dalam jangka pendek karena kenaikan harganya biasanya tidak akan terlalu signifikan. Investasi ini sangat cocok dilakukan untuk menjamin dana masuk universitas bagi anak dan dilakukan semenjak si kecil masih berusia dini. Harga beli emas sendiri bisa dibilang cukup stabil dan selama orang tua rajin menambah nilai investasi setiap bulan, maka hasilnya akan sangat terlihat nantinya.

3. Emas dalam bentuk perhiasan bisa dimanfaatkan

Terutama bagi ibu dari si buah hati, tentunya memiliki koleksi perhiasan emas bisa menunjang penampilan. Sehingga selain sebagai bentuk tabungan, Anda juga bisa menikmati memiliki dan memakai perhiasan tersebut sehari-hari. Walau demikian, harap diingat bahwa nilai emas dalam bentuk perhiasan biasanya akan dikurangi dengan ongkos pengerjaan dan berat batu permata yang terpasang. Karena itu, pada saat dijual berat emas bisa menyusut sehingga harga jual tidak setinggi yang diharapkan. Untuk investasi dalam jumlah besar, harga jual emas batangan jauh lebih stabil daripada perhiasan emas.

Menghitung Investasi Emas Secara Cermat

Namun, agar investasi emas mencukupi biaya pendidikan anak, penghitungan yang cermat harus dilakukan terlebih dahulu. Misalnya untuk membiayai anak masuk universitas diperlukan dana Rp. 50.000.000, jika asumsi harga emas sekitar Rp. 600.000 per gram, maka dibutuhkan emas 84 gram untuk mencapainya. Jika Anda memulai menabung semenjak anak berada di Sekolah Dasar, maka dalam setiap tahun Anda harus menabung emas seberat 6.9 gram, yang artinya hanya sekitar 0.5 gram setiap bulannya. Jumlah ini tentunya sangat lebih terjangkau daripada harus menyisihkan penghasilan bulanan dalam bentuk rupiah.

Orang tua juga disarankan untuk terus mengikuti perkembanga kenaikan sekolah yang dituju agar tidak salah perhitungan. Jika memang terjadi kenaikan biaya pendidikan secara umum yang signifikan, bisa segera menambah porsi tabungan emas per bulan untuk mengantisipasi. Selama Anda disiplin menabung, pastinya investasi akan mencukupi dana pendidikan karena masih akan ditambah dengan selisih kenaikan harga jual emas pada saat buah hati masuk universitas. Berikut tips-tips yang bisa membantu kelancaran investasi emas untuk pendidikan anak Anda:

  • Pastikan keaslian dari emas yang dibeli. Sebaiknya membeli emas hanya di instansi resmi seperti Pegadaian dan toko emas ternama. Cermati keaslian sertifikat emas ketika Anda membelinya.
  • Mengetahui saat yang tepat untuk membeli dan menjual emas juga sangat penting. Harga beli emas cenderung naik menjelang hari raya besar keagamaan seperti saat Hari Raya Idul Fitri atau Hari Natal. Hal ini dikarenakan banyak karyawan yang menerima THR sehingga permintaan akan emas meningkat. Namun harga beli akan turun setelah pekan hari raya berakhir atau menjelang tahun ajaran baru karena banyak orang menjual emas simpanannya. Jadi untuk investasi, sebaiknya menjual emas simpanan Anda saat harga beli emas sedang naik.
  • Khusus untuk emas dalam jumlah yang cukup besar, sebaiknya mulai dicairkan secara bertahap mulai dari 6 bulan sebelum dana dibutuhkan. Masukkan dana tersebut dalam deposito jangka pendek agar penyimpanannya lebih terjamin.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang investasi emas untuk pendidikan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apakah Investasi Emas Bagus Saat Redenominasi?
Mana Tabungan Pendidikan Terbaik? CIMB Niaga, Danamon, atau BNI?
Apakah Investasi Emas Selalu Menguntungkan?
Tip Sederhana untuk Berhemat
Pilih Mana Kartu Kredit vs Kartu Debit?
Apa Itu ICO (Initial Coin Offering)?
Alasan Buruk Mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Bagaimana Cara Hidup Hemat Berumah Tangga?
Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang
Pentingnya Disiplin dalam Hidup


Bagikan Ke Teman Anda