Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Jenis Usaha Kecil yang Menguntungkan

Banyak orang bermimpi memiliki usaha sendiri, namun untuk memulai usaha dan mempertahankannya tidaklah mudah. Ya, memang membangun usaha sendiri berbeda dengan bekerja sebagai karyawan di perusahaan. Tidak ada jaminan gaji tetap pada usaha yang kamu bangun sendiri. Belum lagi, kamu juga harus memikirkan jenis usaha apa yang sebaiknya kamu jalankan.

Beruntung, pada tulisan kali ini kita akan berbagi ide jenis-jenis usaha kecil yang menguntungkan. Setidaknya paling sesuai dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat seperti sekarang ini:

1. Bisnis Mobile

Dewasa ini perkembangan teknologi smartphone semakin maju, aplikasi-aplikasi yang dikembangkan untuk membantu mempermudah kehidupan manusia juga semakin beragam. Di lain pihak, konsumen merasa semakin memiliki sedikit waktu untuk mengurusi banyak hal.

Oleh sebab itu, usaha yang menawarkan produk atau layanan yang datang kepada pelanggan dimanapun mereka berada, atau disebut layanan mobile akan semakin hits dan memiliki peluang keuntungan yang tinggi. Berikut contoh bisnis mobile yang bisa kamu coba:

  • Food Truck

Kalau kamu tertarik menggeluti dunia kuliner, namun tinggal di kota-kota besar dimana lahan semakin sulit dan harga sewanya semakin tinggi; maka food truck bisa menjadi pilihan tepat. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menyewa tempat dilokasi yang strategis.

Selain itu, alih-alih menunggu pelanggan datang; kamu malah bisa memilih untuk mendatangi tempat yang ramai dikunjungi pelanggan. Paduan fleksibilitas lokasi, serta menu makanan lezat yang khas yang kamu tawarkan tentu meningkatkan peluang keuntungan usahamu.

  • Layanan Cuci Mobil

Daripada harus berkendara ditengah kemacetan untuk mendatangi tempat pencucian mobil; tentu pelanggan akan lebih memilih menggunakan jasa layanan cuci mobil yang datang kepada mereka sekalipun harganya lebih mahal. Terutama bagi pelanggan yang memiliki mobil-mobil kelas atas yang lebih menyukai pelayanan yang lebih personal.

Selain memiliki keunikan sebab menawarkan pencucian mobil mobile, kamu juga terbebas dari biaya sewa serta biaya awal yang cukup besar untuk memiliki lokasi fisik. Saat ini cukup banyak grosir online yang menawarkan starting kit serta pelatihan di bisnis ini, jika kamu ingin mencoba.

  • Perbaikan Elektronik

Barang-barang elektronik semakin banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk aktifitas primer rumah tangga seperti memasak, untuk pekerjaan, hingga hhiburan. Oleh sebab itu kerusakan barang-barang elektronik akan sangat menghambat. Pelanggan tentu ingin kerusakan tersebut dapat diperbaiki secepat mungkin.

Kamu bisa menjadi solusi bagi pelanggan yang mengalami masalah ini. Dengan menawarkan layanan perbaikan elektronik mobile, dimana anda yang datang ketempat pelanggan anda. Ini akan memberikan nilai plus dimata pelanggan, karna selain mempermudah, layanan seperti ini juga akan menghemat waktu mereka.

  • Service Kendaraan

Mendatangi bengkel hanya untuk melakukan perbaikan kecil pada kendaraan sering kali membuat pelanggan merasa malas. Perjalanan ke bengkel yang memerlukan waktu dan usaha. Belum lagi ketika harus menghabiskan waktu menunggu lama mengantri di bengkel. Hal ini terbayang tidak nyaman dan membuat rasa malas menyerang.

Beberapa perbaikan berat memang memerlukan peralatan khusus di bengkel, namun ada banyak pemeliharaan dan perbaikan kendaraan yang hanya memerlukan alat sederhana dan waktu yang relatif singkat. Misalkan penggantian oli, penggantian baterai atau accu, perbaikan lampu, dan semacamnya. Kamu bisamencoba mengambil peluang ini dengan menawarkan layanan perbaikan kendaraan mobile.

2. Bisnis Berorientasi Anak

Kelahiran bayi akan terus ada sepanjang masa, sepanjang tahun. Usia anak-anak menempati persentase cukup tinggi dalam populasi manusia. Singkatnya, anak-anak ada dimana-mana. Oleh sebab itu, peluang bisnis yang berorientasi anak memberikan peluang keuntungan yang menarik.

  • Pelayanan Pasca Kehamilan dan Bayi Baru Lahir

Kebutuhan layanan pasca kehamilan dan bayi yang baru lahir terus meningkat dewasa ini, terutama di kota-kota besar. Misalnya permintaan doula (pendamping ibu) atau konsultan laktasi bagi ibu baru. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar, namun memerlukan pendidikan dan sertifikasi khusus.

  • Aktivitas Pengayaan

Pengayaan diluar pendidikan sekolah juga masih tetap banyak dicari hingga saat ini. Jika kamu memiliki keterampilan dalam bidang tertentu, kamu bisa mengambil peluang ini. Misalnya dengan menawarkan pengayaan di bidang Musik, Seni, ataupun Atletik.

Kamu bisa membuka tempat fitness atau gym; membuka sanggar tari, menawarkan les piano, biola, gitar, atau vokal; memberikan layanan pelatihan menggambar, atau memasak; menjadi intrukstur renang, atau yoga, dan lain sebagainya.

  • Aplikasi Mobile untuk Anak

Seperti sudah disinggung sebelumnya,dewasa ini penggunaan aplikasi smartphone semakin diminati. Kamu dapat menemukan beragam produk dan layanan yang diberikan aplikasi untuk mempermudah dan membaut kehidupan keseharianmu menyenangkan.

Membangun aplikasi yang ditujukan khusus untuk pemenuhan kebutuhan anak-anak juga merupakan peluang bisnis yang baik. Misalnya membuat aplikasi pendidikan seperti kursus bahasa, panduan berlajar bermain musik, aplikasi les mata pelajaran online, atau juga membuat aolikasi-aplikasi hiburan yang bersifat mendidik.

3. Ekonomi Berbagi

Ekonomi berbagi (Sharing Economy) merupakan fenomena dimana konsumen dapat meminjam atau menyewa aset milik orang lain. Dewasa ini prinsip ekonomi berbagi semakin di gandrungi dan banyak diterapkan dalam banyak bisnis, baik skala besar maupun kecil. Berikut contoh usaha kecil dengan prinsip ekonomi berbagi yang bisa kamu coba:

  • Aksesori dan Pakaian

Harga gaun mewah yang digunakan untuk menghadiri pesta, jamuan makan, atau acara-acara khusus lainnya cukup menguras kantong. Belum lagi persiasan serta aksesoris lainnya. Membeli gaun baru setiap kali acara tentu akan memberatkan, namun tidak mungkin pula menggunakan gaun yang sama setiap kali pergi. Apalagi jika sering diundang ke acara-acara semacam itu.

Kalau kamu memiliki minat serta bakat dalam bidang fashion, kamu bisa memikirkan untuk membuka usaha layanan sewa pakaian dan aksesorinya. Kamu bisa memulai dengan mengumpulkan pakaian adat atau kostum tari, yang sering digunakan siswa sekolah, pakaian untuk pesta pernikahan, atau semacamnya.

  • Peralatan Perbaikan Rumah

Tidak semua rumah memiliki alat pertukangan atau perbaikan rumah yang lengka. Sebab beberapa alat  terkadang berharga mahal namun sangat jarang digunakan. Jika kamu memiliki keahlian pertukangan, bahkan akan lebih baik lagi. Kamu bisa menyewakan alat pertukangan, sekaligus juga menawarkan jasa layanan perbaikan rumah keliling atau mobile.

  • Persewaan Liburan

Kalau kamu merupakan tipe orang yang senang bertemu dengan orang baru dan memiliki tempat tinggal dengan ruang luas atau banyak;  kamu bisa menyewakan salah satu ruangmu atau bahkan rumah mu pada para traveller dari seluruh dunia. caranya mudah, kamu cukup mendaftarkannya di Airbnb atau VRBO.

4. Pendidikan Online

Platform kursus atau pendidikan online telah terbukti menghasilkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Selain itu, biaya untuk mengembangkan kursus online juga minim. Berikut ini beberapa bidang pendidikan online yang bisa kamu coba:

  • Akademik

Ketika berbicara mengenai pendidikan, pikiran kita akan langsung menuju ke akademik tradisional. Ada banyak mata pelajaran dalam pendidikan nasional yang bisa kamu tawarkan dalam kursus online. Misalkan kursus pelajaran matematika tambahan, atau sains, atau juga sejarah.

Kamu perlu menjadi kreatif, agar materi dan metode pengajaran kursus dalam palikasimu menyenangkan dan mudah dipahami. Bukan hanya untuk murid, kamu juga bahkan bisa memberikan kursus atau panduan bagi orang tua yang membantu anaknya belajar.

Kursus akademik juga tidak hanya terbatas pada pendidikan dasar, menengah, atau bahkan perguruan tinggi. Kamu juga bisa menawarkan kursus mengenai bidang yang kamu sukai seperti bidang sejarah, politik, teologi, robot, atau bahkan tentang membuat roket.

  • Bahasa

Komunikasi global terus meningkat, terutama dengan semakin majunya layanan internet yang mengakibatkan batas geografis menjadi kabur dalam dunia maya. Konsumen di seluruh dunia semakin tertarik untuk belajar bahasa baru, dan kemungkinan rela membayar untuk itu.

Kalau kamu mahir dalam suatu bahasa, terutama bahasa yang umum digunakan secara luas seperti bahasa Inggris atau Mandari, atau malahan bahasa yang nyaris punah; maka kamu bisa mencoba peluang menguntungkan ini.

  • Pemasaran

Kamu juga bisa membagikan keahlian yang telah kamu pelajari dengan susah ayah dalam bisnis atau kariermu, yang tidak ditemui atau diajarkan dalam pendidikan formal. Bagikan keahlian tersebut kepada para pebisnis pemula, melalui kursus online berbayar. Misalnya kursus pengambangan Web, desain grafis, atau bahkan pembukuan.

  • Kesehatan Pribadi

Kalau kamu seorang terapis, intruktur yoga, meditator, atau semacamnya dan memiliki hasrat mendalam mengenai kesehatan pribadi; kamu bisa membantu orang lain menemukan zen pribadinya. Bagikan apa yang anda ketahui, buat kursus online untuk membantu orang lain mengelola kesehatam pribadinya. Balasannya kamu mendapatkan penghasilan.

  • Hobi Lainnya

Selain kursus pendidikan, atletik, seni musik, lukis atau pun tari, kamu juga bisa membuat kursus mengenai hobi atau minat apapun. Misalkan kamu jago dalam game tertentu, dan menguasai trik-trik memenangkan permainan tersebut, memiliki keahlian sulap, menyukai kaligrafi, atau apapun. Kamu akan terkejut dengan jumlah orang  yang bersedia membayar untuk hal yang diminatinya.

5. Layanan B2B Freelance

Bagi banyak perusahaan terutama usaha kecil, memperkerjakan kontraktor lepas merupakan jalan tengah terbaik. Sebab dengan demikian, mereka dapat memperoleh pekerja yang mereka butuhkan namun terhindar dari tuntutan gaji tambahan atau komitmen jangka panjang.

Jika kamu tertarik menjadi pekerja freelance, kamu bosa memuali dengan mendaftarkan diri di situs-situs freelance seperti Upwork, Guru, Projects, Freelancer, dan lain sebagainya. berikut beberapa contoh bidang freelance yang mungkin cocok untuk kamu:

  • Pembukuan dan Akuntansi

Pembukuan dan akuntansi adalah kebutuhan yang tidak dapat dihindari dalam kepemilikan bisnis. Namun bagi banyak pengusaha, bagian ini adalah bagian terburuk dalam memiliki bisnis. Kalau kamu seorang BPA berlisensi, kamu bisa meluncurkan bisnis layanan jasa dibidang ini.

Terlebih lagi kalau kamu memiliki lisensi CPA, kamu juga bisa membantu pemilik bisnis dalam mengajukan pajak, membuat neraca atau dokumen akuntansi lainnya, serta membuat rekomendasi profesional tentang klien kamu.

  • Konsultan

Kalau kamu judah lama terjun dalam dunia bisnis, merasakan asam garam dunia ini dan terbukti bisa mengatasinya; makan kamu bisa mempertimbangkan karier baru sebagai konsultan independen. Pengetahuan yang kamu miliki akan sangat berguna bagi para pengusaha baru. Kamu bisa diundang untuk berbicara di konferensi industri, menjadi dewan penasihat bagi pebisnis pemula, atau meminjamkan keahlian kamu dalam membentuk strategi bisnis.

  • Copywriter Pemasaran

Kalau kamu memiliki keahlian dalam mengolah kata, kamu bisa menggunakan bakat tersebut untuk menulis salinan untuk berbagai upaya pemasaran perusahaan. Baik berua slogan yang menarik, atau tulisan yang mendeskripsikan penawaran perusahaan secara mendalam. Perlu diketahui bahwa indrustri pemasaran konten di Amerika, diperkirakan bernilai hingga $ 412 miliar pada tahun 2021.

  • Layanan Asisten Virtual

Keberadaan asisten diperlukan oleh para pengusaha, manajer, ataupun pihak eksekutif lainnya. namun banyak diantara mereka yang tidak bisa atau tidak mau membayar tenaga asisten penuh waktu. Kamu bisa menjawab kebutuhan ini dengan memberikan layanan asisten virtual. Yang kamu perlukan hanya laptop dan koneksi internet, selain tentunya keterampilan sebagai seorang asisten.

Itulah beberapa jenis usaha kecil menguntungkan yang sesuai dengan perkembangan jaman. Silahkan tinggalkan komentar jika kamu memiliki pertanyaan, dan jangan lupa berbagi ya. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang jenis usaha kecil yang menguntungkan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Untung Rugi UKM Menerima Pembayaran Kartu Kredit
Kendala UKM: Bisnis Kecil Sulit Berkembang
Faktor Apa yang Menyebabkan UMKM Gagal?
13 Tip Agar Bisnis Kecil UKM Bisa Bertahan Saat Krisis Ekonomi
Review Sekilas Akseleran
Mengapa Banyak UMKM yang Gagal?
Tip Mempromosikan Produk dan Jasa UKM
Kunci Sukses UKM
Macam Usaha Kuliner yang Menguntungkan dan Modal Kecil
Mengapa UKM Sulit Berkembang?


Bagikan Ke Teman Anda