Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Jika Kartu ATM Sudah Expired, Apa yang Harus Dilakukan?

#ATM #expired #kartu ATM

Anda sedang di depan kasir membayar transaksi secara debit menggunakan kartu ATM anda. Ketika kartu dimasukkan ke mesin EDC, mesin kemudian menolak kartu anda. Anda bingung. Saldo masih banyak dan PIN rasanya sudah terinput dengan benar. Lalu apa yang salah? Ada baiknya anda cek lagi tanggal berlaku kartu yang terdapat di kartu ATM anda. Apakah tanggalnya sudah expired atau belum?

Jika sudah expired, jelas saja kartu anda tidak dapat digunakan baik sebagai ATM maupun sebagai kartu debit. Andapun bisa mati kutu karena tidak bisa menarik uang secara tunai dan tidak bisa menggunakan kartu sebagai alat pembayaran. Jika sudah demikian apa yang sebaiknya anda lakukan?

Kartu ATM dan Tanggal Berakhirnya

Ingatlah bahwa kartu ATM anda juga memiliki tanggal expired. Artinya, kartu tersebut hanya dapat anda gunakan dengan semestinya, jika digunakan sebelum tanggal yang tertera di kartu tersebut.

Idealnya, kartu ATM anda ganti sebelum masa expired-nya berakhir. Hal ini karena pada bank-bank tertentu seperti BRI misalnya, akan mengenakan biaya ganti kartu jika anda mengganti kartu setelah tanggal expired berakhir. Sementara jika anda mengganti kartu sebelum tanggal expired maka tidak dikenakan biaya.

Namun tentu saja karena banyaknya aktivitas yang harus kita lakukan, dan banyaknya kartu yang kita pegang, membuat kita terkadang tidak selalu ingat dan memperhatikan kapan tanggal expired kartu berakhir. Sehingga alih-alih mengganti kartu sebelum kartu expired, kita malah mengganti kartu setelah kartu menemui tanggat tenggat kadaluarsa. Jika sudah demikian, maka kita harus ke Bank untk mengganti kartu dan membayar biaya yang ditetapkan.

Yang harus kita Lakukan ketika kartu ATM kita Expired adalah :

  • Kita harus ke Bank dengan membawa kelengkapan seperti :
  1. Kartu ATM anda yang sudah expired
  2. KTP atau tanda pengenal lainnya seperti SIM atau Paspor
  3. Buku Tabungan yang menunjukkan bahwa anda adalah benar pemilik tabungan dengan nomor rekening yang tertera dan pemegang kartu ATM pada nomor rekening tersebut.
  4. Sejumlah uang untuk membayar biaya penggantian kartu. Biaya di tiap Bank mungkin berbeda, namun anda tidak perlu khawatir karena jikapun ada biaya maka terjangkau. Berkisar antara Rp.10.000 hingga Rp.25.000
  • Setelah anda datang ke Bank, anda dapat mengambil nomor antrian di Customer Service (CS)
  • Mengisi formulir yang disediakan oleh CS untuk diisi dan ditandatangani.
  • CS akan memproses permintaan penggantian kartu ATM anda dan memberikan anda kartu ATM yang baru.
  • Setelah itu, CS akan meminta anda untuk menandatangani kartu ATM yang baru, dan mensetting PIN baru untuk kartu ATM anda menggunakan mesin EDC yang ada di meja CS.
  • Ingat bahwa PIN anda hanya boleh diketahui oleh anda sendiri, dan anda tidak diperkenankan untuk memberitahukan PIN anda kepada siapapun. Bahkan petugas Bank juga tidak diperkenankan mengetahui PIN anda karena sifatnya yang sangat rahasia. Pastikan anda mengingat nomor PIN anda tersebut untuk mencegah terjadinya pemblokiran kartu ATM jika anda lupa PIN sebanyak tiga kali.
  • Setelah PIN di kartu baru tersetting, CS akan memberitahukan kepada anda jika ada biaya yang dibutuhkan dalam proses penggantian kartu tersebut, anda bisa langsung membayar biaya di meja CS dan tidak perlu ke Teller.
  • Jika semua proses sudah selesai, dan Kartu ATM baru anda sudah diaktivasi, CS akan memberikan kartu ATM yang baru kepada anda, dan langsung bisa anda gunakan untuk melakukan transaksi.
  • Ada baiknya sebelum anda keluar dari Bank, anda disarankan mencoba kartu ATM anda yang baru ke mesin ATM yang ada di Banking Hall. Hal ini untuk mengantisipasi jika kartu ATM anda tidak dapat digunakan secara semestinya, anda masih bisa datang ke CS untuk menyelesaikan permasalahannya.
  • Namun jika kartu ATM yang anda coba di ATM di Banking Hall telah dapat berfungsi dengan baik, maka anda sudah bisa pulang dan menggunakan kartu ATM anda secara biasa.

Biaya Penggantian Kartu ATM di Beberapa Bank di Indonesia

Kartu Paspor BCA

  • Biaya pembuatan/penggantian kartu Silver Rp.10.000
  • Biaya pembuatan/penggantian kartu Gold Rp.15.000
  • Biaya pembuatan/penggantian kartu Platinum Rp.20.000
  • Biaya pembuatan/penggantian kartu Tahapan Expresi Rp.25.000
  • Biaya pembuatan/penggantian kartu Tapres Rp.15.000

Kartu ATM BRI

  • Biaya pembuatan/penggantian kartu Rp.15.000
  • Jika kartu diganti sebelum tanggal expired maka biaya gratis.

Kartu ATM Mandiri

  • Biaya pembuatan/penggantian kartu karena hilang / rusak Rp.15.000
  • Penggantian Kartu biasa gratis
  • Penggantian Kartu Karena Tertelan gratis

Kartu ATM BNI

1. BNI Taplus Bisnis

  • Biaya pembuatan/penggantian kartu Gold Rp.20.000
  • Biaya pembuatan/penggantian kartu Platinum Rp.25.000

2. BNI Taplus Muda

  • Biaya pembuatan/penggantian kartu karena hilang atau rusak Rp.25.000

Kartu ATM Bank Niaga

  • Biaya pembuatan/penggantian kartu karena hilang atau rusak Rp.20.000

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang harus dilakukan jika kartu ATM sudah expired, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.