Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kartu Debit vs Kartu Kredit, Kapan Sebaiknya Menggunakannya?

#perbedaan kartu debit dan kartu kredit #tip kartu debit #tip kartu kredit

Bermacam-macam produk perbankan kini telah beredar luas di pasaran. Diantaranya adalah kartu kartu yang bisa Anda gunakan sebagai media pembayaran. Adalah kartu debit, kartu kredit dan kartu prepaid yang semakin mempermudah nasabah dalam bertransaksi baik secara konvensional maupun online. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih spesifik, perbedaan antara kartu debit dan kartu kredit, serta kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kartu debit maupun kartu kredit?

Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya:

Apa Perbedaan Kartu Debit dengan Kartu Kredit?

Seperti Kita semua ketahui, saldo dari kartu debit akan memotong tabungan kita secara langsung saat Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu debit, praktis tak ada kata hutang ke pihak bank. Namun lain halnya jika Anda menggunakan kartu kredit, dana yang Anda gunakan untuk transaksi bersifat virtual dengan sistem limit dana yang dikeluarkan oleh bank penerbit kartu kredit.

Keduanya sama sama dapat digunakan sebagai media pembayaran, hanya saja pehitungan sistem keuangannya saja yang berbeda. Jika Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu debit, Anda tidak akan dikenakan bunga, namun jika Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, siap-siap di bulan berikutnya Anda akan mendapatkan tagihan dan diharuskan membayar, sekalipun dalam batas minimum payment. Namun yang perlu diperhatikan, jika Anda tidak segera melunasi, tagihan kartu kredit Anda akan semakin menumpuk.

Perbedaan selanjutnya ada pada sistem authentifikasi atau pengesahan pembayaran. Jika menggunakan kartu debit, Anda diwajibkan menggunakan Personal Identification Number (PIN) ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang Anda miliki. Sementara kartu kredit saat ini rata-rata masih menggunakan metode manual dengan menggunakan tanda tangan, meski saat ini dari pihak Bank Indonesia sudah menganjurkan bank penerbit kartu kredit untuk membuat sistem Personal Identification Number (PIN) pada kartu kredit, namun beberapa pengguna masih enggan menggunakan PIN lantaran dinilai kurang praktis.

Hal tersebut bagi kartu kredit bisa jadi sebuah kekurangan tersendiri, lantaran tanda tangan yang bisa dipalsukan membuat kartu kredit rentan dicuri dan dimanfatkan dengan leluasa. Bahkan lebih parahnya lagi belakangan kita sering mendengar kasus pembobolan tagihan kartu kredit oleh sejumlah oknum tak bertanggung jawab. Meski sejatinya kartu kredit telah menggunakan sistem keamanan tingkat tinggi nyatanya masih ada celah yang sengaja dimanfaatkan oleh sejumlah hacker untuk membobol data dan keuangan nasabah.

Yang patut Anda jaga adalah keamanan kode authentifikasi danĀ  pilihlah merchant yang terbukti legalitasnya. Jika Anda berbelanja online menggunakan kartu kredit, alangkah lebih baiknya jika Anda mengecek keabsahan portal tersebut melalui sejumlah testimoni yang tersebar di dunia maya.

Yuk Cermati Perbedaan dan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Kartu Debit maupun Kartu Kredit Ini!

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kartu kredit?

Waktu yang tepat untuk menggunakan kartu kredit adalah ketika Anda ingin menekan cash flow. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah jangan pernah memanfaatkan kartu kredit jika memang Anda tidak mau terlilit hutang kartu kredit di masa yang akan datang. Gunakanlah seperlunya, misal pada saat keadaan darurat saja.

Selain menekan cash flow, Anda juga dapat menggunakan kartu kredit sebagai media pembayaran cicilan. Promosi yang gencar dikeluarkan oleh bank yang bekerja sama dengan beberapa merchant memungkinkan Anda untuk berbelanja dengan sistem cicilan 0%. Cukup menggoda bukan? Terlebih jika Anda ingin membeli alat elektronik yang harganya terbilang cukup mahal dan yang pasti bisa menguras kantong Anda jika membelinya dengan cara cash.

Anda juga dapat memanfaatkan kartu kredit untuk ongkos transportasi online lho, baik itu taksi maupun ojek online. Selanjutnya bagi Anda yang hobi travelling, fasilitas Air Miles yang terdapat di beberapa kartu kredit juga memungkinkan Anda untuk menikmati fasilitas bandara secara cuma cuma seperti, Airport Lounge, tiket gratis, hingga paket liburan murah ke luar negeri.

Yang terakhir, gunakanlah kartu kredit sesuai dengan limit Anda. Perilaku konsumtif tentu saja dapat membawa Anda kearah terlilit hutang kartu kredit yang berkepanjangan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Kartu Debit?

Selanjutnya, waktu yang tepat untuk menggunakan kartu debit adalah ketika Anda sering belanja bulanan. Dengan mengalokasika dana pada rekning khusus, Anda dapat mengatur pengeluaran dalam jangka waktu satu bulan.

Beberapa merchant seperti minimarket memiliki fasilitas tarik tunai menggunakan kartu debit dengan minimum transaksi. Untuk Anda yang jauh dari ATM (Anjungan Tunai Mandiri) Anda dapat dengan leluasa memanfaatkan fitur ini. Ibarat menyelam sambil minum air, selagi Anda berbelanja, Anda juga bisa menarik tunai untuk kebutuhan lainnya.

Namun, jika dilihat dari segi marketing, kartu debit memang memiliki promo jauh lebih sedikit dibanding kartu kredit, tapi bagi Anda yang tidak mau terlilit hutang kartu kredit, Anda bisa memanfaatkan fasilitas kartu debit sebagai solusi pembayaran cashless.

Itulah beberapa poin yang harus Anda perhatikan dalam memanfaatkan baik kartu debit maupun kartu kredit. Gunakanlah sesuai dengan kemampuan Anda, sehingga dapat terhindar dari jerat hutang yang menanti Anda di akhir bulan.

Artikel Terkait

Demikian artikel tentang perbedaan antara kartu debit dan kartu kredit, serta kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. Semoga bermanfaat.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.