Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kartu Kredit ANZ

#bank

ANZ merupakan salah satu bank asing yang memiliki kantor cabang di Indonesia. Sebagaimana bank asing lainnya, ANZ memiliki beberapa variasi kartu kredit dengan manfaat yang luas. Tidak heran, kartu kredit ANZ menjadi salah satu kartu kredit yang paling banyak diburu oleh nasabah.

Meskipun kartu-kartu kredit dari bank lain juga membebankan biaya-biaya yang harus dibayar nasabah, kartu kredit ANZ memang terbilang istimewa. Mulai dari proses pengajuan hingga pembayarannya, semuanya itu berbeda dengan bank pada umumnya. Demikian juga ada jenis-jenis kartu yang berbeda dengan kartu kredit yang diterbitkan bank pada umumnya.

Berikut ini adalah paparan lebih lanjut mengenai kartu kredit ANZ, salah satu kartu kredit unik nan menarik yang paling banyak diburu oleh nasabah ini:

1. Jenis-Jenis Kartu Kredit ANZ Yang Unik

Pada poin ini, saya akan membahas mengenai jenis-jenis kartu kredit ANZ yang unik beserta dengan “keunikan”-nya masing-masing secara umum. Adapun yang dimaksud dengan “keunikan” di sini adalah fitur-fitur pendukungnya yang spesifik dan memiliki ciri khas dibandingkan dengan kartu kredit pada umumnya.

Berdasarkan informasi yang terdapat dalam situs resmi ANZ, jenis-jenis kartu kredit yang unik ini misalnya terdapat pada jenis ANZ Femme, ANZ Kartu Cicilan, dan ANZ SPB Visa Infinite. Secara umum, ANZ Femme ditujukan secara spesifik untuk perempuan dan baik ANZ Kartu Cicilan maupun ANZ SPB Visa Infinite ditujukan untuk nasabah yang bersifat aktif.

Meskipun ditujukan untuk perempuan, kenyataannya ANZ Femme juga memiliki fitur yang tidak kalah menariknya, yakni pembayaran uang kuliah yang lebih hemat di seluruh dunia. Karena dalam beberapa tahun belakangan ini banyak orang yang melanjutkan studi ke luar negeri, maka ANZ Femme ini merupakan salah satu pilihan kartu kredit yang pantas untuk dipertimbangkan.

Berikutnya, ANZ Kartu Cicilan adalah kartu kredit yang sangat ramah bagi para penghobi online shopping. Menurut pengamatan saya, ANZ Kartu Cicilan ini akan memberikan cicilan maupun promosi kompetitif untuk shopping di berbagai online shop di Indonesia. Sementara itu, ANZ SPB Visa Infinite menawarkan banyak kenyamanan saat hendak menonton bioskop maupun mengakses executive lounge di berbagai negara di dunia.

2. Rata-Rata Biaya Dan Persentase Yang Harus Dikeluarkan

Status ANZ sebagai bank asing dengan berbagai macam kartu kredit dan penawarannya yang unik membuat produk-produk perbankan ANZ berharga lebih mahal dibandingkan bank-bank lokal, termasuk biaya yang dibebankan pada nasabah kartu kredit.

Untuk iuran tahunan, kartu kredit ANZ secara umum kira-kira 5-10 kali lebih mahal dibandingkan iuran tahunan kartu utama dan tambahan kartu kredit bank lainnya. Iuran tahunan paling murah berada di kisaran angka Rp150.000,00 sampai dengan Rp300.000,00, sementara yang paling mahal bisa sampai setara rate upah minimum regional karyawan kantoran. Wow!

Sebagai bank yang telah banyak terintegrasi dengan sistem perbankan online, maka penerbitan tagihan seharusnya juga dapat dilihat lewat e-statement yang ditampilkan di layar komputer. Karena itu, untuk mem-print e-statement ini dikenakan biaya Rp10.000,00 per kali pencetakan.

Jangan sekali-kali juga membatalkan cicilan atau autodebet yang dikenakan oleh ANZ, karena mengenai hal ini juga ada biaya Rp200.000,00 (untuk pembatalan cicilan) dan Rp50.000,00 (untuk pembatalan autodebet). Belum lagi ada biaya admin untuk mata uang yang berbeda. Tergantung dari lokasi dilakukannya transaksi valuta asing tersebut, ANZ membebankan Rp10.000,00 jika lewat Call Centre dan/atau Rp5.000,00 jika transaksi lewat internet banking.

Tidak cukup sampai di sana, bunga cicilan kartu kredit ANZ pun tinggi. Kalau saya lihat pada bank lain selain ANZ, rata-rata bunganya tidak sampai lewat 1,5%-2%. Untuk ANZ, bunga semua kartu kredit adalah 2,95% per bulan. Demikian juga persentase denda overlimit-nya secara keseluruhan lebih tinggi dibandingkan persentase denda overlimit kartu kredit dari bank-bank lainnya yang hanya 3%-4%, yakni 5% dari total selisih overlimit.

Kalau kita hanya melihat pada biaya-biaya tersebut, pastinya akan menjadi seram kalau hanya mengetahui biaya kartu kredit yang selangit tanpa mengetahui cara membayarnya. Karena itu, dalam poin selanjutnya tentang metode pembayaran, saya akan memaparkan dengan cara apa saja nasabah kartu kredit ANZ membayar biaya-biaya terkait kartu kreditnya.

3. Metode Pembayaran Kartu Kredit ANZ

Dalam membayar biaya-biaya terkait kartu kredit ANZ, nasabah dapat melakukannya lewat ATM, teller ANZ, maupun autodebet dari rekening ANZ. Khusus autodebet tidak ada cara pembayaran yang khusus, karena kita bisa langsung tahu kalau rekening kita didebet. Karena itu, saya akan membahas lebih jauh metode pembayaran biaya kartu kredit ANZ lewat ATM dan teller bank ANZ.

Jika memutuskan untuk membayar lewat teller ANZ, yang pertama kita lakukan adalah mengisi formulir pembayaran kartu kredit di cabang ANZ terdekat setelah menyatakan tujuan kunjungan kita. Selanjutnya, kita mengeluarkan sejumlah uang untuk diproses teller ANZ. Perlu diingat, biaya untuk melakukan metode pembayaran ini adalah Rp75.000,00 per kartu utama, yang akan dikurangkan dengan jumlah kas yang kita bawa. Karena itu, penting untuk membawa sebesar uang tagihan ditambah Rp75.000,00 saat membayar lewat teller ANZ.

Jika pembayarannya lewat ATM, maka pembayaran kartu kredit ANZ paling baik dilakukan lewat ATM-nya ANZ sendiri. Ini karena pembayaran kartu kredit lewat ATM ANZ bebas biaya dan pihak ANZ langsung dapat melacak pembayaran selama kita membayar sebelum pukul 17:00 waktu setempat.

Kalaupun terpaksa karena tidak ada ATM ANZ yang terdekat atau mesin ATM error (ini jarang terjadi, tapi hanya untuk sekadar berjaga-jaga saja kalau-kalau bisa terjadi demikian), kita juga dapat menggunakan ATM yang terdaftar lewat jaringan ATM Bersama dan Prima. Jika menggunakan cara ini, dalam menu pembayaran kita memilih kode 061. Kita akan dikenakan biaya sebesar Rp2.500,00 dan menerima bukti transfer setelah melakukan transaksi dengan cara ini. Jika baik ATM ANZ maupun ATM Bersama dan Prima mengalami masalah, dapat juga membayar lewat ATM Bank yang bekerja sama dengan ANZ dengan biaya sebesar Rp12.500,00.

4. Manfaat Yang Menyertai Kartu Kredit ANZ

Dengan biayanya yang tinggi, kartu kredit ANZ bukanlah kartu kredit yang sama sekali tidak ada manfaatnya. Manfaat kartu kredit ANZ tidak terbatas hanya pada manfaat kartu kredit individual seperti penawaran berbelanja, fasilitas bandara, diskon merchant seluruh dunia, atau berbagai hadiah yang dapat ditukar dengan reward point, namun juga mencakup manfaat-manfaat lain yang penting seperti perlindungan bagi nasabah kartu kredit.

Dari segi asuransi kartu kredit, nasabah akan memperoleh manfaat hingga 100 juta rupiah atau sebesar limit kartu kredit nasabah tersebut. Nasabah juga akan memperoleh santunan cacat karena kecelakaan dan/atau meninggal dunia. Ini akan menguntungkan apabila suatu hari nanti ada kejadian luar biasa yang mengakibatkan nasabah tidak dapat melunasi hutang-hutangnya, seperti kematian.

Saat nasabah bertransaksi secara online, kartu kredit ANZ juga memiliki perlindungan yang unik yakni 3D Secure. Perlindungan 3D Secure ini bekerja dengan mengirimkan kode konfirmasi 6-digit lewat SMS setiap kali bertransaksi di online shop bertanda “Verified by Visa” atau “Verified by Mastercard Secure Code”. Dengan perlindungan 3D Secure, nasabah kartu kredit ANZ yang suka online shopping akan dapat berbelanja dengan tenang tanpa harus kuatir identitas penting terkait kartu kredit dapat terbobol pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mengenai limit kartu kredit yang kerap menjadi momok orang-orang yang suka berbelanja, kartu kredit ANZ juga menawarkan manfaat yang unik dan jarang atau tidak terdapat di bank lain. Manfaat “ajaib” tersebut adalah penambahan limit kartu kredit yang prosesnya hanya memakan waktu 3 menit saja. Lebih “ajaib” lagi, penambahan limit dapat diajukan lewat call center 24 jam bank ANZ, sehingga dengan adanya fasilitas ini, lupa mengenai overlimit kartu kredit secara mendadak bukan lagi menjadi alasan.

Bila kita melihat-lihat lagi poin-poin ulasan kartu kredit ANZ di atas, kita akan mengetahui kalau kartu kredit ini merupakan kartu kredit untuk kalangan menengah ke atas. Ini dikarenakan kartu kredit ANZ memiliki manfaat ajaib, istimewa, dan berjumlah banyak, serta diikuti dengan biaya-biaya yang tidak murah pula. Bagi Anda nasabah ANZ kalangan menengah ke atas yang memiliki gaya hidup mewah, kartu kredit ANZ dapat menjadi pilihan Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kartu kredit ANZ. Semoga bermanfaat bagi semua.

Artikel Populer

bank, Financial Technology (Fintech), fraud, hutang kartu kredit, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit untuk anak, keuntungan kartu kredit, kpr ditolak, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, KTA ditolak, KTA untuk modal usaha, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tagihan kartu kredit, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 

 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.