Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kartu Kredit Hilang? Segera Lakukan Hal Dibawah ini!

#fraud #tip kartu kredit

Penggunaan kartu kredit saat ini memang sangat memudahkan dalam bertransaksi, bahkan tiap orang dapat memiliki kartu kredit lebih dari satu. Namun terkadang ada saja kejadian buruk bisa terjadi pada kartu kredit anda, misalnya saja kartu kredit anda mendadak menghilang.

Sebagian besar orang yang mengalami hal ini tentunya akan merasa panik dan bingung akan melakukan apa. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika kartu kredit anda hilang.

  1. Laporkan Kepada Bank Penerbit

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika menyadari kartu kredit menghilang adalah dengan menghubungi pihak bank yang menerbitkan kartu kredit untuk memblokir kartu kredit anda. Lakukan via telepon agar lebih aman dan cepat, dan bisa diandalkan 24 jam penuh.

Anda hanya perlu melaporkan tentang kehilang kartu kredit anda serta memberikan informasi-informasi terkait dengan kartu kredit anda.

Biasanya pihak bank akan menanyakan tentang data pribadi anda, nomor kartu, nominal transaksi terakhir yang dilakukan, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kartu kredit anda.

Setelah data dipastikan valid, maka proses pemblokiran akan berlangsung. Mintalah pemblokiran dilakukan segera untuk mengantisipasi agar kartu kredit anda tidak di salah gunakan oleh pihak lain.

  1. Lapor Kehilangan Kartu Kredit Ke Pihak Polisi

Setelah anda melaporkan kehilangan pada pihak bank, anda harus melanjutkan pelaporan kehilangan ke pihak polisi. Nantinya pihak polisi akan mengeluarkan surat keterangan kehilangan kartu kredit yang nantinya bisa anda gunakan untuk membuat kartu kredit baru di bank.

Setelah anda mendapatkan surat keterangan kehilangan, anda bisa memfotokopinya dan memberikan surat keterangan yang asli kepada pihak bank dan surat fotokopi bisa anda simpan cadangan. Setelah itu proses pergantian kartu kredit bisa berjalan dan anda akan mendapatkan pengganti kartu kredit anda.

  1. Tutup Kartu Kredit Yang Lama

Meskipun anda sudah melakukan proses pemblokiran pada kartu kredit yang lama, bukan berarti bila kondisi sudah aman. Tentunya anda harus memastikan bila kartu kredit anda yang lama benar-benar sudah ditutup. Sehingga tak ada pihak lainnya yang dapat bertransaksi menggunakan kartu kredit anda.

Bila anda memiliki Paypal yang dihubungkan ke kartu kredit anda yang lama, maka hapuslah akun PayPal tersebut. Kemudian buatlah akun baru yang nantinya diisi dengan nomor kartu kredit anda yang baru. Tentunya hal ini sangat penting anda lakukan, agar mencegah setiap pemasukan ataupun pengeluaran masuk ke dalam kartu kredit anda yang lama.

  1. Minta Kartu Kredit Yang Baru

Setelah memastikan bila kartu kredit lama anda benar-benar sudah ditutup pihak bank, maka hal selanjutnya yang anda lakukan adalah meminta kartu kredit baru kepada pihak bank yang menerbitkannya.

Biasanya proses pergantian kartu dilakukan dengan memverifikasi data-data pribadi anda. Untuk itu jangan lupa untuk menyiapkan dokumen-dokumen penting yang diperlukan untuk proses administrasi. Biasanya beberapa bank akan meminta biaya administrasi untuk pergantian kartu kredit baru.

Tentunya tidak ada yang menginginkan bila kartu kredit yang dimiliki menghilang. Untuk itu akan lebih baik bila anda selalu waspada dan hati-hati ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Simpanlah di tempat yang aman, karena kartu kredit rawan sekali disalahgunakan oleh pihak selain anda. Akan lebih baik lagi jika anda bersiaga dengan menyimpan nomor bank dan nomor kartu kredit anda. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda. Selalu tingkatkan kewaspadaan dimanapun anda berada.

Artikel Terkait

Demikianlah hal-hal yang perlu dilakukan ketika kartu kredit anda hilang.

Artikel Populer

bank, Financial Technology (Fintech), fraud, hutang kartu kredit, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit untuk anak, keuntungan kartu kredit, kpr ditolak, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, KTA ditolak, KTA untuk modal usaha, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tagihan kartu kredit, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 

 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.