Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kartu Kredit Hilang

#fraud #tip kartu kredit

Kartu kredit boleh saja sekilas mirip dengan kartu debit atau jenis-jenis kartu lain pada umumnya. Hilang memang persoalan sepele, namun kalau kartu kredit yang hilang, bisa panjang urusannya!

Semakin gawat kalau ternyata kita sendiri tidak bisa mengingat-ingat kapan dan di mana kartu kredit hilang secara persisnya. Ini biasa terjadi untuk orang-orang yang biasa bepergian ke satu tempat ke tempat lain. Tidak hanya bagi orang-orang “sibuk” semacam ini, bagi setiap kita yang memiliki kartu kredit pun, masalah kartu kredit hilang tetaplah masalah gawat yang harus mendapatkan penanganan.

Apa saja yang harus kita lakukan kalau kartu kredit hilang? Simak ulasannya pada poin-poin di bawah ini!

1. Melapor Ke Pihak Bank

Ketika kita sudah berusaha mencari-cari kartu kredit yang hilang dan tetap tidak ketemu, maka usaha pertama yang perlu kita lakukan adalah melapor ke pihak bank. Memang tiap bank menyediakan layanan customer service 24 jam dalam hal urusan kartu kredit, namun akan lebih baik apabila kita mendatangi bank langsung. Sebabnya, hal tersebut lebih kuat pertanggungjawabannya dan pihak bank juga dapat langsung meninjau.

Begitu kita mendatangi bank, kita akan ditanyai informasi-informasi penting seputar kartu kredit, seperti nomor kartu, jenis kartu, dan histori transaksi terakhir yang terkait. Pastikan kita tidak melupakan semua informasi penting ini. Kemudian setelah semua data tersebut terverifikasi oleh sistem informasi perbankan, pihak bank akan mengamankan kartu kredit kita.

2. Melapor Ke Polisi

Di sinilah letak kekuatan hukum kartu kredit. Karena kartu kredit dapat saja mengandungi uang di dalamnya yang sangat rawan akan kejahatan, maka ketika kartu kredit hilang, kita juga wajib melapor kepada polisi untuk dibuatkan surat keterangan kehilangan.

Apapun yang berasal dari kepolisian selalu merupakan dokumen yang penting, karena itu Anda perlu juga menyiapkan beberapa salinannya agar aman. Begitu surat keterangan kehilangan didapatkan, Anda dapat kembali ke bank di poin sebelumnya untuk meminta pemrosesan kartu kredit yang baru kepada pihak customer service.

Proses pada tahap ini berlangsung sangat cepat. Bila Anda beruntung, proses di poin nomor 1 (sebelumnya) dan 2 ini dapat berjalan hanya dalam beberapa jam. Untuk mengimbangi kecepatan tersebut, Anda juga perlu bergerak cepat agar kartu kredit tetap aman.

3. Memperbaharui Informasi Terkait Kartu Kredit Secara Mandiri

Banyak sistem pembayaran internasional yang terintegrasi dengan kartu kredit, salah satu contohnya adalah Paypal. Kita tahu untuk mendapatkan akses penuh ke withdrawal limit akun Paypal, kita perlu mentautkan kartu kredit. Masalahnya, informasi kartu kredit ini tidak dapat langsung diubah begitu saja.

Jika Anda tidak mampu mengubah informasi kartu kredit yang melekat pada Paypal sendirian, tulislah e-mail pada customer service Paypal perihal kartu kredit Anda yang hilang dan jelaskan permasalahannya sejelas-jelasnya. Sebagai follow-up, biasanya customer service akan menghubungi Anda lewat telepon dan e-mail apabila telepon tidak diangkat.

Jika Anda memiliki klien atau supplier/vendor luar Indonesia, Anda cukup memberitahu yang bersangkutan kalau kartu kredit Anda hilang dan sedang dalam proses penerbitan kartu kredit yang baru. Setelah kartu kredit yang hilang sudah ditutup pihak bank dan yang baru sudah terbit, segeralah menginformasikan kepada mereka kembali agar tidak terjadi sengketa dalam pembayaran.

4. Meminta Kartu Kredit Yang Baru Kepada Bank

Setelah kartu kredit yang hilang ditutup, Anda mungkin masih membutuhkan kartu kredit untuk berbagai macam keperluan. Mengenai hal ini, Anda perlu kembali lagi ke bank. Memang proses yang rumit, namun ini semua penting bagi histori nama Anda sebagai pencicil kredit.

Dalam proses meminta kartu kredit yang baru, demi keamanan dan kenyamanan transaksi pihak bank tidak akan langsung membuatkan Anda kartu yang baru. Anda akan terlebih dahulu disuruh melengkapi beberapa dokumen dan melakukan verifikasi data.

Selain itu, siapkan juga beberapa puluh ribu rupiah uang untuk biaya pengurusan kartu hilang, karena beberapa kartu kredit (terutama kartu kredit reguler) membebankan biaya untuk hal ini. Biaya permintaan kartu kredit baru karena kartu kredit hilang berkisar antara Rp40.000,00-Rp50.000,00 per kali pengurusan.

Jadi, keempat langkah yang “ruwet” ini adalah pelajaran bagi kita semua untuk benar-benar menjaga keberadaan kartu kredit kita. Meskipun terlihat berukuran kecil, kenyataannya kartu kredit ini memiliki kerawanan tersendiri sehingga wajib bagi kita untuk menjaganya secara cermat. Salah-salah, kartu kredit yang hilang akan menyusahkan diri kita sendiri.

Artikel Terkait

Demikianlah saran yang bisa kami berikan. Terima kasih. Semoga Membantu.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.