Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Secured Credit Card?

#kartu kredit secured #tip kartu kredit

Kartu kredit secured apakah benar-benar mudah dalam pembuatannya? Bagi Anda yang tidak memiliki penghasilan atau memiliki penghasilan yang tidak tetap namun ingin memiliki kartu kredit, maka kartu kredit secured bisa jadi solusinya.

Kehadiran kartu kredit secured ini bisa dikatakan sebagai penegas jika semua orang berhak memiliki kartu kredit. Mau tau seperti apa kartu kredit secured dan apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kartu kredit ini? Simak yuk penjelasan lengkap seputar kartu kredit secured di bawah ini:

Cara Pembuatan Kartu Kredit Secured

Pada umumnya, pembuatan kartu kredit secured ini sama seperti pembuatan kartu kredit. Anda sama-sama harus mengisi formulir data pribadi meliputi nama, nomor kartu identitas, tempat tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nama gadis ibu kandung, status pendidikan, status perkawinan, hingga data pekerjaan.

Namun dalam pembuatan kartu kredit secured ini, tidak dibutuhkan lampiran gaji. Anda hanya perlu menyiapkan dana dalam bentuk tabungan maupun deposito. Besaran dana yang perlu disiapkan minimal 3 juta dan akan ditaruh di bank sebagai jaminan. Besarnya dana yang dijaminkan ini nantinya akan mempengaruhi besaran limit kartu kredit. Misalnya, Anda menjaminkan dana sekitar Rp 20 juta, maka limit kartu kredit secured Anda pun mencapai Rp 20 juta. Namun semua bisa berpengaruh tergantung pada kebijakan masing-masing bank.

Besaran dana jaminan juga ternyata bisa mempengaruhi jenis kartu kredit loh. Jika dana jaminan di atas 10 juta maka Anda bisa mendapatkan kartu kredit gold. Semakin besar jumlah dana jaminan maka semakin besar limit dan tinggi level kartu kredit yang akan Anda dapatkan.

Setelah Anda menyiapkan dana jaminan, maka Anda bisa langsung mengunjungi bank yang menyediakan jasa pembuatan kartu kredit secured. Pembuatan kartu kredit secured ini bisa dikatakan lebih mudah dan cepat dibandingkan pengajuan pembuatan kartu kredit biasa. Asalkan dana jaminan tersedia, maka kartu kredit secured bisa langsung dibuat.

Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Kredit Secured

Selain dari cara pengajuan pembuatan kartu kredit yang agak berbeda. Ada beberapa hal lainnya yang menjadikan kartu kredit secured berbeda dibandingkan dengan kartu kredit biasa.

Pada kartu kredit biasa, ketika Anda telat atau bahkan tidak membayar tagihan maka pihak bank akan membawa pihak ketiga atau debt collector. Maka pada kartu kredit secured, ketika Anda tidak membayar tagihan, maka bank tidak membutuhkan jasa debt collector. Bank tinggal menggunakan uang yang telah Anda jaminkan ke bank untuk membuat kartu kredit secured ini. Pada kartu kredit secured juga tidak mengenal minumum payment seperti pada kartu kredit biasa.

Bagaimana Status Uang yang Telah Dijaminkan?

Uang yang Anda berikan ke bank sebagai jaminan pembuatan kartu kredit secured ini tentu saja akan aman. Malah Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan dengan menyimpan uang sebagai jaminan.

Keuntungan pertama, uang Anda akan lebih aman karena dijaga oleh bank. Uang jaminan akan berkurang seiring dengan transaksi yang Anda lakukan menggunakan kartu kredit secured.

Keuntungan kedua, tabungan atau deposito yang dijaminkan ini bisa tetap mendapatkan bunga seperti biasa. Dalam artian, uang yang Anda jaminkan bisa bertambah karena adanya bunga dari bank.

Uang jaminan ini juga bisa dicairkan. Namun dengan syarat, kartu kredit secured Anda harus ditutup terlebih dahulu. Pastikan juga tidak ada tagihan yang tersisa, kalaupun ada yang belum lunas, biasanya akan langsung dipotong dari uang jaminan.

Jika Anda berminat untuk membuat kartu kredit secured ini, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan diketahui:

  • Bunga dari kartu kredit secured. Berapa jumlah bunga yang dikenakan saat Anda melakukan tarik tunai atau berbelanja menggunakan kartu kredit secured?
  • Berapa biaya yang dikenakan jika Anda terlambat membayar tagihan dan ketika terjadi ober limit?
  • Apakah Anda akan mendapatkan bonus bebas iuran tahunan?
  • Apakah ada fitur-fitur seperti rewards, cashback, diskon, bisa tarik tunai, dan lainnya?
  • Metode apa yang digunakan untuk membayar tagihan? Apakah bisa dengan autodebet dari rekening? Bayar langsung ke teller? Atau bisa membayar langsung ke ATM?

Sekilas kartu kredit konvensional dan kartu kredit secured sangat mirip. Beberapa hal yang membedakan hanya pada letak pembuatan kartu kredit dan aturan saat tagihan telat atau tidak bisa dibayar. Hal lainnya adalah kebijakan mengenai mekanisme pembayaran minimun payment.

Jenis kartu kredit secured ini memang bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak berpenghasilan ataupun penghasilannya tidak tetap. Kemudahan dalam pembuatan kartu kredit secured ini hanya dengan menyiapkan dana jaminan ditambah data diri yang lengkap dan asli.

Apakah Anda tertarik untuk mengajukan pembuatan kartu kredit secured? Satu hal yang penting diingat ketika Anda memutuskan untuk membuat kartu kredit adalah jangan hanya melihat manfaatnya saja. Tetapi apakah Anda siap menerima konsekuensi jika Anda mampu untuk membayar tagihannya atau tidak?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kartu kredit secured dan cara pembuatannya, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

bank, Financial Technology (Fintech), fraud, hutang kartu kredit, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit untuk anak, keuntungan kartu kredit, kpr ditolak, kredit handphone, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, KTA ditolak, KTA untuk modal usaha, menunggak kartu kredit, menunggak KTA, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tagihan kartu kredit, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 

 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.