Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kebiasaan Baik yang Akan Membuatmu Berhemat Banyak

#berhemat #kebiasaan baik

Sesungguhnya siapapun bisa berhemat, tetapi terkadang ada beberapa orang yang gagal melakukannya. Dan salah satu penyebabnya karena kebiasaan – kebiasaannya yang sering dilakukan setiap harinya tanpa sadar menjadikannya sulit berhemat. Tapi tak perlu khawatir, karena anda bisa menerapkan beberapa kebiasaan baik berikut untuk membantu anda gampang berhemat. Yuk intip apa sajakah kebiasaan baik tersebut, diantaranya.

1. Tepat Memilih Investasi

Investasi merupakan cara yang tepat dalam mengeola uang keika berhemat. Karena bukan saja bisa mengalokasikan dana yang tersimpan tetapi dengan investasi uang yang tersimpan juga bisa berkembang. Istilahnya uang yang akan bekerja untuk anda, bukan lagi anda yang bekerja untuk uang.

Beberapa cara berinvestasi yang lagi ngetrend dan cukup mudah dilakukan ialah dengan berbisnis online. Banyak hal yang bisa dilakukan di dunia maya termasuk berinvestasi, misalnya menginvestasikan uang anda untuk mengelola sebuah blog.

Blog yang dikelola dengan baik, penuh dengan konten menarik dan selalu update bisa menghasilkan uang tambahan. Jadi uang yang anda investasikan bisa menghasilkan lagi dan tidak pasif.

Seperti ketika anda menyimpannya di rekening tabungan yang setiap bulannya bisa terpangkas biaya admin yang jumlahnya cukup signifikan.

2. Jangan Pamer

Memiliki gaya hidup glamor dengan mobil dan properti mewah serta perhiasan ang berkilau terkadang bisa membuat sesorang bangga. Tetapi lihat lagi kemampuan anda jika ingin gaya hidup tersebut.

Jangan hanya ingin menunjukan sesuatu pada orang lain, anda justru menyiksa diri hanya demi menunjukan diri anda. Misalnya membeli sesuatu yang tidak ada urgensi-nya sama sekali untuk dibeli, bahkan ketika tidak memiliki uang anda rela untuk berhutang.

Jika anda ingin berhemat, maka jauhi kebiasaan seperti ini selamanya dan jangan sedikit pun untuk pamer. Sikap ini bukan saja merugikan anda tetapi juga masa depan keuangan anda nantinya. Sesungguhnya tidak ada sisi positif yang diperoleh dari sifat dan kebiasaan pamer.

Justru hanya akan mengundang maksud jahat saja, misalnya pencuri atau rampok yang tak hanya akan mengambil harta tersebut tetapi bahkan nyawa anda.

3. Belanja Sesuai Budget

Belanja memang suatu hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, sebab bisa menghilangkan stres. Agar bisa berhemat tetapi masih bisa melampiaskan hobby tersebut, maka buatlah budget belanja yang sudah disesuaikan.

Kebiasaan belanja memang terkadang sulit dikontrol, tetapi jika anda memiliki dan membuat rencana anggaran yang baik. maka kebobolan gara-gara kebiasaan belanja bisa diminimalisir. Untuk itu, biasaka untuk berbelanja sesuai budget dan tahan diri untuk tidak lapar mata.

4. Lakukan Booking Lebih Awal

Siapa sih yang tidak suka berlibur dan jalan-jalan? Rasa-rasanya tidak ada yang bakal melewatkan kesempatan untuk liburan, terutama ketika masa liburan tiba. Sehingga terkadang banyak akomodasi penginapan dan juga tiket harganya naik melebihi harga normal yang terkadang bisa naik hingga 100%.

Untuk mengatasinya dan tetap hemat, lakukan pemesanan di awal demi menghindari melonjaknya harga. Kebiasaan ini tak hanya membantu anda menghemat lebih banyak pengeluaran tetapi juga bisa menjamin kenyamanan dan lebih tenang ketika waktu libur telah tiba.

5. Manfaatkan Kesempatan

Jika memasuki momen-momen tertentu seperti hari raya atau sedang ada cuci gudang atau promo kartu kredit, biasanya akan ada banyak promo menarik. Nah, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmatinya karena diskon biasanya diberikan dengan nilai yang tidak tanggung-tanggung.

Tetapi ingat, meskipun sedang ada diskon atau promo usahakan untuk selalu menahan diri dan tidak lapar mata. Alih-alih berhemat anda justru bisa menghabiskan seluruh uang anda dalam sekejab. Memanfaatkan promo atau diskon dengan tepat bisa membantu anda menghemat banyak pengeluaran yang tidak perlu.

6. Belajar Untuk Bersyukur

Bersyukur bukan hanya ketika anda sedang berdoa, tetapi juga harus dengan tindakan yang nyata. Misalnya saja dengan tidak membeli sesuatu yang sudah anda miliki. Selain ini hal yang mubazir atau tidak perlu, mengurangi kebiasaan ini bisa membantu anda berhemat dengan sangat signifikan.

Biasanya, wanita sering melakukan hal ini. Contohnya ketika membeli pakaian atau pun perabot rumah tangga yang sesungguhnya di rumah sudah tak bisa lagi terhitung jumlahnya. Tetapi hanya karena melihat bentuk dan modelnya yang lucu, jadi ingin membelinya.

Perlu diingat, disinilah fungsi anggaran belanja digunakan. Jika ingin membeli sesuatu yang tidak ada dalam daftar. Maka harus dilihat tingkat urgensinya atau manfaatnya, jika tidak maka sebaiknya urungkan niatan tersebut.

7. Ubah Mindset

Kebiasaan berhemat memang baik dan membantu menjaga kondisi keuangan menjadi lebih terkontrol. Tetapi anda perlu mengubah mindset tersebut menjadi lebih berkembang dengan mengalokasikan uang simpanan anda untuk sesuatu yang bisa menghasilkan lebih.

Ketika anda hanya terpaku untuk berhemat saja tanpa memiliki pemikiran yang berkembang maka uang tersebut bisa saja habis dalam sekejab. Tetapi bila digunakan untuk sebuah usaha yang bisa menghasilkan tentu uang simpanan tersebut bisa bertambah bahkan melebihi apa yang dimiliki awalnya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kebiasaan baik yang akan membuatmu berhemat banyak, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.