Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kebiasaan ini Dapat Menurunkan Harga Diri (Self-Esteem)!

Istilah self-esteem tentu bukan lagi hal yang asing lagi, terutama berkaitan dengan sisi psikologis manusia dalam menjalankan kehidupannya. Pengertian self-esteem secara sederhana adalah harga diri, bagaimana kita memberikan penghargaan terhadap diri kita sendiri.

Banyak ahli yang menekankan pentingnya memperkuat self-esteem, dimana self-esteem yang kuat akan memperkuat kepribadian dan membantu kita dalam menjalani hidup. Kalau kita tak bisa menghargai diri kita sendiri, bagaimana kita bisa mengharapkan orang lain menghargai kita?

Namun sayangnya masih banyak orang yang tak menyadari pentingnya hal itu dan melakukan berbagai kebiasaan yang dapat menurunkan self-esteem.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut mungkin saja tampak seperti sesuatu yang kecil, tapi berdampak besar pada self-esteem kita. Kabar baiknya, kebiasaan yang negatif dapat diubah dan digantikan dengan kebiasaan positif selama kita memiliki keinginan yang kuat.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas beberapa kebiasaan negatif yang dapat menurunkan self-esteem seperti yang dilansir dari Bustle.com.

1. Tidak Memberikan Batasan Jelas

Dalam interaksi dengan orang lain, baik itu hubungan pertemanan, rekan kerja, hingga asmara sekalipun; sangat penting untuk memiliki batasan yang jelas. Batasan ini penting untuk menegaskan bahwa kita juga membutuhkan ruang dan waktu untuk diri sendiri, serta meminta agar orang lain dapat respek terhadap hal itu. Hal ini sesuai dengan ucapan motivator ternama Susan Rose, bahwa setiap kali kita membiarkan orang lain merampas waktu kita dengan semena-mena maka saat itulah kita kehilangan self-esteem sedikit demi sedikit.

2. Terlalu Keras pada Diri Sendiri

Disadari atau tidak, kita-lah orang yang paling sering mengkritik kekurangan diri sendiri dan memberikan judgement dibandingkan dengan orang lain. Meski kritikan itu hanya berseliweran di kepala tanpa diucapkan langsung, perkataan itu tertanam dalam benak kita dan lama-kelamaan akan mengikis self-esteem kita. Susan Rose berkata bahwa kata-kata adalah hal yang memiliki pengaruh besar dalam hidup manusia, jadi sangat penting untuk mengganti kritikan dengan perkataan yang lebih positif pada diri sendiri.

3. Berjalan dengan Postur Buruk

Cara kita berjalan ternyata mempengaruhi keseluruhan tubuh kita, termasuk juga otak dan mental kita. Berjalan dengan postur agak membungkuk atau postur buruk lainnya merupakan salah satu kebiasaan yang juga dapat menurunkan self-esteem kita. Dr. Perpetua Neo, seorang psikolog dan motivator, menjelaskan bahwa dengan berjalan dengan lebih tegap dan menegakkan bahu maka akan membuat kita merasa lebih percaya diri.

4. Berada Sekitar Toxic People

Kita tentu menyadari bahwa di sekitar kita pun ada orang-orang yang dapat dikategorikan sebagai toxic people, dimana berada bersama mereka akan turut memberikan efek negatif pada diri kita. Dr. Perpetua Neo menjelaskan bahwa toxic people ini seperti vampir penghisap energi, karena mereka mempengaruhi kekuatan dan kesehatan jiwa kita. Karena itu penting untung melakukan people audit, yaitu mengeliminasi para toxic people dari hidup kita dan memfokuskan waktu serta energi untuk hal yang memang penting bagi kita.

5. Menghindari Situasi Beresiko

Memang tidak ada orang yang suka berada dalam bahaya, tapi berbeda lagi jika memang tidak mau melangkah maju dengan mengambil resiko. Motivator karir, Eric Foley, PhD., menjelaskan banyak orang yang menganggap bahwa selalu sukses tanpa gagal akan meningkatkan kepercayaan diri sehingga mereka memilih untuk bermain aman. Padahal justru jika kita terbiasa menghindari situasi yang beresiko, kita pun tidak akan merasa percaya diri untuk mengatasi apa yang seharusnya dihadapi.

6. Tidak Menyampaikan Pemikiran

Mungkin Anda juga pernah berada dalam situasi seperti ini: tidak dapat menyampaikan apa yang dipikirkan dan terpaksa harus berkata “iya” pada hal yang sebenarnya tidak Anda setujui. Setelah terbiasa melakukan hal itu, tidak aneh jika kemudian kita akan merasa kecil dan jadi tidak percaya diri. Jadi mulailah membiasakan diri untuk berani menyampaikan pemikiran sendiri, tentunya dengan cara yang baik tanpa menunjukkan ketidaksopanan.

7. Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Saat berselancar di dunia maya dan media sosial, tak jarang kita menganggap betapa hidup orang lain sangat mudah dibandingkan dengan hidup kita. Kita lalu mulai berpikir negatif, mengapa orang-orang bisa mendapatkan kehidupan seperti itu sedangkan kita tidak. Selain itu, kita juga mulai men-judge kehidupan orang lain agar diri kita merasa lebih baik. Jika kita sudah terlalu terkukung dengan kebiasaan-kebiasaan seperti itu, alangkah baiknya jika kita break sejenak dari penggunaan media sosial.

8. Mengkritik Diri Sendiri dan Orang Lain

Bukan hanya mengkritik diri sendiri, namun mengkritik orang lain juga dapat membuat kita merasa tidak enak yang akhirnya mempengaruhi self-esteem. Mengkritik diri sendiri atau orang lain berarti kita menyebarkan sesuatu yang negatif, meksipun kita hanya mengucapkan kritikan itu pada diri sendiri tanpa memberitahukan orang lain. Hal itu tetap membuat kita jadi tidak bersemangat dan mengurangi rasa percaya diri, jadi cobalah untuk mengganti pikiran negatif denga yang lebih positif.

9. Selalu Minta Maaf yang Tak Perlu

Minta maaf memang sesuatu yang baik, selama hal itu dilakukan sesuai dengan tempatnya dan memang perlu dilakukan. Jika kita selalu minta maaf meskipun sebenarnya orang lain yang salah, maka itu akan membuat self-esteem kita menjadi tidak sehat. Karena itu sangat penting untuk mengetahui kapan kita harus benar-benar meminta maaf dengan tulus, dan mana permintaan maaf yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.

10. Terlalu Mempedulikan Apa yang Dipikirkan Orang Lain

Hal inilah yang sering menjadi fenomena pada jaman sekarang, yaitu terlalu mempedulikan apa yang dipikirkan orang lain mengenai diri kita. Kita jadi tidak percaya diri untuk melakukan apa yang kita suka dan inginkan karena takut dengan pandangan orang lain, padahal orang-orang itu bisa saja tidak bertemu langsung dengan kita. Motivator dan pendiri Woman UnRuled, Amy Matthews, menyatakan bahwa kita harus berani menentukan apa yang diinginkan dan dilakukan karena ini adalah hidup kita sendiri. Tidak ada orang yang bisa mengetahui hidup kita lebih baik dibanding kita sendiri yang menjalaninya.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan self-esteem kita, sehingga kita jadi tidak merasa percaya diri untuk melakukan apa yang sebenarnya kita inginkan dalam hidup. Dengan merubah kebiasaan-kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit, kita dapat meningkatkan self-esteem dan lebih menghargai diri kita sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kebiasaan ini dapat menurunkan harga diri, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kebiasan yang Harus Dikembangkan agar Jadi Orang Sukses
5 Kebiasaan yang Harus Dikembangkan untuk Menjadi Orang Sukses
5 Kebiasaan Soal Uang Ini Akan Membuat Anda Jadi Kaya
Kebiasaan-kebiasaan Ini Tanpa Disadari Termasuk Pemborosan
Lakukan Kebiasaan Ini agar Hidup Lebih Baik
Kebiasaan-kebiasaan Positif yang Bagus untuk Diikuti
Ajarkan Anak Keterampilan Penting Ini, Keterampilan yang Tidak Diperoleh di Sekolah
Ketika Kemenangan Adalah Sebuah Kegagalan
Tip Mempersiapkan Pensiun Dini
Manfaat Pohon Kelor, Superfood Banyak Gizi


Bagikan Ke Teman Anda