Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kebutuhan yang Seharusnya Harganya Tidak Sampai 1 Juta

Hidup memang perlu biaya. Setiap bulan kita mengeluarkan biaya makanan, transportasi, pakaian dan berbagai tagihan. Terkadang biaya tak terduga juga harus dikeluarkan saat dalam kondisi tertentu yang mendesak, seperti sakit. Itulah mengapa sangat penting untuk mengamankan kondisi keuangan agar jangan sampai kelebihan pengeluaran. Jadikan kebutuhan dasar sebagai prioritas dan hindari pemborosan.

Salah satu caranya adalah dengan mengenali harga wajar dari suatu kebutuhan atau barang. Berikut ini adalah daftar kebutuhan yang harganya seharusnya tidak sampai sejuta, terinspirasi dari situs wisebread.com:

1. Perawatan rambut untuk pria

Potongan rambut pria biasanya bercirikan simple, bahkan bagi seorang pria yang modis sekalipun tetap saja potongan rambutnya lebih sederhana ketimbang wanita. Itulah mengapa pria seharusnya menghabiskan biaya yang tidak terlalu besar untuk sekadar merawat rambut.

Memangkas rambut di salon kaki lima hanya akan menghabiskan biaya Rp15 ribu. Jika Anda menyambangi salon ternama biaya yang dikeluarkan juga tak akan melebihi Rp150 ribu, sudah termasuk keramas. Perawatan ekstra seperti creambath, pemberian vitamin rambut dan sudah termasuk pijak kepala dan bahu, biayanya tidak akan lebih dari Rp300 ribu. Bahkan jika Anda ingin mengganti warna atau meluruskan rambut, biayanya tidak akan melebihi Rp1 juta.

2. Celana jeans

Celana jeans menjadi pilihan utama bawahan yang nyaman dikenakan ke berbagai aktivitas, khususnya bagi anak muda. Celana berbahan kain denim ini pasti banyak menempati ruang lemari pakaian Anda. Tak jarang menjadi salah satu celana yang paling banyak disumbangkan untuk amal, seperti membantu korban bencana alam.

Sering-sering membeli celana jeans dengan harga di atas Rp1 juta adalah pemborosan. Ada banyak celana jeans berkualitas yang bisa Anda dapatkan dengan harga tak melebih Rp300 ribu. Selain itu, pikirkan jika celana jeans Anda pada akhirnya hanya berakhir di kotak sumbangan.

3. Kostum untuk pesta

Pesta kostum memang menyenangkan. Seringkali dirasa menjadi terlalu special karena jarang diselenggarakan, misalnya hanya pada saat Halloween yang setahun sekali. Mengeluarkan biaya yang terlalu besar hanya membuat Anda rugi karena kostum mungkin tak akan Anda kenakan lagi pada acara yang lain.

Jarang lho orang mau menggunakan kostum yang sama lebih dari sekali. Orang lain tak akan terkesan lagi dengan kostum yang sama. Ketimbang menghabiskan uang untuk membeli kostum, lebih baik menyewa saja, biayanya pasti tak akan lebih dari Rp1 juta.

4. Gaun yang dikenakan hanya sekali

Gaun dikenakan pada acara-acara resmi seperti pesta, menjadi pengiring pengantin wanita atau saat pesta kelulusan. Tentu sayang membuang uang lebih dari sejuta untuk pakaian yang hanya dikenakan sekali. Kalau memang Anda hendak membeli gaun yang mahal, pastikan gaun itu bisa dikenakan pada acara lain, sehingga lebih ekonomis.

5. Sering-sering ke Starbucks

Jika Anda memiliki kebiasaan meminum kopi, Starbucks pasti sudah tak asing lagi bagi Anda. Mungkin Anda memiliki tempat minum kopi favorit yang lain. Coba deh dihitung, berapa total pengeluaran kopi Anda dalam satu bulan. Jika jumlahnya lebih dari sejuta, sebaiknya Anda membeli kopi berkualitas dan membuatnya sendiri di rumah yang tentunya lebih murah.

6. Biaya keanggotaan fitnes

Berolahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda. Banyak orang menjadi anggota tempat fitnes atau gimnasium (gym) agar selain berolahraga, juga bisa sekalian bersosialisasi. Biaya keanggotaan gimnasium lebih dari sejuta per bulan itu sangat mahal. Ada banyak tempat fitnes yang menawarkan seluruh akses olahraga, termasuk mandi sauna dengan biaya yang lebih murah. Jika Anda mengeluarkan biaya lebih dari Rp1 juta, sebaiknya Anda lakukan saat benar-benar serius untuk mengubah berat dan bentuk badan dengan menyewa pelatih pribadi.

7. Buku teks kuliah

Bagi Anda yang sedang kuliah, memiliki buku-buku teks sangat penting agar bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. Buku-buku seringkali sangat tebal, mahal dan diperbaharui setiap beberapa tahun demi mengikuti perkembangan zaman. Terkadang Anda terpaksa harus mengikuti dengan membeli buku-buku baru. Jika harganya terlampau mahal, misalnya lebih dari sejuta, sebaiknya Anda mencari versi online yang lebih murah atau meminjam di perpustakaan. Alternatif lainnya, belilah buku-buku bekas pakai. Menjadi keuntungan tersendiri jika ada catatan-catatan di dalamnya dari pemilik sebelumnya.

8. Pijatan

Mendapatkan pijatan di seluruh tubuh paling tidak sebulan sekali bisa membuat tubuh lebih relaks dan sehat. Apalagi kalau dilakukan dengan spa sekalian. Tubuh akan terasa lebih segar dan wangi aromaterapi. Biaya pijat dapat melambung tinggi apabila Anda melakukannya di tempat-tempat berkelas dan sudah punya nama. Padahal banyak panti pijat yang lebih murah, dari pijat refleksi yang hanya Rp50 ribu sampai dengan spa yang tidak akan mengeluarkan biaya lebih dari Rp300 ribu.

9. Sepatu sneakers

Sepatu sneakers yang terbuat dari karet begitu terkenal di kalangan pria. Di kota-kota besar di Amerika, seperti di New York City, banyak orang rela mengantri hanya untuk mendapatkan sepatu sneakers keluaran terbaru. Harga sepatu yang dirilis oleh seorang pebasket NBA terkenal dapat mencapai Rp6 juta. Pada dasarnya Anda hanya membeli ‘nama’ saja, kegunaannya tetap sama. Sepatu sneakers yang jauh lebih murah dengan kualitas yang tetap sama ada banyak di pasaran. Harga sneakers tak perlu lebih dari sejuta untuk membuat kaki Anda nyaman dan tampil keren.

Setelah menyimak ulasan di atas, hitunglah kembali pengeluaran Anda. Jangan-jangan selama ini Anda mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk barang-barang yang tidak layak. Lebih baik uangnya ditabung agar bisa digunakan untuk keperluan yang lebih penting.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kebutuhan yang seharusnya harganya tidak sampai 1 juta, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ingin Menjadi Semakin Produktif? Berikut Tipsnya!
Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros
Tip Keuangan Sederhana dengan Hasil Maksimal
Tip Mengatur Keuangan untuk Keluarga Muda
10 Cara Agar Anda Menjadi Kaya
9 Tips Keuangan untuk Keluarga Kecil Berbahagia
6 Tip Mempersiapkan Krisis Ekonomi yang Dapat Dicoba
Apa itu Pinjam.co.id?
7 Akibat Penundaan pada Kondisi Keuangan Kita
Tips Keuangan untuk Anak Muda


Bagikan Ke Teman Anda