Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kegiatan Menarik Ketika Tidak Punya Uang Lagi

Liburan akhir pekan telah tiba, hasrat untuk pergi ke tempat-tempat wisata atau sekedar hang-out dengan kawan di sebuah café pasti sudah menggebu-gebu di pikiran kita. Namun bagaimana jika di saat-saat itu, keadaan keuangan kita sedang menipis?

Tentu hal tersebut akan sangat mengecewakan, bahkan dapat mempengaruhi mood kita sepanjang hari karena rasa bosan serta frustasi yang ada. Padahal hal tersebut tidak perlu terjadi, coba perhatikan anak-anak kecil yang sedang bermain, mereka bahkan tidak butuh sepeser uang pun untuk tetap menikmati hari. Anak-anak terbiasa mengekspresikan diri dan fokus pada kegiatan bermain mereka meskipun hanya dengan permainan sederhana.

Alih-alih hanya berdiam diri di rumah dan menghabiskan waktu dengan mengeluh, baiknya Anda melakukan kegiatan-kegitan menarik berikut ini yang tetap bisa dilakukan tanpa mengeluarkan banyak uang.

Inilah beberapa tips menghabiskan waktu tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

1. Mainkan Aneka Permainan Papan

Permaianan papan ini bisa berupa catur, monopoli, backgammon, atau scrable, tentu semua orang memiliki salah satu koleksi permainan tersebut. Selain dapat mengasah otak, permainan-permaianan tersebut terbukti seru untuk dimainkan bersama-sama dengan kawan atau keluarga.

Pasti tidak sulit untuk mendapatkan hiburan dari permaian  papan tersebut, bukankah sejak kecil kita sudah menguasainya?

2. Bersepeda

Semua orang, baik tua, muda, perempuan, atau laki-laki tentu menyukai kegiatan ini. Tidak perlu biaya, namun justeru memberikan kita rasa senang yang tidak tergantiakan. Bayangkan kita bersepeda di pagi atau sore hari dengan pemandangan sawah atau pinggir kota, tentu itu akan memberi poin tersendiri bagi kita.

Selain itu, kegiatan ini juga baik untuk kesehatan kita. Rajin bersepeda dapat mendorong program penghancuran lemak sekaligus mengurangi stres.

3. Berjalan-jalan

Tidak memiliki sepeda? Jangan jadikan hal itu sebagai alsan untuk terus berdiam diri di rumah. Selama masih mempunyai tenaga dan kemauan, gerakkan badan Anda untuk menghirup udara segar diluar.

Berjalan dengan santai, sambil menyapa sesama kita terbukti mampu memberikan aura positif untuk kita. Hal-hal menarik yang biasa kita lewatkan begitu saja dalam rutinitas sehari-hari dapat terlihat jelas ketika kita berjalan.

4. Bawa Keluarga ke Taman Bermain

Menghabiskan waktu di taman bermain tidak akan pernah membuat kita bosan. Jika Anda masih single atau belum memiliki anak, tidak ada salahnya untuk mengajak keponakan atau anak tetangga yang kita kenal baik.

Pergilah ke taman bermain, ajak mereka membeli camilan atau es krim favorit. Tentu hal tersebut tidak akan membuat kantong Anda bolong, sebaliknya, hati akan terhibur melihat anak-anak tertawa riang.

5. Adakan Pesta Kebun

Jika Anda memiliki kebun atau tanah yang cukup luas di rumah, tidak ada salahnya untuk mengundang beberapa kerabat untuk berpesta. Tidak perlu pesta yang meriah, cukup dengan bakar jagung, atau barbeque.

Memasak bersama akan meminimalkan pengeluaran, selain itu, menu makanan pun akan bertambah karena para undangan membawa aneka camilan untuk dimakan bersama. Agar pesta tidak membosankan, adakan pula permainan kecil semacam monopoli, cipratan air, atau cerita hantu.

6. Pergi ke Perpustakaan

Berapa lama Anda tidak datang ke perpustakaan? Coba datangi kembali tempat itu. Perpustakaan modern kini tidak lagi membosankan, tapi berisi banyak sekali koleksi buku, CD, dan  kaset yang menarik. Anda bisa membawa salah satunya untuk bacaan di rumah, atau dibaca di tempat. Siapa tahu, hari itu adalah hari keberuntungan Anda, sehingga bertemu dengan teman lama (atau baru), atau juga seseorang yang menarik hati.

7. Belajar Memasak

Waktu luang (baca:tidak pergi ke mana-mana selama liburan) dapat Anda manfaatkan untuk belajar memasak. Cari bahan-bahan yang tersedia di dapur, cari resep yang sesuai, lalu segera eksekusi. Tampaknya ini akan menjadi kegiatan yang rutin Anda lakukan setiap liburan jika Anda sudah mulai lihai melakukannanya.

8. Mengajari Beberapa Teman

Terkadang kita merasa bosan melakukan beberapa hobi atau keahlian kita. Dari pada sia-sia, salurkan keahlian Anda tersebut kepada teman yang belum bisa. Misal dengan mengajari menjahit, melukis, membenahi motor, reparasi alat elektronik, memasak, atau apa pun itu. Hal yang sama bisa dilakuakn pada Anda, minta tolong teman untuk mengajarkan keahliannya yang belum Anda kuasai.

9. Lakukan Kunjungan ke Panti Asuhan

Jika di kota atau daerah sekitar Anda terdapat panti asuhan, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke sana, (selama pihak panti juga mengizinkan). Tidak perlu membawa sesuatu yang mewah atau berlebihan, cukup tawarkan kegiatan sosial yang bisa Anda lakukan untuk anak-anak tersebut. Misal membacakan cerita, membantu menyiapkan drama kecil, atau mengajari bercocok tanam.

10.  Kunjungi Panti Jompo

Alternatif lain selain panti asuhan adalah panti jompo. Para lansia tersebut biasanya mengalami kesepian karena lama tidak dikunjungi oleh sanak keluarganya. Kunjungan Anda tentu itu akan menghibur mereka.

11.  Membuat blog

Banyak freelancer yang sukses dengan blognya. Mengapa tidak dicoba? Selama waktu liburan Anda, buatlah blog dengan isi yang sederhana atau sesuai minat Anda. Misal tentang cerita sehari-hari atau mengenai hobi Anda. Layanan blog gratis bisa Anda dapatkan di wordpress atau blogspot.

12.  Buat resolusi

Kesempatan luang seperti ini sangat baik untuk membuat resolusi hidup. Jangan tanggung-tanggung, buatlah resolusi atau fokus yang ingin Anda capai pada 5 – 10 tahun mendatang. Masa-masa tenang seperti ini cocok untuk dijadikan merenung, tentu merenungkan sesuatu yang bermanfaat.

13.  Habiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau pasangan

Rutinitas harian tentu sangat menyita waktu Anda, nah saat libur dan kosong inilah waktu yang tepat untuk dihabiskan bersama keluarga. Berikan pelayanan pijat atau spa secara bergantian. Tentu ini akan menyenangkan dan mempererat hubungan Anda dan pasangan.

14.  Buat Bioskop Gratis di Rumah

Undanglah beberapa teman dan biarkan mereka mebawa film-film yang ingin ditonton. Khususkan hari itu untuk menyaksikan film-film bagus sambil berbagi cerita. Jangan lupa menyetting rumah Anda menjadi bioskop mini dengan meminimalkan cahaya di ruangan.

15.  Belajar aneka project online

Banyak sekali website gratis di internet yang mengajarkan tentang tutorial membut kerajinan barang bekas yang bisa dipelajari dengan mudah. Dengan mempelajari hal tersebut Anda bisa belajar sesuatu yang baru. Siapa tahu pelajaran online ini bisa dikembangkan menjadi keahlian baru yang bisa menghasilkan uang.

Itulah kegiatan-kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika tidak punya uang, selamat mencoba!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kegiatan menarik ketika tidak punya uang lagi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cegah Belanja Impulsif dengan Cara Ini!
Step by Step Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian
Bagaimana Orang Bisa Menjadi Kaya?
Manfaat Menyimpan Uang dalam Bentuk Deposito
7 Tip Perencanaan Keuangan Pribadi dan Investasi
Inilah Cara Jitu untuk Mempersiapkan Dana Kuliah Anak
Tips Mengelola Anggaran Keluarga Secara Umum
Apa Itu Hedonisme dan Mengapa Tak Baik untuk Keuangan Keluarga
7 Alasan Mengapa Menunda Tidak Baik bagi Keuangan
Apa Itu Kakeibo, Seni Menyimpan Uang Ala Jepang?


Bagikan Ke Teman Anda