Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kenali Ciri-ciri Investasi Bodong!

#investasi bodong #tip keuangan

Banyak cara untuk melipat gandakan tabungan kita, salah satunya dengan cara berinvestasi. Nah, untuk berinvestasi tentunya juga banyak cara dan macamnya. Kebanyakan dari kita akan banyak memburu investasi yang menjanjikan banyak keuntungan dengan resiko yang minimal. Hal itu sangatlah wajar dan manusiawi, tapi hal itulah yang biasanya dimanfaatkan oleh banyak pihak dan alih-alih berakhir dengan kerugaian karena investasi yang ditawarkan adalah fiktif. Istilah yang sering kita dengar dengan investasi merugikan ini adalah investasi bodong.

Kita harus lebih cermat dan teliti dalam berinvestasi, mengingat dewasa ini semua hal dapat dengan mudah dilakukan dengan bantuan teknologi. Rekayasa keuangan pun juga dapat dengan mudah di lakukan oleh para pelaku investasi bodong tersebut. Apabila kita masih ingat sebuah investasi melalui jaringan online pada kisaran dua tahun yang rentan tahun 2013-2014.

Investasi ini diberi nama 3M atau MMM. Pencetusnya adalah orang rusia yang melakukan sebuah matriks tingkat tinggi dalam melipat gandakan uang dengan dalih saling membantu anggotanya. Dengan memberikan uang kepaa anggota yang butuh dan pada waktu yang ditentukan kita akan diperbolehkan mengambil uang kita dari anggota lain ditambah dengan keuntungan yang sudah dimasukkan dalam sistem tersebut. Tidak tanggung-tanggung jumlah laba atau kenaikan investasi yang akan kita dapatkan adalah 30% dalam waktu 30 hari. Singkat cerita investasi ini akhirnya mandek dan tidak dapat mengembalikan uang semua pesertanya dan situsnya pun ditutup.

Belajar dari peristiwa diatas tentunya kita tidak ingin menjadi korban selanjutnya untuk investasi bodong. Dan yakinlah, jenis investasi semacam ini akan muncul setiap tahun dengan nama dan bentuk yang berbeda. Bagaimanakah caranya agar kita dapat terhindar dari investasi bodong? Dan bagaimana cara kita mengenali sekaligus menghindari agar tidak terkena investasi bodong tersebut. Berikut ini beberapa hal yang bisa kita jadikan rujukan untuk terhindar dari investasi bodong.

1. Imbalan Atau Hasil yang Diluar Kewajaran

Salah satu hal yang bisa dikenali dalam investasi bodong adalah imbalan yang dijanjikan kepada investor tidak masuk akal. Jumlah yang ditawarkan cukup besar sehingga sangat menggiurkan. Cara melihat kewajaran atau tidak wajar adalah dengan melakukan rujukan kepada badan keuangan resmi atau perbankan. Coba kita mencari tahu tingkat suku bunga yang ada di Bank Indonesia untuk produk-produk investasi. Apabila bunga atau penghasilan yang ditawarkan melebihi batas yang ditentukan, maka waspadailah jenis investasi tersebut.

2. Sistem Perekrutan yang Menjadi Prioritas Utama

Selain keuntungan yang kurang wajar, jenis investasi bodong biasanya menekankan pada sistem perekrutan, bagaimana kita akan diberi tambahan keuntungan yang kurang wajar juga, apabila kita berhasil merekrut orang dengan jumlah tertentu. Sistem perekrutan yang hampir sama dengan sistem multi level marketing (MLM). Dimana peserta yang dapat merekrut akan mendapat keuntungan tambahan dari hasil perekrutan, dan anggota yang berhasil direkrut akan mendapatkan imbalan juga dari anggota baru serta orang yang menjadi top leader kelompok yang direkrut akan tetap mendapatkan imbalan lebih kecil. Dan begitu seterusnya, skema yang dimiliki kelompok investasi bodong ini. Maka dari itu berhati-hatilah.

3. Dapur Investasi Tertutup Rapat

Biasanya para kelompk investasi bodong, akan menutup rapat-rapat bagaimana cara mereka melakuakn sirkulais keuangan mereka sehingga bisa mendapatkan margin yang cukup besar. Memang investasi seperti ini sering memberikan logika-logika dan sebuah ilustrasi sitematika finansial dari setiap dana yang di kelolahnya. Akan tetapi hal semacam ini perlu sekali dikaji dan diteliti lebih lanjut sebelum kita memutuskan untuk menginvestasikan dana kita. Cobalah melakukan pencarian fakta dan data melauli internet dan cobalah melakukan konsultasi kepada kerabat atau kolega yang tahu atau bekerja pada lembaga-lembaga keuangan yang legal, seperti perbankan misalnya.

4. Kegiatan yang Dilakukan Meyerupai Money Games atau Skema Ponzi

Yang terakhir dan jelas sekali adalah skema atau sistem yang ditawarkan menyerupai sistem money games. Yang dimaksud money game adalah sejenis arisan dimana para pelaku akan melakukan random untuk investornya agar dapat mencairkan investasi tersebut dengan rentan waktu dan jangka waktu yang sudah ditentukan. Cara yang lainnya adalah melakukan skema yang diberi nama skema ponzi. Apa yang dimaksud dengan skema ponzi, skema ponzi adalah sebuah sistem dimana pelaku akan memberikan iming-iming yang besar dan selalu memberikan contoh dari para korban yang berhasil.

Dalam skema ini bisa saja akan bertahan cukup lama sampai pada waktu yang ditentukan. Investor akan masih dapat menikmati keuntungan yang di investasikan dan hal ini akan merangsang investor untuk merekrut orang lain leboh banyak lagi, demikian seterusnya. Sampai pada saat tertentu maka perputaran akan berhenti dan pelaku akan mengalami kebangkrutan atau gagal bayar. Skema jenis ini akan mempunyai ratusan bentuk dalam skema yang menjanjikan. Dan pencetusnya atau pendirinya biasanya adalah orang yang sudah mempunyai reputasi yang baik sehingga dapat membuat korbannya percaya.

Dari beberapa hal diatas, sebenarnya ada hal yang mendasar untuk dapat mengenali investasi bodong tersebut, yaitu perolehan yang luar biasa diluar kewajaran dan juga skema perekrutan yang berbuntut komisi yang juga menggiurkan bagi pencari korban. Yang menjadi pertanyaan kenapa masih banyak yang menjadi korban. Jawabannya adalah keserakahan yang ada pada sifat dasar dalam manusia. Dengan rasa ingin cepat menggandakan uangnya dan nafsu untuk memiliki banyak keuntungan adalah salah satu faktor kita terjebak dalam skema investasi bodong. Maka dari itu cobalah untuk menahan diri dan berpikir rasional. Semoga kita termasuk orang yang dapat berpikir dan menahan diri dari iming-iming invesatsi yang menyesatkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri investasi bodong, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

bank, dana darurat, deposito, fraud, investasi, investasi emas, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, keluarga muda, keuangan keluarga, keuntungan kartu kredit, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit motor, kredit tanpa agunan, menabung, mengatur keuangan, menunggak KTA, modus penipuan, pekerjaan, pengetahuan umum, Redenominasi, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.