Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kenapa Asuransi Perjalanan (Asuransi Travel) itu Penting? Ini Penjelasannya!

#asuransi #asuransi perjalanan #asuransi travel

Berwisata bukan lagi hal yang mewah dan sulit untuk dijalani. Mudahnya seseorang untuk berkeliling dan mengunjungi berbagai destinasi wisata telah menjadikan traveling layaknya sesuatu yang pandemik sifatnya. Tapi, masih banyak hal yang belum dipahami oleh para pengelana di seluruh dunia terkait traveling itu sendiri, terutama aspek-aspek keamanan dan yang menunjang keamanan dan kenyamanan pribadinya. Salah satunya adalah asuransi perjalanan. Ini merupakan sesuatu yang masih asing, tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri. Masih banyak yang belum menyadari arti penting asuransi perjalanan.

Padahal, tidak ada yang lebih buruk ketimbang mentraktir seorang klien untuk berlibur di sebuah tempat wisata yang indah dan menakjubkan, dan pada ujungnya dia menghubungi Anda karena kehilangan barang bawaan – atau, lebih buruk lagi, barang tersebut tertinggal di salah satu bandara transit. Ini hanyalah contoh paling sederhana dari pentingnya keberadaan asuransi perjalanan. Tipe asuransi yang satu ini tidak lagi menjadi sesuatu yang pantas untuk diabaikan begitu saja, terutama bagi Anda yang doyan berkelana; tak peduli berapa lama durasi perjalanan Anda. Tingginya frekuensi penerbangan dan seringnya penundaan penerbangan memperbesar kasus yang tak diinginkan seperti kehilangan tas atau tertinggal pesawat.

Bergabung menjadi nasabah asuransi perjalanan membuat Anda berpotensi terhindar dari kerugian finansial yang muncul dari aktivitas traveling seperti barang rusak, penerbangan yang tertunda hingga biaya kesehatan. Apa saja keuntungan dan arti penting asuransi perjalanan? Untuk menemukan jawabannya, simak poin-poin berikut ini.

1. Mensupport layanan medis darurat

Perlu disadari bahwa fasilitas asuransi atau jaminan kesehatan yang sifatnya nasional tidak bisa meng-cover kebutuhan layanan kesehatan Anda saat berada di negara lain. Anda merupakan pengguna BPJS dan terkena masalah kesehatan serius dadakan di Malaysia? Lupakan BPJS Anda, karena itu tidak akan berlaku di Negeri Jiran. Tapi, dengan menjadi nasabah asuransi perjalanan, Anda dapat mengatasi persoalan tersebut. Jangankan biaya rumah sakit, memeriksakan diri ke dokter di sana pun Anda bakalan dijamin.

2. Bantuan di tempat terpencil sekalipun

Andaikata Anda tengah mengunjungi satu lokasi paling terpencil di negara lain seperti Korea Utara, misalnya, pernahkah Anda memikirkan soal fasilitas kesehatan yang tersedia di daerah tersebut? Bagaimana jika suatu saat Anda mengalami kecelakaan atau tiba-tiba jatuh sakit di sana? Mau tak mau, Anda memerlukan jemputan – mungkin menggunakan helikopter – untuk dibawa ke rumah sakit terdekat, atau bahkan harus pulang ke Indonesia. Jangan pernah meremehkan aktifitas paling sederhana seperti mendaki gunung. Hal itu bisa menjadi sesuatu yang berbahaya jika lutut atau pergelangan kaki Anda terkilir. Di sinilah asuransi perjalanan berperan, yang memungkinkan Anda terselamatkan meski di tempat jauh dan terpencil.

3. Mengklaim kembali pembatalan dan merencanakan ulang penerbangan

Penerbangan yang dibatalkan atau terpaksa dijadwalkan ulang bisa menjadi perusak rencana perjalanan. Cuaca, permasalahan teknis dan serangan militer berpotensi membuat Anda kehilangan penerbangan lanjutan atau bahkan gagal tiba di tempat tujuan pertama. Untuk mengatasi kerugian finansial yang ditimbulkan oleh peristiwa yang tidak mengenakkan seperti itulah Anda memerlukan asuransi perjalanan.

4. Perlindungan terhadap poin frequent flyer Anda

Salah satu dari sekian alasan mengapa asuransi perjalanan penting bagi seorang frequent flyer adalah melindungi poin yang dimilikinya. Jika Anda, misalnya, seorang frequent flyer dan telah membayar sebagian atau semua ongkos penerbangan Anda dengan poin yang Anda miliki, dan tidak mungkin untuk me-recover semua poin tersebut, maka tidak perlu khawatir akan hal ini karena asuransi perjalanan bisa melindungi poin Anda.

5. Ganti rugi barang hilang atau tercuri

Masih banyak orang baik di dunia ini. Tapi, jangan lupakan keberadaan orang jahat. Mereka juga ada di mana-mana. Mereka tanpa ragu menciptakan kerugian bagi orang asing, termasuk wisatawan sekalipun. Meski peristiwa pencurian barang milik bukan hal yang lumrah terjadi di suatu tempat wisata atau bandara sekalipun, tidak ada salahnya jika Anda mengantisipasi kerugian finansial yang bakalan mendera Anda dengan memanfaatkan jasa asuransi perjalanan karena bakal mengganti kerugian Anda dengan sejumlah uang.

6. Perlindungan bagi seluruh anggota keluarga

Salah satu alasan mengapa asuransi kesehatan kerap dipandang penting bagi keluarga adalah karena ia bisa melindungi semua yang ikut dalam perjalanan. Bahkan, anak-anak atau remaja yang usianya masih di bawah 21 tahun bisa dilindungi oleh sejumlah asuransi tanpa biaya ekstra. Jika demikian adanya, mengapa tidak mulai menggunakan jasa asuransi kesehatan?

7. Perlindungan spesifik hingga general

Bayangkan saja Anda tengah berada di kawasan Kerbau Road di Singapura dan terjebak keramaian sehingga tak awas ketika ada yang mencuri tas Anda. Paspor Anda hilang. Bagaimana kira-kira Anda merespon hal ini? Kejadian ini tidak terlalu sulit dihadapi jika Anda mengalokasikan dana untuk mengasuransikan paspor Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan pengeluaran dana akibat pengurusan paspor baru. Ini menunjukkan bahwa asuransi perjalanan bisa meng-cover segala sesuatu yang dirasa penting bagi seorang pengelana. Tidak hanya sesuatu yang umum, asuransi perjalanan bisa pula meng-cover hal-hal spesifik seperti paspor Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang asuransi perjalanan (asuransi travel), semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.